Pentingnya nasihat orangtua

Nasihat orangtua dapat memberikan dampak yang besar dalam hidup Anda sekarang, terutama jika Anda telah memiliki keluarga dan menjadi orangtua.

4,992 views   |   27 shares
  • Setiap orangtua selalu berharap bahwa nasihat baik yang diberikan pada anak-anak mereka, kelak dapat memberikan dampak yang baik bagi kehidupan sang anak. Semua orangtua tentunya ingin apa yang terbaik bagi anak-anaknya. Tetapi anak-anak belum selalu mengerti itu. Sering kali, karena hal ini, anak-anak menjadi berontak terhadap orangtuanya karena merasa orangtuanya egois. Mungkin saat itu, Anda yang masih muda belia belum paham maksud dari nasihat-nasihat orangtua Anda dahulu. Namun jika diingat kembali, betapa pentingnya nasihat orangtua itu karena:

  • Tujuan yang baik

  • Setiap orangtua tidak pernah memiliki keinginan atau maksud yang buruk dalam mendidik anak-anak mereka. Setiap orangtua selalu memiliki tujuan yang baik dalam membesarkan anak mereka. Dan salah satu caranya adalah dengan memberikan nasihat-nasihat yang bijak bagi anak-anaknya. Untuk itu, selalulah ingat ini, bahwa, nasihat yang dulu diberikan orangtua Anda bukanlah untuk kepentingan pribadinya, tetapi semata-mata demi kebaikan Anda.

  • Berpengalaman

  • Setiap orangtua tentu memiliki pengalaman atau banyak peristiwa yang telah dilaluinya semasa hidupnya. Seperti sebuah pepatah yang mengatakan, "orang tua sudah banyak memakan asam garam kehidupan". Tentunya dari sebuah pengalaman, dapat mengubah hidup seseorang menjadi lebih baik. Untuk itu, dengarkan selalu nasihat orangtua Anda, karena nasihat yang diberikannya pasti atas dasar pengalaman yang telah dilaluinya.

  • Memberikan teladan yang patut dicontoh

  • Jika kita mengingat-ingat kembali nasihat-nasihat apa saja yang dahulu orangtua kita berikan, tentu kita akan menemukan banyak yang patut untuk diteladani. Memang setiap orang tua memiliki kekurangan masing-masing. Tidak ada orangtua yang sempurna. Tetapi sebagai anak, kita patut bersyukur dapat melihat contoh dari kehidupan orangtua kita. Ambillah sisi positifnya untuk diteladani.

  • Menjadikan kita lebih bijaksana

  • Kebijaksanaan orangtua akan menuntun anak-anaknya menjadi lebih bijaksana dalam mengambil keputusan yang tepat dalam kehidupannya. Memang setiap orang berhak mengambil keputusan hidup sendiri, namun alangkah lebih baik ketika Anda dapat mendiskusikannya terlebih dahulu dengan orangtua Anda dan mendengarkan nasihat mereka, Andapun akan lebih bijaksana dalam memutuskan sesuatu.

  • Menjadikan kita lebih baik

  • Setiap orangtua tentu menginginkan anak-anak mereka lebih baik dari mereka sendiri. Untuk itu, jangan marah atau membenci orangtua Anda sendiri, karena nasihat-nasihat yang mereka berikan pada Anda dahulu maupun sekarang. Ingatlah, tanpa mereka kita tidak akan ada dan hargailah selalu pengorbanan mereka.

  • Advertisement
  • Ketika Anda telah menjadi orangtua, Anda dengan sendirinya tahu apa yang dilakukan orangtua Anda dahulu dalam mendidik Anda tidaklah mudah. Dibutuhkan kesabaran, usaha dan tekad untuk membuat Anda sebagai anaknya dapat mengerti keinginan mereka.

Bantu kami menyebarkan

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Pentingnya nasihat orangtua

Nasihat orangtua dapat memberikan dampak yang besar dalam hidup Anda sekarang, terutama jika Anda telah memiliki keluarga dan menjadi orangtua.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr