5 kunci sukses ala Chairul Tanjung

Intinya, untuk menjadi orang yang sukses dan berhasil ada harga yang harus dibayar, yaitu berani keluar dari zona nyaman, mau bekerja lebih keras, serta menggunakan waktu yang ada dengan sebaik mungkin.

11,532 views   |   52 shares
  • Pernahkah Anda membaca buku berjudul "Chairul Tanjung si Anak Singkong?". Pria kelahiran Jakarta 16 Juni 1962 ini adalah pendiri sekaligus CEO CT Corp yang sebelumnya bernama Para Group. Buku tersebut mengisahkan perjalanan hidupnya dari kecil hingga meraih kesuksesan seperti saat ini. Ingin sukses seperti beliau? Inilah lima kunci yang disampaikan langsung oleh beliau pada sebuah diskusi di Graha Sanusi Universitas Padjajaran Bandung:

  • Kerja keras

  • "Seorang calon pengusaha harus tahan banting," ujar beliau. Setiap orang harus mengenali potensi yang dimiliki dan memanfaatkannya dengan maksimal. Di samping itu, kerja keras adalah nomor satu yang harus dilakukan untuk meraih keberhasilan. Jangan mudah menyerah karena segala sesuatu tidak bisa dicapai dengan cara instan.

  • Kerja cerdas

  • Di samping kerja keras, seorang calon pengusaha harus bisa kerja cerdas. Ketika terjun dalam bidang usaha, Anda harus bisa membuat perencanaan yang baik, mengambil keputusan dengan tepat, dan mengatasi setiap kendala dengan bijaksana.

  • Kerja ikhlas

  • Kunci kesuksesan berikutnya adalah kerja ikhlas. Ketika Anda sudah berusaha maksimal, serahkan segala sesuatunya kepada Tuhan. Nikmati dan syukuri semua yang sudah Anda capai. Jangan pernah menduakan Tuhan, sehingga Tuhan senantiasa memberikan karunia-Nya, bahkan mungkin lebih dari yang Anda minta.

  • Jangan malas

  • Hal yang sangat tidak disukai dan menjadi sesuatu yang bertentangan dengan kehendak Tuhan adalah malas. Perlu diketahui, malas hanya berdampak buruk bagi diri sendiri, seperti merusak masa depan, menyebabkan impian serta harapan menjadi sirna, menghambat kemajuan, mengakibatkan penderitaan akibat kemiskinan, dan sebagainya. Malas hanya membuat seseorang bersungut-sungut, mengeluh, menjadi beban bagi orang lain, mudah tersinggung dan ujung-ujungnya berani menyalahkan Tuhan. Jika Anda bekerja dengan asal-asalan dan tidak rajin, sampai kapanpun Anda tidak akan pernah menikmati hasilnya.

  • Kesuksesan adalah hak setiap orang

  • Chairul Tanjung berkata, "Kesuksesan adalah hak setiap orang." Oleh karena itu, latar belakang keluarga tidak menjamin kesuksesan. Chairul Tanjung memulai bisnis sejak mengetahui bahwa uang kuliahnya diperoleh dari hasil gadai baju ibunya. Sejak saat itu, beliau bertekad untuk tidak lagi meminta uang kepada orangtuanya, dan lihatlah kesuksesannya sekarang.

  • Selain Chairul Tanjung, resep dari William A. Ward, seorang motivator handal asal Amerika juga dapat menginspirasi. Ward mengatakan, "Kunci kesuksesan adalah rajin belajar saat orang lain sedang tidur. Rajin bekerja saat orang lain sedang bermalas-malasan. Mempersiapkan diri pada waktu orang lain bermain-main, dan memiliki mimpi di saat orang lain memiliki keinginan." Intinya, untuk menjadi orang yang sukses dan berhasil ada harga yang harus dibayar, yaitu berani keluar dari zona nyaman, mau bekerja lebih keras, serta menggunakan waktu yang ada dengan sebaik mungkin.

  • Advertisement
Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

5 kunci sukses ala Chairul Tanjung

Intinya, untuk menjadi orang yang sukses dan berhasil ada harga yang harus dibayar, yaitu berani keluar dari zona nyaman, mau bekerja lebih keras, serta menggunakan waktu yang ada dengan sebaik mungkin.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr