Balita dan pilihan gaya berpakaiannya

Kerap dibuat gemas karena balita memilih kostum pahlawan supernya ke acara resmi? Atau mengenakan sepatu kanan yang berbeda dengan sepatu kiri? Biarkan saja, selama tak berbahaya. Itu bagian dari kreativitasnya.

497 views   |   0 shares
  • Balita adalah fase paling kreatif dan senang bereksplorasi, termasuk di antaranya, berpakaian. Kerap melihat anak Anda ingin mengenakan sepatu yang berbeda untuk kaki kiri dan kaki kanan? Atau mengenakan atasan dan bawahan dengan warna yang bertabrakan? Yang lebih lucu, banyak balita yang ingin menggunakan kostum polisi atau spiderman ke acara resmi yang akan Anda hadiri. Jangan buru-buru marah dan memaksa ia berganti kostum karena usia 3-4 tahun adalah fasenya mencoba-coba atau berkhayal.

  • Anda bisa mengarahkan. Tetapi kalau ia tetap bertahan pada seleranya, biarkan saja dan tanyakan alasannya. Biasanya mereka yang sudah pandai bicara akan memberi alasan manis seperti, "Aku mau menjaga Ibu dari orang jahat karena aku jagoan."

  • Lalu, mulailah berargumen dengan mengatakan "Tapi di acara nanti setiap orang pakai baju rapi, kemeja, jas dan celana rapi. Lagipula kan tidak ada orang jahat disana." Tunggu reaksinya, jika ia menurut, ya sudah. Tapi jika ia bersikeras, tandanya kita harus menyerah.

  • Biarkan saja. Toh niatnya juga amat baik, yakni untuk melindungi ibunya. Bukankah harusnya Anda merasa bangga dan bahagia? Lagipula, dengan memilih baju sendiri, sebenarnya ia juga belajar sesuatu, misalnya belajar membuat keputusan yang mandiri, belajar kreatif dengan mencoba berbagai jenis pakaian, serta belajar tentang gender dari pilihan model dan warna pakaian.

  • Hal ini juga pernah diungkap oleh Psikolog Perkembangan Anak dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia dan Konselor Sekolah di Jabodetabek, Vera Itabilianan Hadiwidjojo, Psi. Ia mengatakan anak-anak usia di bawah lima tahun atau balita sedang dalam tahap eksplorasi. Sehingga orangtua mestinya tidak terlalu banyak membatasi anak.

  • Namun, Anda tetap harus memberikan pendidikan soal pakaian kepadanya sebab membiarkannya bebas tanpa arahan, juga takkan membantunya dalam kehidupan sosial di kemudian hari. Jadi, hal yang bisa Anda lakukan untuk mendukungnya adalah:

  • 1. Mengelompokkan jenis pakaian, misalnya pakaian tidur, untuk bermain, dan untuk bepergian. Dengan begitu, si kecil akan mudah memilih pakaian sesuai dengan kebutuhan.

  • 2. Mengarahkan padu-padan, misalnya atasan dengan motif ramai sebaiknya dipadukan dengan rok atau celana yang berwarna polos.

  • 3. Anda bisa memberinya beberapa pilihan jenis pakaian, misalnya terusan, atasan berkancing atau ritsleting rok balon atau mini. Sambil mengenalkan jenis-jenis pakaian tersebut, Anda bisa memberitahukan bahwa pakaian jenis tertentu pantas digunakan untuk musim tertentu pula.

  • Advertisement
  • 4. Ingatkan juga bahwa sepatu kanan hanya bisa dikenakan di kaki kanan, begitupun dengan sepatu kiri. Dan bahwa sepatu yang tidak enak dipakai berjalan akan beresiko jatuh lebih tinggi. Utamakan penjelasan dalam menolak gayanya, dari sisi keamanan dan kenyamanan.

  • Si kecil tetap memaksa memakai kostum spiderman-nya ke mal? Ambil saja sisi positifnya, bahwa dengan begitu ia belajar berpikir di luar kebiasaan untuk mengasah kreativitasnya. Toh, tidak masalah, selama ia memang merasa nyaman. Maka tanya kembali, apakah ia merasa nyaman dengan kostum yang biasanya bahannya agak panas itu? Jika ia yakin, ya sudah. Tak perlu risih. Ia tidak melakukan sesuatu yang berbahaya, kok.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Balita dan pilihan gaya berpakaiannya

Kerap dibuat gemas karena balita memilih kostum pahlawan supernya ke acara resmi? Atau mengenakan sepatu kanan yang berbeda dengan sepatu kiri? Biarkan saja, selama tak berbahaya. Itu bagian dari kreativitasnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr