Tips dan trik mengatasi "morning sickness" (bagian 2)

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa mual saat hamil agar tidak terlalu mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Beberapa kiat-kiat berikut sudah cukup terbukti.

522 views   |   0 shares
  • Berikut ini adalah lanjutan dari tips dan trik mengatasi morning sickness (bagian 1). Apa saja? Mari kita cek kiat-kiatnya.

  • Tidak terlambat makan

  • Inilah penyebab utama seorang wanita hamil mengalami morning sickness setiap hari. Selama hamil kita wajib membuat jadwal untuk makan pagi, siang dan malam pada waktu yang sama setiap harinya. Ketika kita terlambat untuk makan satu waktu saja, rasa mual akan segera menghampiri. Konsumsi pula buah sebanyak mungkin sebagai cemilan.

  • Makan sedikit dan sering

  • Jika kita mual mengonsumsi makanan pada satu waktu bersamaan, kita bisa membaginya menjadi beberapa waktu. Usahakan mengonsumsi sedikit makanan, tetapi sering, daripada langsung menghabiskan semuanya. Perhatikan juga jenis makanan yang kita konsumsi, hindari makanan yang mengandung banyak minyak, santan dan pedas karena dapat memicu kembali rasa mual.

  • Komunikasikan bersama suami

  • Ada yang mengatakan morning sickness juga sangat dipengaruhi oleh kondisi psikologis kita di awal-awal kehamilan. Karena hami di-trimester pertama, perasaan ingin diperhatikan menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Selain itu emosi mudah sekali berubah-ubah tanpa sebab yang jelas. Cobalah mengomunikasi pada suami tentang kondisi dan perasaan yang kita rasakan. Mintalah waktu lebih banyak untuk berbincang dengan suami sebelum tidur. Sehingga kita dapat merasa lebih nyaman keesokan paginya.

  • Makan buah-buahan

  • Beberapa ibu hamil biasanya sulit mengonsumsi makanan berat ketika mengalami morning sickness. Maka, konsumsilah buah-buah segar dan mengandung karbohidrat sebagai pengganti makanan berat, seperti pepaya, pisang, apel, jeruk dan mangga. Atau buah-buahan yang mengandung asam folat seperti alpukat. Dan cairan yang banyak seperti semangka. Hindari buah-buahan yang mengandung gas, sehingga justru akan membuat kita semakin mual.

  • Hindari bau-bauan yang menyengat

  • Morning sickness bisa dipicu oleh lingkungan sekitar, salah satunya adalah bau-bau yang menyengat. Semakin kuat aroma tersebut, semakin kita merasakan mual. Misalnya saja mencium aroma parfum suami, sabun mandi, pengharum ruangan. Atau aroma ikan yang digoreng, atau rempah. Terkadang aroma-aroma tersebut tidak bisa dihindari, tetapi bisa dikurangi dengan menggunakan masker di dalam rumah, atau menjauhi sumber bau dengan berpindah tempat atau ruangan.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Tips dan trik mengatasi "morning sickness" (bagian 2)

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa mual saat hamil agar tidak terlalu mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Beberapa kiat-kiat berikut sudah cukup terbukti.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr