Si kecil belum juga bisa membaca? Begini cara mengatasinya!

Masih ada anak-anak usia 6-12 Tahun ke atas yang kesulitan membaca. Dan akibatnya, di sekolah mereka sering diejek oleh teman-temannya. Apakah Anda salah satu orang tua yang memiliki anak yang masih belum bisa membaca?

11,545 views   |   36 shares
  • Saat ini, pendidikan di Indonesia sudah mulai maju secara berkala. Kurikulum dan standar nilai yang telah ditetapkan pemerintah semakin hari semakin tinggi. Semakin banyak generasi-generasi yang cerdas. Anak-anak usia 2-3 tahun sudah mengikuti prasekolah, usia 4-6 Tahun dapat membaca, menghitung, menggunakan gadget. Mereka dengan sendirinya berkembang mengikuti perkembangan zaman. Namun, ternyata masih ada beberapa anak yang kesulitan mengejar perkembangan pendidikan saat ini. Masih ada pula anak-anak usia 6-12 tahun ke atas yang masih sulit untuk membaca. Akibatnya, di sekolah mereka sering diejek. Apakah Anda salah satu orang tua yang memiliki anak yang masih belum bisa membaca? Jika iya, begini cara tepat untuk mengatasinya.

  • 1. Bersabar

  • Rumah adalah tempat terbaik Anda membekali pengetahuan sebelum dia memperolehnya di sekolah. Untuk mendidik anak dalam membaca, apalagi bagi anak yang sangat susah untuk belajar membaca, Anda dituntut untuk ekstra sabar. Jangan pernah menyerah dan bosan karena inilah ujian bagi Anda sebagai orangtua.

  • 2. Jangan memarahinya

  • Dalam mengajari anak, meskipun Anda sudah tidak sabar atau gemas, jangan pernah membentak atau memarahinya karena tidak ada gunanya. Anda hanya akan membuat anak sakit hati dan semakin tertekan. Dan akhirnya dia akan stres dan semakin sulit untuk belajar membaca.

  • 3. Perbanyak jam belajar

  • Ketika si kecil sudah di usia 7-12 namun belum bisa membaca, mungkin jam belajarnya perlu Anda tambahkan. Jika dulunya dia hanya belajar 30 menit sampai 1 jam saja, Anda perlu menambahkannya hingga 2 jam. Tetapi jangan gunakan waktu belajar selama itu sekaligus. Sebaiknya Anda membaginya menjadi dua kali sehingga anak tidak akan bosan untuk belajar membaca.

  • 4. Membacakan buku cerita

  • Cara ini cukup efektif untuk mengajarkan si kecil agar bisa membaca. Pilihlah buku cerita yang bergambar dengan alur cerita yang menarik. Ajak anak ikut berpartisipasi membaca bersama Anda, sambil Anda pancing dia mengucapkan beberapa huruf atau mengejakannya. Ibarat pepatah sambil menyelam minum air, Anda dapat memberikan ilmu kepada Anda dan dia pun dapat melatih membaca secara perlahan-lahan. Sediakan waktu dalam sehari untuk melakukan kebiasaan baik ini.

  • 5. Rayu dengan hadiah

  • Siapa sih anak yang tidak menyukai hadiah? Rayu anak untuk lebih giat lagi membaca dengan memberikannya hadiah yang dia sukai. Bilang padanya jika dia bisa membaca beberapa kalimat perhari dalam sebulan, dia akan menerima hadiah dari kerja kerasnya. Ini akan memberikan anak motivasi yang besar untuk dapat lancar membaca.

  • Advertisement
  • 6. Panggil guru privat

  • Jika anak tidak bisa membaca juga, dan Anda pun kesulitan untuk mengajarkannya, cobalah minta bantuan guru privat untuk khusus mengajarkan anak membaca. Biasanya, anak akan lebih segan dan menurut pada orang lain apalagi gurunya ketimbang orangtuanya. Dan mintalah pada guru privatnya untuk tegas dalam mengajarkan anak Anda membaca.

  • Itulah beberapa cara membantu anak Anda agar segera bisa membaca. Semoga bermanfaat.

Bantu kami menyebarkan

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Si kecil belum juga bisa membaca? Begini cara mengatasinya!

Masih ada anak-anak usia 6-12 Tahun ke atas yang kesulitan membaca. Dan akibatnya, di sekolah mereka sering diejek oleh teman-temannya. Apakah Anda salah satu orang tua yang memiliki anak yang masih belum bisa membaca?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr