Cara efektif membuat si kecil mau berpartisipasi merawat rumah

Memberikan anak pekerjaan rumah yang sesuai dengan umurnya tidak hanya dapat meningkatkan kreativitasnya tetapi juga bermanfaat bagi perkembangan fisik dan mental si kecil. Tidak mudah mengajak anak melakukan hal ini.

614 views   |   1 shares
  • Orangtua tentunya selalu ingin memberikan bekal keterampilan dasar yang berguna bagi buah hatinya. Salah satu langkah tepat untuk mewujudkannya adalah dengan mengajak si kecil ikut berpartisipasi membantu Anda dalam merawat rumah. Memberikan anak pekerjaan rumah yang sesuai dengan umurnya tidak hanya dapat meningkatkan kreativitasnya tetapi juga sangat bermanfaat bagi perkembangan fisik, dan mental si kecil. Memang tidak mudah mengajak anak melakukan hal ini.

  • Mulailah dengan mengajak mengerjakan hal-hal yang mudah

  • Dalam mengajak anak merawat rumah bersama, mulailah dengan hal-hal yang mudah, yang disesuaikan dengan umur, fisik dan kemampuannya. Misalnya, ajarkan si kecil untuk terbiasa membersihkan dan menaruh mainannya pada tempatnya setelah memainkannya, ajak si kecil me-lap meja, kursi, jendela bersama, ajak si kecil membersihkan halaman rumah bersama, misalnya Anda menyapu dan dia menyiram tanaman, dan sebagainya. Jangan memberikan pekerjaan rumah yang berat atau sulit karena akan membebani si kecil.

  • Berikan aturan untuk membuatnya disiplin

  • Tidak dapat dipungkiri, anak kecil sering kali sulit untuk berkonsentrasi dengan baik dalam mengerjakan sesuatu. Di sini peran Anda sebagai orangtua sangat penting dalam mengarahkan si kecil untuk fokus, terutama saat dia membantu Anda dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Berikan aturan bagi si kecil agar dia dapat disiplin, misalnya, ketika dia mendapatkan suatu tugas, tentukan batas waktunya, misalnya membersihkan mainan 5 menit, menyiram tanaman 5-10 menit dan sebagainya. Jika dia mengerjakannya terlalu lama, berikan sansi yang telah Anda dan si kecil sepakati bersama agar membuatnya dapat disiplin. Katakan pada si kecil pula, bahwa ikut berperan dalam merawat rumah bersama adalah sebuah tanggung jawab yang harus dikerjakan yang dapat membuatnya menjadi semakin dewasa, dan bukan sekedar main-main saja.

  • Ajarkan Lewat Permainan

  • Jika si kecil sulit diajak serius dalam berpartisipasi merawat rumah bersama, mungkin Anda membutuhkan sedikit strategi baru. Dan cara paling efektif untuk melakukannya adalah lewat permainan. Ketika Anda hanya berbicara soal teori saja misalnya, "membantu merawat rumah dapat membuatmu...." dan sebagainya, ini hanya akan membuat si kecil mudah bosan dan cenderung sia-sia. Sebaliknya, manfaatkan sarana yang sudah tersedia untuk mengajaknya membersihkan rumah bersama misalnya dengan bermain boneka tangan, membacakan buku-buku menarik, menonton film atau mendengar lagu yang di dalamnya terdapat unsur-unsur agar anak dapat rajin dan disiplin. Dan ketika mengajak anak melakukan hal ini pun, Anda tidak boleh memaksanya tetapi bujuklah dia dengan kehangatan orangtua yang penuh kasih dan ramah. Agar anak melakukannya bukan karena takut kepada Anda tetapi karena menghormati Anda.

  • Advertisement
  • Berikan si kecil penghargaan atau apresiasi atas bantuannya

  • Dalam mengajak anak berpartisipasi merawat rumah, Anda juga dapat merayunya dengan cara memberikan dia penghargaan atau apresiasi atas bantuannya. Misalnya, ketika dia melakukannya dengan baik, berikan dia kado, makanan kesukaannya, atau bahkan Anda dapat melakukan cara dengan mengupahnya. Artinya, buatlah sebuah papan jadwal pekerjaan baginya, dan catat ada berapa pekerjaan dia lakukan. Setiap pekerjaan Anda dapat memberikannya poin, dan setiap seminggu atau sebulan sekali Anda akan membayar pekerjaannya dari berapa poin yang telah didapatnya. Arahkan anak Anda untuk menabung upah dari pekerjaannya tersebut. Cara ini tidak hanya akan membuat anak menjadi semangat untuk membantu Anda merawat rumah bersama, tetapi juga dapat mengajarkannya tentang arti bahwa setiap usaha pasti akan ada imbalan atau hasilnya.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Cara efektif membuat si kecil mau berpartisipasi merawat rumah

Memberikan anak pekerjaan rumah yang sesuai dengan umurnya tidak hanya dapat meningkatkan kreativitasnya tetapi juga bermanfaat bagi perkembangan fisik dan mental si kecil. Tidak mudah mengajak anak melakukan hal ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr