5 bahan murah-meriah namun istimewa untuk kesehatan kulit. Apa itu?

Buah yang murah dan mudah didapatkan di sekeliling tempat tinggal manfaatnya sangat besar untuk kesehatan kulit.

6,658 views   |   8 shares
  • Udara tropis kerap membuat kulit menjadi kering dan kusam, tapi berbahagialah Anda karena buah-buahan yang melimpah sangat bermanfaat untuk kesegaran kulit. Semua sudah tersedia di alam sekitar Anda, apalagi jika Anda mempunyai kebun sendiri. Kalaupun Anda tak punya kebun, buah-buahan ini tersedia di pasar sekitar tempat tinggal Anda, tentu dengan harga yang murah dan sangat terjangkau. Inilah beberapa buah yang akan membuat kulit Anda halus, segar,dan lembut.

  • 1. Pisang

  • Pisang adalah buah yang selalu ada sepanjang tahun. Pisang mengandung beberapa vitamin di antaranya zat besi, magnesium dan kalium dan karena itubuah yang relatif murah ini membantu mengurangi kram saat menstruasi. Pisang juga baik untuk kulit dan anti-aging karena kaya akan vitamin A, B, dan E. Bila Anda ingin memiliki kulit yang halus, lumatkan satu buah pisang yang masih segar, jadikan masker wajah. Diamkan 30 menit kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan setiap hari selama satu minggu.

  • 2. Apel

  • Jika Anda ingin sehat, biasakan makan apel sebutir sehari. Antioksidan apel dapat mencegah kerusakan berbagai jaringan sel, sehingga sel-sel kulit mati bisa terkikis.

  • 3. Pepaya

  • Pepaya seringkali dipandang sebelah mata sebab mudah didapat di pasar dan harganya yang sangat murah. Padahal kandungan vitaminnya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Pepaya kaya akan antioksidan dan enzim yang dapat membasmi sel-sel kulit mati. Untuk masker, lumatkan segelas buah pepaya yang segar, lalu pakailah untuk masker wajah. Namun jika Anda ragu cobalah dulu pada kaki dan tangan, lakukan beberapa hari. Kulit akan terasa halus serta berkilau. Selain untuk masker, pepaya sangat baik bila dikonsumsi sehari-hari untuk pencernaan.

  • 4. Jeruk Nipis

  • Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis bisa mencerahkan kulit yang memerah disebabkan sengatan matahari. Juga dapat menghilangkan flek hitam ataupun bekas jerawat. Gosok bagian dalam kulit jeruk pada siku untuk menghilangkan bintik-bintik hitam. Bisa juga dicampur dengan madu untuk mencerahkan kulit tangan serta kaki, tetapi sebaiknya tidak digunakan untuk masker wajah. Jeruk nipis juga sangat baik jika diminum setiap hari. Campur sedikit jeruk nipis dengan segelas air hangat dan satu sendok teh madu untuk membantu pencernakan.

  • 5. Mangga

  • Di daerah tropis buah mangga akan tumbuh subur dan sangat melimpah, dan dapat dijumpai pada musim-musim tertentu. Tetapi ada juga buah mangga yang bisa berbuah sepanjang tahun. Buah mangga, selain memiliki rasa yang sedap, juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Daging buah yang lembut sangat berguna untuk kulit manusia. Buah mangga juga sangat kaya dengan vitamin A dan antioksidan, itu sebabnya buah ini akan melawan penuaan pada kulit. Kolaborasi antara vitamin A dan antioksidan juga akan meregenerasi sel kulit, serta akan mengembalikan elastisitas kulit.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan..

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

5 bahan murah-meriah namun istimewa untuk kesehatan kulit. Apa itu?

Buah yang murah dan mudah didapatkan di sekeliling tempat tinggal manfaatnya sangat besar untuk kesehatan kulit.
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr