Tips dan trik atasi "morning sickness" (bagian 1)

Rasa mual dan eneg memang tidak bisa dihindarkan bagi ibu hamil. Ada yang mengalaminya hanya dalam kurun waktu satu bulan pertama, tiga bulan pertama, bahkan ada yang selama sembilan bulan mengalami "morning sickness".

562 views   |   0 shares
  • Rasa mual dan eneg memang tidak bisa dihindarkan bagi ibu hamil, ada yang mengalaminya hanya dalam kurun waktu 1 bulan pertama, 3 bulan pertama, bahkan ada yang selama 9 bulan mengalami morning sickness. Tidak diketahui benar faktor yang membedakannya tapi semua itu dipengaruhi oleh kerja hormon di dalam tubuh, kondisi fisik dan psikis kita sendiri.

  • Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mual agar tidak terlalu mengganggu aktivitas kita. Kiat-kiat ini sudah saya lakukan dan beberapa ibu-ibu lain yang mengalami hal serupa, saat mereka hamil.

  • Istirahat yang cukup

  • Inilah yang perlu kita lakukan pertama kali ketika mengetahui bahwa kitahamil karena tidur yang cukup bisa memulikan stamina kita yang mudah lelah di awal kehamilan. Faktor hormonal tidak hanya membuat perubahan fisik, tetapi juga perubahan psikis seperti rasa ingin diperhatikan, mudah sedih, mudah marah dan sebagainya. Hanya istirahat yang cukup yang dapat memulihkan semua itu. Tidur lebih awal serta istirahat di siang hari sangat membantu mengurangi rasa mual. Mengingat di-trimester akhir kehamilan, Anda akan mengalami sulit tidur karena perut semakin besar, dan janin semakin bergerak aktif.

  • Minum air putih hangat saat bangun tidur

  • Saat bangun tidur, hindari makanan atau minuman lain selain air putih hangat. Minum 1 atau 2 gelas air putih hangat saat bangun tidur sangat membantu menghilangkan mual. Selain itu setiap kali Anda merasa mual sepanjang hari, segeralah minum air putih hangat.

  • Mengonsumsi _dark chocolate_

  • Ada yang bilang hindari makan manis-manis ketika hamil. Yah itu benar agar bayi tidak terlalu besar saat dilahirkan dan resiko diabetes, apalagi jika kita dan suami mempunyai keturunan diabetes. Tetapi dark chocolate, yang lebih banyak kandungan coklat asli daripada susu dan gula, berbeda. Ketika mulai merasa mual, kita bisa mengonsumsi sedikit dengan mengisapnya seperti permen. Bukan saja mengurangi mual, tetapi juga memberi efek menenangkan pada ibu ketika merasa stres karena keluhan hamil pertama.

  • Mendengarkan musik

  • Musik memang sangat baik untuk menenangkan kita yang mengalami morning sickness. Musik bertempo pelan bisa memberi efek relaksasi pada tubuh. Jika kita melakukan relaksasi, berarti semua organ ikut beristirahat sejenak, dan hal ini bisa mengurangi rasa mual yang kita alami di pagi hari.

  • Mengonsumsi jahe hangat

  • Minuman ini biasa disebut wedang jahe dengan campuran beberapa bahan makan seperti kacang tanah, roti tawar, dan mutiara. Tetapi bagi kita yang sedang hamil muda, meminum air jahe hangat sudah cukup membantu menghilangkan rasa mual. Tambahan sedikit madu untuk memberi rasa lebih nikmat.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan..

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Tips dan trik atasi "morning sickness" (bagian 1)

Rasa mual dan eneg memang tidak bisa dihindarkan bagi ibu hamil. Ada yang mengalaminya hanya dalam kurun waktu satu bulan pertama, tiga bulan pertama, bahkan ada yang selama sembilan bulan mengalami "morning sickness".
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr