4 tanda-tanda hubungan Anda sedang bermasalah

Setiap pasangan pasti melewati tantangan dalam hubungan mereka. Seringkali tantangan itu selesai dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun kadang-kadang tantangan yang datang itu menjadi awal dari masalah yang panjang.

6,371 views   |   12 shares
  • Setiap pasangan pasti melewati tantangan dalam hubungan mereka. Seringkali tantangan itu selesai dengan sendirinya seiring berjalannya waktu tanpa menimbulkan masalah ── bahkan Anda berdua telah belajar daripadanya. Namun kadang-kadang tantangan yang datang itu menjadi awal dari masalah panjang dan sulit. Bagaimana Anda dapat membedakannya?

  • Di bawah ini adalah empat tanda yang perlu Anda ketahui apakah hubungan Anda sedang bermasalah atau bahkan lebih serius dari itu.

  • 1.Sedikit dan hampir tidak berbicara

  • Saat pasangan tidak lagi saling menyapa, ini tandanya mereka sedang bermasalah, apakah disebabkan jadwal pekerjaan yang berubah atau karena baru bertengkar. Bila keadaan ini sering terjadi karena Anda ingin menghindari pertengkaran atau tidak ingin mengungkit kembali apa yang sudah terjadi, hal ini menjadi tanda Anda berdua sedang dalam masalah.

  • 2. Pertengkaran sengit terjadi berulangkali

  • Di saat-saat pasangan sedang bertengkar, biasanya diakhiri dengan kesepakatan. Mungkin tidak terjadi saat itu ─ satu atau dua hari kemudian ─ akhirnya selalu ada kesepakatan. Namun bila pertengkaran sengit terjadi berulang-ulang, hal ini menjadi bukti nyata bahwa hubungan Anda dalam kondisi kritis. Anda tidak mampu mengakhiri pertengkaran dengan cara yang bisa mempererat hubungan. Bisa jadi pertengakaran demi pertengkaran makin merusak hubungan Anda.

  • 3.Menjauhkan diri secara emosional

  • Sewaktu salah satu pasangan mulai menjauh, Anda sedang mengalami lebih dari sekedar masalah biasa. Pasangan yang bahagia selalu saling merindukan dan ingin berada bersama di saat-saat yang penting dalam kehidupan mereka. Menjauhkan diri secara emosional pada hakekatnya memutuskan hubungan emosi dan penolakkan terhadap pasangan. Hal ini sangat berbahaya dalam hubungan suami istri dan riset telah menunjukkan bahwa kondisi ini dapat menjadi awal dari berakhirnya pernikahan.

  • 4.Perasaan dendam terhadap pasangan

  • Jika saja Anda sampai ingin agar pasangan Anda mengalami hal yang buruk atas kelakuannya atau Anda senang kesulitan telah menimpanya, hal ini menandakan hubungan Anda dalam masalah besar. Segeralah menghubungi penasihat perkawinan. Pasangan yang bahagia berbagi di saat senang atau susah. Mereka tidak bergembira atas hal buruk yang terjadi pada pasangannya.

  • Menyadari tanda-tanda di atas dalam pernikahan Anda akan tahu apakah hubungan Anda dalam masalah biasa atau serius. Ada berbagai cara dapat dilakukan untuk mengatasinya ketika tanda-tanda itu muncul. Cari bantuan lewat laman, buku-buku, dan orang-orang terdekat yang Anda percayai yang dapat membantu Anda mengatasi tantangan dalam hubungan pernikahan Anda. Selain itu, tidak ada yang dapat menggantikan pernikahan yang baik dan penasihat keluarga.

  • Advertisement
  • Artikel ini diterjemahkan oleh Steffi Subandriyo dari artikel asli berjudul "4 signs your relationship is in trouble" oleh Aaron Anderson.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Aaron Anderson adalah seorang terapis dan pemilik dari The Marriage and Family Clinic di Denver, Colorado. Dia seorang penulis, pembicara dan ahli hubungan. Kunjungi blognya RelationshipRx.net untuk informasi ahli guna memperbaiki hubungan Anda.

4 tanda-tanda hubungan Anda sedang bermasalah

Setiap pasangan pasti melewati tantangan dalam hubungan mereka. Seringkali tantangan itu selesai dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun kadang-kadang tantangan yang datang itu menjadi awal dari masalah yang panjang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr