Hadirkan peran anak dalam mengerjakan tugas rumah tangga

Banyak sekali hal yang didapat dari mengajarkan anak untuk ikut andil dalam menjaga kebersihan lingkungan. Sebelum anak mengenal dunia luar, para orangtua berusahalah untuk memberikan didikan dari dalam rumah.

957 views   |   1 shares
  • Tidak sedikit remaja yang tidak mengenal tugas-tugas rumah tangga. Bisa Anda lihat di kota-kota besar zaman sekarang, banyak anak muda yang kurang peduli lingkungan, padahal kebersihan merupakan sebagian dari iman. Mengenal dan melakukan tugas rumah tangga dapat mendidik anak mengenai tanggung jawab, perhatian, dan masih banyak hal positif lainnya.

  • Sebenarnya, tugas apa saja yang aman bagi anak-anak? Anak dapat memasang dan merapikan seprei, selimut, dan bantal. Bisa juga merapikan mainan dan buku, memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci dan mengeluarkannya, melipat pakaian dan memasukkannya ke dalam lemari, menyapu dengan sapu kecil, membersihkan pintu lemari es, dan mengelap meja dan kursi.

  • Lalu, apa yang tidak layak untuk anak-anak? Antara lain mencuci barang-barang pecah belah, membersihkan kamar mandi dengan memakai pembersih berbahan kimia, membersihkan karpet atau sofa dengan mesin penyedot debu, membersihkan kotoran hewan, menyetrika pakaian, dan memilah sampah.

  • Nah, kini Anda dapat mengajak anak melakukan hal-hal yang aman untuknya. Mau tahu caranya agar pekerjaan beres-beres rumah lebih menyenangkan lagi? Inilah tipsnya:

  • 1. Jadikanlah permainan atau lomba

  • Misal siapa yang lebih cepat dan paling banyak melipat pakaian, dialah yang menang. Atau suit, dan yang kalah harus membereskan mainan. Atau siapa yang dapat merapikan kamar dengan cepat maka akan mendapat nilai paling baik. Anda juga bisa melepas hiasan magnet di pintu lemari es, setelah itu mengelap dan menempelkan kembali hiasan tersebut sesuai keinginan. Biasanya anak-anak lebih suka mengutak-atik hiasan di lemari es.

  • 2. Berikan hadiah di akhir bulan

  • Pada akhir bulan, saat mereka membersihkan kamarnya, beri kejutan dengan meletakkan bingkisan cantik atau beberapa snack yang mereka sukai di beberapa titik tersembunyi namun mudah mereka temukan. Mungkin bisa juga Anda buat tabel skor, siapa yang memiliki nilai atau bintang paling banyak maka akan mendapatkan kado yang mereka suka.

  • Nah, kini mungkin Anda bertanya-tanya sebenarnya apa sih nilai positif mengajak anak-anak membereskan rumah? Pertama, anak akan mengetahui pujian hanya akan datang saat dia melakukan sesuatu yang benar. Lalu, dengan membuat kegiatan ini sebagai permainan, daya saing anak serta rasa tanggung jawabnya akan terasah. Kegiatan ini juga melatih kecermatan dan menambah daya ingatnya, menambah kepedulian anak terhadap kebersihan, dan menumbuhkan sikap saling menghargai sesama.

  • Advertisement
  • Banyak sekali hal-hal yang didapat dari menghadirkan peran anak untuk ikut andil dalam menjaga kebersihan lingkungan. Sebelum anak mengenal dunia luar, para orangtua sebaiknya berusaha memberikan bekal dari dalam rumah. Tingkah laku anak di luar merupakan cerminan dari didikan orangtua, maka bentuk kepribadian anak dengan sebaik-baiknya sebab di situlah letak keberhasilan orangtua dalam membesarkan sang buah hati.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Hadirkan peran anak dalam mengerjakan tugas rumah tangga

Banyak sekali hal yang didapat dari mengajarkan anak untuk ikut andil dalam menjaga kebersihan lingkungan. Sebelum anak mengenal dunia luar, para orangtua berusahalah untuk memberikan didikan dari dalam rumah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr