5 kebiasaan pria dalam pernikahan yang bahagia

Pernikahan yang bahagia adalah mereka yang mampu bersikap aktif dan proaktif dalam menunjukkan kasih sayang.

3,825 views   |   9 shares
  • Istri saya Kay dan saya telah menjalani hubungan pernikahan hampir 30 tahun. Saya harus mengakui bahwa seiring bertambahnya usia, pernikahan kami menjadi lebih baik dari yang pernah saya harapkan. Ada banyak faktor yang membuat pernikahan menjadi baik beberapa di antaranya sangat nyata, seperti: Tersedianya (tempat tinggal, makanan) dan perlindungan (keamanan keuangan, keselamatan). Faktor-faktor lain yang tidak kalah penting, seperti: Saling pengertian, rasa hormat, empati, dan sebagainya adalah perlu bagi terwujudnya sebuah pernikahan yang bahagia.

  • Sama penting dengan faktor-faktor di atas, berikut ini adalah 5 kebiasaan pria dalam sebuah pernikahan yang bahagia:

  • 1. Berpenampilan rapi

  • Masih ingatkah Anda bagaimana rasanya saat pertama kali pergi kencan bersama? Mungkin dulu Anda melakukan berbagai upaya untuk membuat diri Anda nampak serapi mungkin. Sayangnya, dalam kehidupan sehari-hari pria terkadang menurunkan standar penampilan mereka. Harusnya hal ini tidak dilakukan. Saya menyarankan agar Anda selalu bangga dengan penampilan Anda. Pria paruh baya menghadapi krisis pernikahan dan menemukan dirinya kesepian. Apa yang dilakukannya sekarang? Dia melakukan diet, membeli pakaian baru, pergi ke tukang cukur, bergabung di pusat kebugaran, dan membeli mobil baru. Mengapa? Karena dia berusaha memperoleh kembali jati dirinya, mencoba membuat dirinya lebih menarik. Saya menyarankan agar Anda melakukan hal-hal ini dalam pernikahan Anda.

  • 2. Kebersihan

  • Salah satu prinsip di mana istri dan saya terapkan di dalam pernikahan kami adalah bahwa kami tidak akan pergi tidur jika rumah masih dalam keadaan berantakan. Hal ini membuat malam yang melelahkan buat saya jika rumah tidak dalam keadaan rapi. Untuk memastikannya, saya selalu memeriksanya setiap hari. Saya memiliki kebiasaan melakukannya seorang diri. Jika saya melihat hal-hal janggal, saya membereskannya. Jika ada peralatan makan perlu dicuci atau diletakkan ke dalam tempat cucian, tanpa berpikir panjang saya segera mengerjakannya. Kami mengerjakan hal ini bersama-sama dan kami ingin rumah kami menjadi nyaman. Hebatnya, kami menemukan bahwa kebiasaan sederhana ini membantu kami terhindar dari perselisihan di dalam rumah.

  • 3. Perhatian

  • Kita tinggal dalam budaya yang kacau. Cobalah lihat di rumah makan ketika nanti Anda keluar rumah. Ada berapa banyak pasangan asyik dengan HP mereka daripada saling berbicara satu sama lain? Tanpa harus mengenal baik, kita sebetulnya sangat membutuhkan satu sama lain. Saya telah membuat sebuah kebiasaan untuk mematikan atau menghidupkan HP dalam keadaan silent ketika saya bersama istri saya. Ketika kami ngobrol. Saya memperhatikannya dan membuat kontak mata. Saya mendengarkan dan benar-benar terlibat dalam percakapan mengenai apa yang sedang kami bicarakan. Saya bersyukur bahwa istri saya adalah salah satu orang tercerdas yang pernah saya temui. Setelah 30 tahun menikah, dia masih menakjubkan bagi saya.

  • Advertisement
  • 4. Kasih sayang

  • Kasih sayang adalah perhatian emasional dan fisik. Memberikan kasih sayang adalah sesuatu yang seorang pria harus bisa proaktif dalam melakukannya. Beberapa pria justru memiliki kebiasaan menyakiti istri mereka. Mereka membiarkan tangan mereka menjadi dingin, kata-kata mereka menjadi membosankan, dan hati mereka menjadi keras. Pernikahan yang bahagia adalah mereka yang mampu bersikap aktif dan proaktif dalam menunjukkan kasih sayang. Sekali lagi, hal ini biasanya akan membaik dengan sendirinya seiring bertambahnya usia. Semakin lama pernikahan Anda bertahan, pernikahan tersebut akan menjadi semakin berharga.

  • 5. Doa

  • Saya tidak yakin mengapa sulit bagi saya untuk memulai kebiasaan ini, tapi sekali saya melakukannya itu membawa kami bersama-sama lebih dekat dari apapun. Saya ingin memiliki waktu berdoa kami yang istimewa serta pribadi. Ini betul-betul telah menjadi waktu yang paling kami hargai bersama. Kami merayakan kemurahan Tuhan dalam kehidupan kami, bersyukur bagi keluarga kami, dan berkat dalam menyediakan kebutuhan dalam rumah tangga kami. Doa adalah perbedaan yang bisa dijumpai dalam pernikahan yang bahagia.

  • Dalam kurun waktu 5 tahun ketiga anak kami semuanya telah menikah. Sangat menyenangkan melihat setiap dari mereka memimpin pernikahan muda mereka dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baik di dalam hubungan mereka. Ini betul-betul sebuah keajaiban di mana pasangan datang bersama dalam ikatan yang sakral untuk mengarungi petualangan mereka dan belajar bekerja sama untuk menciptakan sebuah pernikahan yang bahagia. Mengembangkan beberapa kebiasaan baik dari awal akan membantu pernikahan mereka tetap kuat dan awet muda melewati bertahun-tahun bersama.

  • Diterjemahkan oleh Intan Lolitasari dari artikel asli berjudul "5 habits of men in the happiest marriages" oleh Neil Kennedy.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Neil Kennedy is CEO of FivestarMan and author of multiple books.

Situs: http://www.fivestarman.com/

5 kebiasaan pria dalam pernikahan yang bahagia

Pernikahan yang bahagia adalah mereka yang mampu bersikap aktif dan proaktif dalam menunjukkan kasih sayang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr