Membuat Anak Tidak Penakut

"Kalau tidak mau makan nanti disuntik dokter," kata seorang ibu yang sudah kewalahan karena anaknya tidak doyan makan dan sulit dibujuk. Ini akan menjadi bumerang bila anak itu jatuh sakit dan ibunya membawa dia ke dokter.

2,762 views   |   1 shares
  • "Kalau tidak mau makan nanti disuntik dokter," kata seorang ibu yang sudah kewalahan karena anaknya tidak doyan makan dan sulit dibujuk. Maksud si ibu dengan menakut-nakuti anaknya akan membuat anaknya terpaksa makan, tetapi ini akan menjadi bumerang bila anak itu jatuh sakit dan ibunya membawa dia ke dokter. Tidak jarang kita mendengar anak yang menangis menjerit-jerit ketika menunggu di ruang dokter, karena dia sudah membayangkan jarum suntik dokter yang panjang yang akan menusuk pantatnya. Orang tuanya bingung membujuk-bujuk tanpa hasil dan malu karena tatapan mata semua orang di ruang tunggu itu tertuju kepadanya. Bagaimana mencegah hal ini? Ada beberapa saran di bawah yang dapat membantu menghindari kejadian seperti ini.

  • Jangan menanamkan rasa takut

  • Rasa takut anak-anak timbul karena tanpa sadar orang tuanya sendiri menanamkan hal itu. Kalau mereka tidak pernah mendengar bahwa seseorang atau sesuatu patut ditakuti bagaimana mereka tahu bahwa hal itu menakutkan. Saya tidak pernah membawa-bawa nama dokter untuk membuat anak-anak saya takut. Hasilnya sejak kecil mereka terbiasa memanjat sendiri kursi panjang dokter gigi dan membuka mulutnya lebar-lebar tanpa rasa kuatir. Ketika anak-anak lain berteriak menangis sewaktu diberi suntikan imunisasi, mereka menyodorkan lengannya dengan tenang. Sampai-sampai si dokter berkata, "Anak-anak yang luar biasa."

  • Sejak kecil biasakan mereka menghargai orang yang berwenang

  • Ada orang tua yang bila anaknya nakal berkata, "Nanti Ayah bawa kamu ke polisi, biar dihukum." Setiap melihat polisi anaknya takut, jangan-jangan dia akan dibawa oleh pak polisi. Sebaliknya ajarkan bahwa polisi mengatur dan menegakkan hukum, baik hukum lalu lintas maupun hukum negara. Dengan demikian timbul rasa hormatnya dan bukan rasa takut.

  • Tanamkan rasa percaya diri

  • Anak yang sering mendengar kata "jangan" akan kurang percaya diri. Anak yang sering mendapat pujian akan merasa percaya diri. Anak yang seperti ini tidak akan menangis di hari pertama dia bersekolah. Rasa percaya dirinya cukup besar sehingga dia tidak akan merasa takut. Sementara teman-temannya menangis ketakutan karena tidak mau ditinggal orang tuanya di lingkungan yang asing, anak yang percaya diri memanjat meja, melihat ke luar jendela atau memeriksa kolong meja untuk mencari ada apa di bawahnya.

  • Jangan menuturkan hal-hal yang tidak benar

  • Tidak jarang anak-anak ditakut-takuti supaya tidak bermain di luar ketika hari sudah gelap. "Ada setan!" Bukankah lebih baik memberitahu bahwa orang yang berniat jahat bisa menculik mereka bila mereka sendirian di luar pada malam hari. Sesungguhnya orang jahat adalah kenyataan yang lebih perlu ditakuti daripada setan yang jarang dilihat orang.

  • Advertisement
  • Takut kepada Allah

  • Istilah ini sebetulnya kurang tepat. Kalau kita menanamkan rasa takut kepada Allah di hati anak-anak misalnya dengan berkata, "Jangan mencuri nanti dihukum Tuhan." Kesadarannya untuk tidak mencuri hanya berdasarkan rasa takutnya. Lebih baik anak-anak belajar bahwa mencuri itu melanggar hukum dunia dan hukum Allah dan orang yang mencintai Allah tidak akan berbuat sesuatu yang akan membuat Allah susah. Tentu saja ajaran yang paling berkesan adalah teladan dari Anda sendiri sebagai orang tua. Perkataan saja mudah dilupakan, namun teladan akan meninggalkan bekas di hati dan tertanam dalam-dalam di sanubari anak-anak Anda.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Membuat Anak Tidak Penakut

"Kalau tidak mau makan nanti disuntik dokter," kata seorang ibu yang sudah kewalahan karena anaknya tidak doyan makan dan sulit dibujuk. Ini akan menjadi bumerang bila anak itu jatuh sakit dan ibunya membawa dia ke dokter.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr