Menjaga Agar Anak-Anak Tetap Berpikiran Terbuka: Cara Mengajari Anak Agar Tidak Memiliki Sifat Menghakimi

Mengajari anak-anak Anda untuk menggunakan penilaian mereka dapat menjadi sangat penting untuk membantu mereka tetap aman dalam situasi yang mengancam.

2,380 views   |   shares
  • Mengajari anak-anak Anda untuk menggunakan penilaian mereka dapat menjadi sangat penting untuk membantu mereka tetap aman dalam situasi yang mengancam. Tetapi hal itu juga dapat menjadi seperti benda tajam yang membuat orang-orang merasa dijatuhkan, atau bahkan mengakhiri hidup mereka. Adalah penting untuk membedakan antara penilaian yang bermanfaat dengan yang bersifat menjatuhkan, menusuk atau koreksi yang terkesan arogan.

  • Hitam dan Putih

  • Ajari anak-anak Anda untuk melihat dunia ini dalam bayangan abu-abu, tidak hanya hitam dan putih, baik dan buruk, atau benar dan salah. Ini akan menjadi lebih mudah ketika mereka dewasa karena tak dapat dihindari mereka akan berada dalam situasi yang tidak selalu di dalam atau di luar pagar. Ketika mereka dapat melihat diri mereka sendiri dalam bayangan abu-abu, mereka akan melihat sesamanya seperti itu juga.

  • Memahami kondisi kehidupan

  • Anda boleh mengajari anak Anda untuk hidup dengan nilai-nilai tertentu. Contohnya. “orang yang memiliki barang bagus karena mereka berusaha mendapatkannya.” Tetapi bahkan kesimpulan sederhana ini dapat berubah menjadi buruk dan menjatuhkan anak-anak Anda ke jurang yang licin, dengan mengubah slogan yang memotivasi menjadi sesuatu seperti, ”orang yang tidak memiliki barang bagus karena mereka tidak berusaha mendapatkannya,” yang sudah jelas memang tidak benar. Banyak orang bekerja keras dan masih saja tidak dapat mencapai atau mendapatkan apa yang mereka usahakan. Kondisi kehidupan dapat saja seperti menarik karpet di bawah pijakan seseorang, anak-anak Anda tidak perlu memandang rendah terhadap seseorang, tidak peduli apa yang mereka miliki atau tidak miliki. Cobalah untuk menutupi landasan Anda dan perlihatkan dua sisi mata uang logam kepada anak-anak Anda.

  • Belas Kasih dan Empati

  • Ajari anak-anak Anda untuk melihat dan merasakan setiap hal dari perspektif luar. Keputusan yang tidak masuk akal buat mereka mungkin masuk akal bagi orang lain dalam kondisi kehidupan yang berbeda —- atau mereka yang memiliki proses pemikiran yang berbeda. Keputusan yang bersifat merugikan atau berbahaya yang dibuat orang lain mungkin tampak tidak beralasan, namun anak-anak Anda setidak-tidaknya akan mengerti mengapa keputusan itu dibuat, dan menjadi sedikit lebih lembut terhadap mereka.

  • Menjadi benar atau menjadi bahagia

  • Menjadi benar bukan merupakan tujuan tertinggi kehidupan. Ajari anak-anak Anda bahwa masih banyak hal yang lebih penting lainnya untuk difokuskan daripada menjadi benar. Seperti menjadi bahagia, memiliki teman-teman, memiliki keluarga, kasih, hormat, belas kasih, dan kebaikan. Menjadi benar adalah baik, tetapi siapakah yang mengatakan saya benar, biarpun mereka memang benar? Mereka mungkin menjadi salah dalam beberapa hal, dalam kasus mencari-cari siapa yang benar dan siapa yang salah, karena hal itu bukan saja tidak diperlukan tetapi sudah ketinggalan zaman.

  • Advertisement
  • Terbuka terhadap perubahan

  • Ajari anak-anak Anda untuk menjadi terbuka terhadap perubahan. Mengubah pemikiran mereka, mengubah hati mereka, dan mengubah kehidupan mereka. Ketika mereka terbuka terhadap evaluasi mereka akan mulai melihat banyak kemungkinan hidup yang nyata, kasih dan keterikatan. Tidak semua hal dan semua orang perlu mengikuti mereka, atau mengikuti apa yang mereka akan lakukan. maka hal ini akan membuat dunia indah dan menarik. Bila kita semua sama, dunia akan menjadi membosankan.

  • Di salah satu kelas saya, beberapa orang mengangkat tangan mereka dengan ragu ketika saya bertanya, “Siapa yang lebih memilih menjadi benar daripada menjadi bahagia?” Mereka agak malu untuk mengakuinya, dan tertawa kecil tentang hal itu. Tetapi saya menduga lebih banyak orang merasa lebih nyaman untuk menjadi benar (dan saleh) daripada menjadi bahagia. Saya merasa bahwa hal ini dikarenakan kita sebagai masyarakat memiliki apa yang kita anggap sebagai pegangan yang lebih kuat terhadap persoalan benar dan salah daripada persoalan bahagia dan tidak bahagia. Masalahnya adalah, bagaimana kita mendefinisikan bahwa hal ini benar? Dan bagaimana kita tahu bahwa kita benar? Satu dari ajaran pertama yang saya ajarkan ialah untuk membuang sikap benar dan salah, atau baik dan buruk. Ini hanyalah kata-kata yang maknanya berubah seiring waktu, dan bergantung kepada siapa Anda bertanya. Saya lebih cenderung untuk melihat sesuatu dari segi menolong atau menyakitkan daripada yang lainnya. Hal ini dapat berlaku secara jasmani, rohani, emosi, atau apa pun.

  • Ingatlah, mengajari anak-anak Anda untuk bersifat tidak menghakimi dimulai dari diri Anda. Mulailah untuk bertingkah laku seperti ini dan lakukan dalam kehidupan Anda sendiri. Memimpinlah dengan teladan dan tunjukkanlah kepada anak-anak Anda cara untuk menjadi terbuka terhadap semua tanggung jawab yang akan mereka hadapi di dunia ini. Ajarilah mereka untuk menggunakan penilaian mereka dengan cara-cara yang bersifat menolong. Penilaian yang bersifat mengutuk atau hujatan kepada seseorang mungkin saja atau mungkin juga tidak akan menginspirasi perubahan dalam diri mereka, tetapi secara pasti hal itu akan membawa Anda jatuh jika Anda melakukannya dalam kehidupan Anda. Fokuslah untuk membuat orang merasa baik. Dan ajarilah anak-anak Anda untuk berbuat hal yang serupa.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Keeping kids open minded-how to teach children to be less judgemental” karya Georgia Lee.

  • Advertisement
Bagikan pada teman dan keluarga..

Georgia D. Lee is a graduate of the University of Miami School of Business and founder of www.Spiritual-Life-Skills.com, a multimedia self-help, self-actualization, spiritual education and personal empowerment system.

Menjaga Agar Anak-Anak Tetap Berpikiran Terbuka: Cara Mengajari Anak Agar Tidak Memiliki Sifat Menghakimi

Mengajari anak-anak Anda untuk menggunakan penilaian mereka dapat menjadi sangat penting untuk membantu mereka tetap aman dalam situasi yang mengancam.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr