Kenali diri sendiri, tipe mahasiswa seperti apakah dirimu?

Ternyata setelah ditelusuri bukan hanya mie instan yang punya berbagai varian rasa yang berbeda, tetapi mahasiswa juga memiliki berbagai perbedaan yang didasarkan kepada aktivitas yang dilakukan.

2,090 views   |   7 shares
  • Selamat! Bagi teman – teman yang sudah lulus dari bangku SMA dan sekarang menjadi Maba (mahasiswa baru) di suatu universitas idaman teman – teman. Tidak terasa masa di mana kita memakai pakaian putih abu – abu telah usai, dan sekarang kita dihadapkan dengan masa depan yang ada di genggaman kita. Sebagian dari kita mungkin akan memilih untuk belajar kembali di bangku perkuliahan, dan jika Anda sudah resmi menjadi mahasiswa atau mungkin masih dalam kegiatan ospek, maka bersiaplah untuk menghadapai dunia perkuliahan yang notabene berbeda 180 derajat dengan proses belajar mengajar di sekolah SMA dahulu.

  • Untuk pertama kalinya perasaan menjadi seorang maba adalah sangat membingungkan karena sistem pembelajaran yang berbeda dengan selama ini kita belajar di bangku sekolah. Tetapi, di balik hal – hal yang membingungkan tersebut menjadi seorang mahasiswa adalah cukup menyenangkan. Pengalaman – pengalaman yang belum pernah kita alami sebelumnya akan kita rasakan saat kita menjadi seorang mahasiswa. Ternyata setelah ditelusuri bukan hanya mie instan yang punya berbagai varian rasa yang berbeda, tetapi mahasiswa juga memiliki berbagai perbedaan yang didasarkan kepada aktivitas yang dilakukan. Lalu apa saja tipe – tipe mahasiswa yang sering kita temui di dunia perkuliahan?

  • 1. Mahasiswa standar atau biasa

  • Mahasiswa tipe ini adalah mahasiswa yang tergolong apatis dengan keadaan di sekelilingnya. Mereka cukup rajin untuk masuk perkuliahan, tetapi jika kuliah sudah selesai mereka lebih memilih untuk pulang ke rumah. Dan begitu seterusnya, ada juga beberapa orang yang menyebut mereka mahasiswa kupu – kupu (kuliah-pulang, kuliah-pulang).

  • 2. Mahasiswa perpustakaan

  • Mahasiswa seperti ini sangat memperhatikan karier akademiknya di kampus. Perpustakan sudah menjadi rumah kedua selain rumah atau tempat kos. Mereka yang seperti ini adalah mereka yang biasa disebut seorang yang kutu buku, mahasiswa tipe ini berusaha untuk memperoleh nilai yang terbaik di kelasnya. Tetapi biasanya mahasiswa seperti ini tidak hanya diisi oleh kaum kutu buku atau kaum pencari nilai terbaik, tetapi mahasiswa tingkat akhir akan mendadak menjadi mahasiswa perpustakaan untuk mengerjakan skripsi mereka.

  • 3. Mahasiswa pekerja keras

  • Mahasiswa seperti ini adalah mereka yang membayar sendiri biaya pendidikannya tanpa campur tangan orangtua. Tipe ini dibagi dua yaitu mahasiswakuda (kuliah dagang)dan mahasiswa yang suka bekerja. Mahasiswa seperti ini biasanya cukup sering absen atau telat kuliah, yang dikarenakan mereka harus membagi waktu untuk bekerja. Salut untuk mahasiswa seperti ini!

  • Advertisement
  • 4. Mahasiswa suka kongko

  • Mahasiswa seperti ini mungkin cukup banyak kita jumpai, betul mereka melakukan aktivitas setelah kuliah dan juga tidak kuper dalam pergaulan. Tetapi hal yang dilakukan mereka hanyalah kongko (bercakap-cakap yg tidak ada artinya, mengobrol), pergi ke mal atau café dan tempat lainnya. Mereka lebih bersifat hedonis, jika kuliah sepertinya jarang membawa buku dan juga nilai yang tidak terlalu menonjol.

  • 5. Mahasiswa Ormawa (Organisasi Mahasiswa)

  • Mahasiswa yang satu ini adalah mahasiswa yang dapat dikatakan cukup terlihat sibuk di kampus. Mereka sering izin saat jam perkuliahan, biasanya pulang malam, sering rapat – rapat setelah perkuliahan. Mahasiswa seperti ini akan sangat tepat jika dia kita pilih untuk menjadi pemimpin kelompok saat presentasi di depan dosen dan mahasiswa lainnya.

  • 6. Mahasiswa luar biasa

  • Mahasiswa seperti ini cukup langka di dunia perkuliahan, di mana mereka dapat membagi waktu mereka dengan baik antara aktif di organisasi mahasiswa, prestasi akademik dan juga menjadi mahasiswa teladan. Hanya mahasiswa yang disiplin dan bekerja keras yang dapat mengatur waktu dengan baik. Bukan berarti mahasiswa seperti ini tidak ada dalam perkuliahan tetapi hanya sedikit saja yang bisa menjadi mahasiswa seperti ini.

  • 7. Mahasiswa lama sarjana

  • Mahasiswa tipe inia dalah mereka yang sebenarnya sudah lulus tetapi masih saja betah untuk berkuliah. Biasanya disebut mahasiswa basi atau kadaluarsa. Entah karena meraka masih bergelut dengan dosen masalah skripsi yang masih belum selesai, cuti kuliah, atau memang belum ikhlas pergi dari kampus mereka tercinta.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Kenali diri sendiri, tipe mahasiswa seperti apakah dirimu?

Ternyata setelah ditelusuri bukan hanya mie instan yang punya berbagai varian rasa yang berbeda, tetapi mahasiswa juga memiliki berbagai perbedaan yang didasarkan kepada aktivitas yang dilakukan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr