Keberhasilan hanya diperoleh karena pendidikan tinggi. Benarkah?

Sekolah memang penting bagi keberhasilan, namun keberhasilan tidak selalu diperoleh dari perguruan tinggi. Banyak orang yang menjadi sukses karena kerja keras, bukan karena pendidikannya.

1,825 views   |   3 shares
  • Sekolah memang penting bagi keberhasilan, namun keberhasilan tidak selalu diperoleh dari perguruan tinggi. Banyak orang yang menjadi sukses karena kerja keras, bukan karena pendidikannya.

  • Adam Malik

  • Salah seorang tokoh nasional yang saya kagumi sejak dulu ialah Bapak Adam Malik. Melihat apa saja yang sudah dicapainya, kita tidak menyangka bahwa pendidikan beliau hanya sederhana. Beliau terkenal sebagai seorang otodidak, sukses karena belajar sendiri. Beliaulah yang mencetuskan Antara, kantor berita nasional yang berperan besar dalam perjuangan kemerdekaan bangsa kita. Beliau pernah menjadi presiden atau ketua majelis PBB pada sesi ke-26, menjabat sebagai duta besar, menteri luar negeri, wakil presiden Indonesia dan lainnya. Semua ini dicapainya hanya dengan mengantongi ijazah SLP sekolah Belanda. Namun sesudah lulus, beliau bekerja di sebuah toko sambil mengisi waktu luangnya dengan tekun membaca untuk menambah ilmu pengetahuannya.

  • Steve Jobs

  • Seorang penemu terkenal dan pendiri perusahaan Apple, Steve Jobs, keluar dari Reed College sebelum lulus untuk membuka usahanya sendiri di bidang komputer. Bersama sahabatnya Steve Wozniak, Steve Jobs menjadi pionir dalam bidang mikro komputer di tahun '70-an. Mereka menciptakan Apple, Macintosh, Pixar dan banyak lagi lainnya. Menurut Walter Isaacson, penulis biografi resmi Steve Jobs, dia adalah seorang "usahawan kreatif yang perfeksionis. Minatnya yang menggebu-gebu mendorongnya membuat revolusi dalam enam bidang industri: komputer pribadi, film animasi, musik, ponsel, komputer tablet dan penerbitan digital."

  • Bill Gates

  • Sejak usia 13 tahun, Bill Gates sudah menunjukkan minat yang besar terhadap komputer. Bersama teman sekolahnya, Paul Allen, dia menciptakan beberapa peringkat lunak yang dijadikan modal untuk mendanai perusahaan mereka sendiri. Untuk memenuhi keinginan orangtuanya agar anak mereka menjadi pengacara, Bill masuk ke perguruan tinggi Harvard. Tetapi karena minatnya lebih besar dalam bidang komputer, Bill drop out. Menyadari kemampuan anaknya, akhirnya orangtua Bill mendukung usahanya untuk mendirikan perusahaan. Bill membuktikan bahwa dukungan orangtuanya tidak sia-sia dengan menjadi orang terkaya di dunia sampai sekarang.

  • Mark Zuckerberg

  • Seorang anak muda yang berpengaruh besar di dunia karena produknya dipakai oleh lebih dari satu miliar orang. Mark sempat masuk ke Harvard tetapi hanya sampai tingkat 2. Dia drop out untuk lebih mengembangkan FaceBook. Selain jenius dalam bidang matematika dan komputer, Mark jago dalam bidang sastra klasik. Sejak tahun 2010, majalah Time menyatakan Mark sebagai satu dari 100 orang terkaya di dunia.

  • Advertisement
  • Menilik contoh-contoh ini apakah kita harus membiarkan anak-anak kita berhenti kuliah? Tentu tidak. Kesuksesan yang menakjubkan seperti di atas adalah sesuatu yang langka. Satu persamaan di antara keempat orang jenius itu adalah KERJA KERAS. Mereka memang diberkati dengan otak yang cemerlang, namun itu saja tidak cukup tanpa dibarengi kreativitas dan ketekunan.

  • Bagi keempat orang ini, pendidikan tinggi hanyalah batu loncatan untuk mencapai sukses. Mereka tidak bertahan sampai meraih gelar karena sudah memiliki segala yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan. Namun kebanyakan orang membutuhkan pendidikan tinggi sebagai anak tangga yang harus didaki satu demi satu untuk mencapai anak tangga teratas.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Keberhasilan hanya diperoleh karena pendidikan tinggi. Benarkah?

Sekolah memang penting bagi keberhasilan, namun keberhasilan tidak selalu diperoleh dari perguruan tinggi. Banyak orang yang menjadi sukses karena kerja keras, bukan karena pendidikannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr