5 Alasan Menyimpan Bon Belanja Anda

Belakangan ini sudah menjadi kebiasaan bagi seorang kasir untuk bertanya kepada kita apakah kita menginginkan salinan bon belanja. Ketika ditanya apakah kita ingin tanda terima, jawabannya harus YA!

3,549 views   |   shares
  • Dalam era digital ini semakin hari semakin sulit untuk melacak pengeluaran kita. Semakin mudah saja untuk menggunakan kartu debit atau kartu kredit melalui mesin pembaca dan menaruh bonnya di dalam saku kita dan membuangnya kemudian. Belakangan ini sudah menjadi kebiasaan bagi seorang kasir untuk bertanya kepada kita apakah kita menginginkan salinan bon belanja. Ketika ditanya apakah kita ingin tanda terima, jawabannya harus YA! Kita membutuhkan bon belanja untuk beberapa alasan:

    1. Mintalah selalu bon belanja dan tulislah apa yang Anda beli.

    2. Periksalah secara cermat bon belanja Anda saat Anda menerimanya untuk memastikan keakuratannya.

    3. Taruhlah bon belanja Anda di tempat khusus di rumah, agar Anda dapat mencocokkannya dengan surat pernyataan transaksi bulanan Anda.

    4. Cocokkan setiap bon belanja dengan surat pernyataan transaksi Anda.

    5. Masukkan pembelian ke dalam anggaran keluarga Anda.

  • Ada saatnya ketika seorang pegawai yang tidak jujur telah menaruh jumlah yang berbeda di kartu ketika pemegang kartu tidak meminta salinan bon. Kemudian kasir memasukkan selisihnya ke dalam saku mereka, agar di penghujung hari, jumlah uang dalam laci dan bon tercetak saling cocok dan Andalah yang menanggung kerugian selisihnya. Anda mungkin tidak akan pernah menemukan kesalahannya, karena mereka melakukannya dalam jumlah kecil yang biasanya tidak akan Anda sadari di dalam surat pernyataan transaksi Anda. Contohnya, jika Anda pergi ke rumah makan dan menghabiskan Rp240.750; untuk makanan keluarga Anda dan kasir bertanya apakah Anda menginginkan salinan bon dan Anda berkata tidak, kasir itu mungkin akan menagih Rp250.750; dan memasukkan kelebihannya ke dalam sakunya. Ketika Anda menerima tagihan Anda di akhir bulan dan melihatnya, Anda mungkin tidak akan menyadari kelebihan sepuluh ribu. Rp250.750 tampaknya masuk akal.

  • Jadi, lain kali ketika Anda menggunakan kartu debit atau kartu kredit Anda melalui mesin pembaca dan kasir bertanya apakah Anda menginginkan salinan bon belanja Anda, jawab dengan pasti: “YA, terima kasih” dan tetaplah merasa nyaman membawa keluarga Anda pergi makan malam di luar.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli "5 reasons to keep your receipts" karya Lyman Rose.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Lyman Rose is the author of 5 books including "Winning the War Against Debt" and coauthor of "The Debt Stacker" software. He is a graduate of Brigham Young University and owner of Creative Promotions in Bountiful, Utah.

5 Alasan Menyimpan Bon Belanja Anda

Belakangan ini sudah menjadi kebiasaan bagi seorang kasir untuk bertanya kepada kita apakah kita menginginkan salinan bon belanja. Ketika ditanya apakah kita ingin tanda terima, jawabannya harus YA!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr