Dua komponen penting dalam kendaraan yang harus diperhatikan secara khusus

Memiliki mobil atau motor bukan hanya sekadar mampu mengendarainya, tetapi juga harus mampu merawatnya.

1,291 views   |   7 shares
  • Memiliki mobil atau motor bukan hanya sekadar mampu mengendarainya, tapi juga harus mampu merawatnya. Anda harus tahu bagian vital yang harus mendapat perhatian khusus, apalagi jika kendaraan itu digunakan untuk rutinitas sehari-hari. Jika kendaraan kurang maksimal, tentu akan mengalami kendala.

  • Dari beberapa komponen kendaraan, yang harus Anda perhatikan adalah rem serta ban. Komponen ini selayaknya dirawat secara rutin. Sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang sampai menelan korban jiwa karena fungsi rem tidak bekerja dengan normal atau ban kendaraan sudah tipis. Hal ini biasanya baru disadari ketika sudah terjadi peristiwa. Sebaiknya sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda periksa kelayakan rem serta ban kendaraan. Jika ban sudah tipis, segera ganti dengan yang baru.

  • Pemeriksaan rem idealnya dilakukan minimal setiap enam bulan sekali, dan dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman. Untuk mengetahui apakah rem berfungsi dengan normal atau tidak sebetulnya Anda bisa merasakan saat mengendarai kendaraan. Apakah pedal rem bergetar jika diinjak atau tekanan angin rem tiba-tiba keras, atau adakah suara berderit dan seperti bau terbakar pada bagian roda? Jika iya, jangan paksakan kendaraan untuk jalan karena resikonya sangat besar. Ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan untuk merawat rem, antara lain:

  • 1. Periksa dan cek rem secara berkala di bengkel atau orang yang paham di bidang otomotif, minimal setiap enam bulan sekali.

  • 2. Periksa minyak rem idealnya dilakukan setiap satu tahun sekali, dikuras dan diganti dengan minyak rem yang baru.

  • 3. Periksa juga ketebalan kampas rem, jika sudah tipis atau aus segera ganti dengan yang baru.

  • 4. Setelah melewati genangan air atau sesudah dicuci, biasakan menginjak pedal rem berulang-ulang agar air yang ada di sekitar piringan rem menjadi kering.

  • 5. Apabila permukaan piringan rem ada yang baret atau bergelombang, sebaiknya dibubut atau dislep di tempat khusus.

  • Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kelayakan ban kendaraan. Bagaimana caranya?

  • Memeriksa ban bisa Anda lakukan sendiri. Bila tekanan angin berkurang atau tidak memenuhi persyaratan minimum, sebaiknya dikembalikan ke posisi semula.

  • Mengisi tekanan angin sebaiknya dilakukan di pagi hari, karena angin yang masuk menjadi tekanan ideal untuk ban mobil. Tapi bukan berarti tidak boleh mengisi tekanan angin pada siang hari.

  • Hati-hati jika pengisian angin dilakukan sehabis mobil berjalan, karena saat itu tekanan ban akan meningkat. Penyebabnya adalah permukaan ban mengalami gesekan dengan jalan. Sebaiknya pengisian angin menunggu sesaat dahulu agar ban menjadi dingin.

  • Advertisement
  • Cek tekanan angin setiap dua hari sekali. Gunakan ban yang sesuai dengan fungsi serta kegunaannya, jangan lupa spooring-balancing untuk menjaga keawetan ban serta kenyamanan selama berkendara. Selanjutnya periksa ban serep, dongkrak, serta kunci-kuncinya, jangan sampai ban serep kempes atau berkurang tekanan anginnya karena akan merepotkan Anda sendiri dalam perjalanan.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Dua komponen penting dalam kendaraan yang harus diperhatikan secara khusus

Memiliki mobil atau motor bukan hanya sekadar mampu mengendarainya, tetapi juga harus mampu merawatnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr