Berapa Banyak Uang yang Bisa Anda Hemat Bila Menggunakan Angkutan Umum?

Di Indonesia, rata-rata jarak tempuh perjalanan menuju tempat bekerja adalah 50 km pulang pergi. Bila Anda menggunakan kendaraan umum, Anda menghemat banyak dan menjaga lingkungan dari polusi.

3,680 views   |   1 shares
  • Seandainya jarak tempuh perjalanan menuju tempat bekerja adalah 25 km sekali jalan, artinya dengan jarak tempuh perjalanan seperti itu seseorang harus berkendara setiap hari pulang pergi ke tempat bekerja sejauh 50 km. Berapa banyak uang yang dapat Anda hemat dengan cara memarkirkan kendaraan Anda dan mengunakan angkutan umum? Mari menghitung secara matematika bersama-sama. Hasilnya mungkin akan mencengangkan Anda.

  • Pertama, kita perlu memutuskan apakah Anda meninggalkan kendaraan Anda atau hanya memarkirkannya selagi Anda bekerja. Bila Anda meninggalkan mobil Anda, Anda akan menghemat dalam jumlah besar daripada hanya memarkirkannya.

  • Mari mempertimbangkan seluruh biaya kepemilikan mobil, dengan beranggapan bahwa Anda mengendarai sejauh 1000 km per bulan (yang berarti Anda berkendara 400 km per bulan selain ke tempat kerja Anda, dan Anda harus mencari cara lain untuk menempuh jarak tersebut).

  • Jika mobil Anda dapat mencapai 10 km per liter, Anda akan menghabiskan 100 liter per bulan, dengan harga bensin Rp 6.500 per liter maka biaya bahan bakar sebesar Rp 650.000 per bulan. Asuransi mobil bervariasi, tetapi anggaplah Rp 500.000 per bulan. Biaya perawatan cenderung lebih rendah untuk mobil baru dan lebih tinggi untuk mobil yang lebih tua, tetapi anggaplah Rp 500.000 per bulan, ingatlah bahwa harga ban dan kanvas rem dapat mencapai ratusan ribu rupiah.

  • Biaya kepemilikan mobil terbesar adalah depresiasi atau penurunan nilai. Secara kasar 80% dari harga mobil akan hilang setelah 10 tahun. Cara sederhana untuk memperhitungkan depresiasi ini adalah kira-kira 15% per tahun. Harga rata-rata mobil baru pada tahun 2013 adalah Rp 300.000.000. Sesuai dengan model dan kondisi, mobil berusia lima tahun mungkin seharga Rp 130.000.000. Depresiasi setahunnya akan berkisar Rp 20.000.000 atau Rp 1.670.000 per bulan. Jika Anda membeli mobil secara kredit dengan pokok pinjaman Rp 100.000.000 dan bunga 5% per tahun, maka bunganya akan berkisar Rp 400.000 per bulan.

  • Jumlah dari seluruh biaya ini adalah sebesar Rp 3.720.000, maka Anda memiliki mobil dengan biaya kira-kira Rp. 3.720 per kilometer. Bila mobil Anda lebih besar, lebih baru, lebih mewah, lebih boros bahan bakar, atau bila Anda memiliki catatan berkendara yang buruk (yang berarti asuransi lebih mahal), maka biayanya akan jauh lebih besar.

  • Biaya jika Anda menggunakan angkutan umum di kota Anda akan lebih mudah diperhitungkan. Di kota saya, biaya transportasi berkisar Rp 800.000 per bulan atau sekitar Rp 40.000 per hari, yang berarti saya akan menghemat sebesar Rp 2.920.000 per bulan jika saya bisa meninggalkan mobil dan sebaliknya menggunakan angkutan umum. Itu akan memberi saya ruang yang cukup untuk menggunakan mobil omprengan, taksi atau menyewa mobil pada keadaan tertentu dan masih mempunyai sisa uang.

  • Advertisement
  • Jika Anda tidak menjual mobil Anda, tetapi memarkirkannya saja, Anda tidak terbebas dari biaya depresiasi, bunga, atau asuransi, namun Anda dapat menekan biaya bahan bakar serta perawatannya secara proporsional. Gabungan biaya bahan bakar dan biaya perawatan sebesar Rp 1.150 per kilometer dalam contoh (atau mungkin lebih jika mobil Anda lebih tua atau lebih besar dari rata-rata). Jumlah biaya bahan bakar dan perawatan per kilometer akan menjadi Rp 57.500 per hari untuk 50 kilometer perjalanan. Berarti dengan menggunakan angkutan umum dengan biaya Rp 40.000 per hari Anda akan menghemat sebesar Rp 17.500 per hari, dan hal itu “bersih” bagi lingkungan. Belum lagi bila Anda harus membayar biaya parkir, maka penghematannya akan lebih besar.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “How much can you really save by using public transportation?” karya Devin Thorpe.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Berapa Banyak Uang yang Bisa Anda Hemat Bila Menggunakan Angkutan Umum?

Di Indonesia, rata-rata jarak tempuh perjalanan menuju tempat bekerja adalah 50 km pulang pergi. Bila Anda menggunakan kendaraan umum, Anda menghemat banyak dan menjaga lingkungan dari polusi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr