Bagaimana Berbicara terhadap Pasangan yang sedang Depresi

Dukungan dari pasangan dapat mencegah meningkatnya gejala depresi. Mendorong penyembuhan untuk perasaan putus asa, kurang tidur, perubahan nafsu makan, pikiran untuk bunuh diri, membantu dalam pemulihan dan menopang hubungan dengan pasangan.

4,962 views   |   10 shares
  • “Depresi adalah penyebab utama “kelumpuhan” menurut Lembaga Aliansi Penyakit Cacat Mental di Amerika .” Diane telah menderita depresi selama 2 tahun. Hal ini telah membuat keadaan menjadi sulit bagi suaminya James untuk mengerti perubahan perilaku istrinya, ketidakmampuannya dalam menyiapkan makanan, dan hilangnya kenikmatan dalam kegiatan-kegiatan pribadi. Seiring berjalannya waktu dia menyadari untuk menghargai kebutuhan istrinya dalam mendapatkan dukungan dari suaminya. Dia menyadari depresi Diane adalah sesuatu yang nyata. Ujian untuk istrinya adalah untuk bertahan dalam penderitaannya. Sedangkan ujian bagi dirinya adalah untuk melindungi, mencintai, dan memperkuat istrinya yang dulunya pernah sehat dan penuh semangat.

  • Berbicara tentang gejala depresi

  • James telah belajar dari dokternya Diane tentang gejala depresi yang meliputi kelelahan, perasaan tidak bahagia, putus asa, sulit tidur, perubahan nafsu makan, mudah marah, dan memiliki pikiran untuk bunuh diri. James membahas gejala-gejala ini bersama Diane, juga menunjukkan kepada Diane bahwa dia memahami rasa frustasinya karena kehilangan hobinya untuk menikmati kegiatannya sendiri seperti kerajinan tangan dan menulis buku. Dia menjelaskan kepada Diane keinginannya untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan kesukaan Diane dan dalam menghilangkan gejala-gejala lain yang mungkin terjadi setelah perawatan obat dan terapi. Dia mendapatkan wawasan dengan membantu istrinya serta menunjukkan rasa empati. Dia juga telah menerima pedoman bermanfaat dari dokternya secara berkelanjutan.

  • Berikut ini adalah beberapa langkah lain yang mereka ambil untuk memperbaiki situasi mereka:

    • Dalam program diskusi dengan terapis Diane, James telah mempelajari efek depresi akan harga diri. Dia memberinya harapan dengan menjelaskan bahwa harga diri dapat kembali melalui terapi dan ketika depresi telah mereda.

    • James merelakan diri untuk membaca materi dengan Diane mengenai bagaimana orang lain berhasil mengatasinya. Dia tidak sendirian. James memberitahu Diane untuk tidak menyalahkan dirinya sendiri. Karena ini bukanlah kesalahannya.

    • Dia berbicara kepadanya mengenai pemulihan dari pengobatan, dan mengenai terapi diri sendiri dan bersama pasangan; Dia memberitahu Diane bahwa terkadang rawat inap di rumah sakit mungkin diperlukan untuk menyesuaikan pengobatan dan menerima terapi lanjutan dari dokter ahli mental.

    • Dia mendukungnya dengan mengingatkan kembali secara teratur bahwa dia dapat bertahan dan dapat mengatasi dengan baik. Dia belajar melalui mendengarkannya ketika dia berbicara, walau terkadang istrinya sedang tidak ingin berbicara.

    • Mereka berolahraga bersama. Sambil mereka berjalan mereka berbicara. Dia mengetahui adanya potensi untuk memiliki pikiran bunuh diri ketika dia merasa rentan, memintanya untuk bersamanya dan menerima bantuan dari dokter ahli. Mereka mendiskusikan mengenai gejala-gejala pertanda peringatan bahaya, seperti membicarakan mengenai bunuh diri atau kematian, memiliki kesenangan akan kematian, mengekspresikan perasaan putus asa.

    • Dia menjelaskan kepadanya kebutuhan dirinya untuk berperan serta dalam kegiatan-kegiatan pribadinya, seperti jogging, dan mancing, mempersiapkan diri untuk lebih mahir dalam mendengarkan dan membantunya. Dia juga akan mengajak anggota keluarga yang lain dan teman-teman untuk memberikan dukungan mereka.

    • Dia menyakinkan kembali istrinya bahwa dia mencintainya meskipun istrinya mengalami ketidakmampuan. Terkadang James tidak mengatakan apa pun – Dia hanya memeluk Diane dan melepaskan tangisan kesedihannya.

  • Advertisement
  • Jika Anda memiliki pasangan yang sedang menderita depresi, belajarlah dari contoh dan teladan James dan Diane dan jangan takut untuk mendapatkan bantuan dari dokter ahli. Pertempuran melawan depresi dalam sebuah pernikahan bukanlah pertempuran yang harus diperangi sendiri.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "How to talk to a spouse with depression" karya Jelean Reynolds.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Jelean Reynolds is an accomplished author. She is a mother to 5 children and a grandmother to 18 beautiful grandchildren.

Bagaimana Berbicara terhadap Pasangan yang sedang Depresi

Dukungan dari pasangan dapat mencegah meningkatnya gejala depresi. Mendorong penyembuhan untuk perasaan putus asa, kurang tidur, perubahan nafsu makan, pikiran untuk bunuh diri, membantu dalam pemulihan dan menopang hubungan dengan pasangan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr