Demi keberhasilan kita di perguruan tinggi

Mungkin saat ospek pernah mendengar perkataan kakak senior yang mengatakan, “Buang jauh – jauh sifat dan hal – hal yang melekat di SMA dulu karena sekarang kalian adalah calon mahasiswa”.

1,000 views   |   3 shares
  • Bisa menjadi seorang mahasiswa di universitas atau perguruan tinggi idaman adalah suatu kebahagiaan tersendiri bagi kita dan juga orang terdekat kita. Jika berbicara tentang perguruan tinggi maka jangan samakan dengan waktu kita belajar di SMA dahulu. Kehidupan perkuliahan berbeda seratus delapan puluh derajat dari kehidupan di SMA. Mungkin saat ospek pernah mendengar perkataan kakak senior yang mengatakan, "Buang jauh – jauh sifat dan hal – hal yang melekat di SMA dulu karena sekarang kalian adalah calon mahasiswa". Ingin bertahan dari kerasnya dunia perkuliahan maka memang kita harus mulai memposisikan diri sebagai seorang mahasiswa baik secara pemikiran, perilaku, dan juga pergaulan kita. Dalam hal ini memang ada beberapa hal yang harus dimiliki dan hal yang harus dibuah oleh seorang mahasiswa baru berkenaan dengan dunia perkuliahan.

  • 1. Kemandirian

  • Jika dahulu waktu SMA kita terus diingatkan oleh guru untuk belajar dan mengerjakan tugas – tugas, sekarang saat di perguruan tinggi jangan berharap untuk mendapatkan perhatian dari dosen, segala sesuatu harus kita lakukan dengan inisiatif sendiri.

  • 2. Tidak ada waktu untuk bermalas – malas dan tergantung mood

  • Setiap orang pasti pernah merasakan perasaan malas. Jika sifat malas ini kita praktekan dalam kehidupan perkuliahan kita, maka jangan harap kita dapat menyelesaikan semester kita dengan baik. Akan banyak masalah yang muncul mulai dari bulan – bulanan dosen, tugas banyak yang belum selesai, dan sampai drop out.

  • 3. Waspada setiap saat

  • Jika waktu SMA dahulu saat menghadapi ulangan atau tugas mungkin kita masih diingatkan oleh guru kita kalau minggu depan akan ada tes, tetapi jangan harap di perkuliahan kita akan selalu diiingatkan oleh dosen kita. Dosen akan memberikan tes atau tugas yang mendadak kecuali UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester) yang mana sudah dijadwalkan terlebih dahulu. Sehingga kita dituntun untuk siap menghadapi hal – hal yang mendadak seperti itu.

  • 4. Disiplinkan diri dan jangan manja

  • Disiplin sudah kita peroleh saat kita masih belum memasuki perkuliahan, saat di mana kita mengikuti ospek atau masa orientasi di perguruan tinggi. Hal ini diterapkan agar kita tetap menjaga kedisiplinan saat sudah resmi menjadi mahasiswa. Dan juga sifat manja yang maunya hanya dijejali dan tunggu diperintah itu harus kita singkirkan karena kita bukan lagi anak – anak yang harus disuapi terus menerus.

  • 5. Pintar – pintar untuk mengatur waktu

  • Advertisement
  • Dunia perkuliahan memang akan cukup padat dan menyita banyak waktu. Dari pagi sampai sore mungkin kita berada di kampus dan malamnya kita harus mengerjakan tugas atau belajar, seakan dalam satu hari kita gunakan untuk kuliah saja. Betapa perlunya kita mengatur waktu kita tanpa mengorbankan kesehatan kita.

  • 6. Kembangkan terus kemampuan untuk bersosialisasi dan juga bakat yang kita miliki

  • Masa kuliah adalah waktu yang tepat untuk menambah jaringan pertemanan dengan siapa saja. Tidak hanya IPK yang bagus yang dapat menentukan kesuksesan kita kelak tetapi jaringan pertemanan juga dapat menentukan kesuksesan kita. Hal yang paling mudah dilakukan untuk menambah teman dan juga mengembangkan bakat kita adalah ikut kegiatan – kegiatan mahasiswa atau organisasi mahasiswa lainnya jika memungkinkan.

  • 7. Berani dalam mengemukakan pendapat, jangan minder, dan berdiam diri saja

  • Saat sudah mulai proses perkuliahan, kita akan menemukan berbagai macam karakter dosen dalam mengajar. Dalam memberikan penjelasan materi pasti ada beberapa hal yang masih belum kita pahami maka sebaiknya kita beranikan diri untuk bertanya agar kita tahu apa jawaban dari pertanyaan kita, karena jika kita sudah masuk dunia kerja atau sedang praktek di lapangan mungkin kita tidak bisa bertanya lagi ke dosen kita. Sehingga gunakan sebaik – baiknya kesempatan kita saat berada di perguruan tinggi.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Demi keberhasilan kita di perguruan tinggi

Mungkin saat ospek pernah mendengar perkataan kakak senior yang mengatakan, “Buang jauh – jauh sifat dan hal – hal yang melekat di SMA dulu karena sekarang kalian adalah calon mahasiswa”.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr