Apa yang dapat Anda lakukan sesudah pensiun?

Di Indonesia, usia pensiun dapat dikatakan terlalu awal, mungkin agar generasi muda berpeluang mendapat pekerjaan. Jika Anda sudah mencapai usia pensiun, apa yang dapat Anda kerjakan?

597 views   |   0 shares
  • Di Indonesia, usia pensiun dapat dikatakan terlalu awal, mungkin agar generasi muda berpeluang mendapat pekerjaan. Jika Anda sudah mencapai usia pensiun, apa yang dapat Anda kerjakan? Masih adakah pekerjaan yang bermanfaat untuk mengisi waktu dan bila perlu bahkan menambah pemasukan Anda?

  • Pada usia 70-an, Ronald Reagan menjadi presiden Amerika yang ke-40. Di masa mudanya dia adalah bintang Hollywood terkenal. Seiring dengan bertambahnya usia, tawaran bermain film tentu berkurang. Reagan memilih berkecimpung di dunia politik dan berhasil diangkat menjadi gubernur California. Pada pemilihan presiden AS di tahun 1980, dia mencalonkan diri dan memenangkan kampanye. Dia terpilih untuk kedua kalinya di tahun 1984.

  • Manula tidak perlu berhenti berkarya pada usia pensiun. Banyak yang dapat dikerjakan. Tantangan untuk tetap giat memicu gairah hidup serta meningkatkan kesehatan Anda. Bayangkan kalau setiap bangun pagi Anda tidak tahu apa yang akan Anda lakukan selain menghirup kopi dan nonton TV. Betapa membosankannya hidup ini! Mungkin Anda tidak punya latar belakang untuk menjadi presiden, tetapi masih banyak hal berguna yang dapat Anda kerjakan sebagai manula, salah satunya menjadi relawan. Di bawah ini ada beberapa saran untuk memicu daya kreativitas Anda.

  • Penerjemah

  • Bila Anda menguasai bahasa asing, Anda dapat menjadi penerjemah. Banyak dokumen yang memerlukan terjemahan resmi. Anda mungkin dapat mengambil kursus dan tes untuk memperoleh gelar penerjemah yang disumpah. Semua ini tidak memerlukan banyak waktu maupun biaya. Anda juga dapat membuka kursus bahasa asing yang Anda kuasai.

  • Pengajar

  • Apa pun minat atau keahlian Anda, pasti berguna untuk orang lain. Misalnya Anda sejak dulu berminat pada bidang masak namun karena sibuk bekerja Anda tidak pernah menekuninya. Sekaranglah saatnya Anda memiliki banyak waktu untuk itu. Pada pertemuan di lingkungan antar RT atau RW, di tempat ibadah atau arisan, Anda dapat memrakarsai kursus memasak. Jika keahlian Anda di bidang menjahit atau pekerjaan tangan lainnya Anda dapat mengajarkan keterampilan ini.

  • Perawat

  • Banyak manula sehat yang masih sanggup mengurus orang sakit. Walau mungkin bukan sebagai perawat resmi, Anda dapat menjadi relawan di rumah sakit. Ada tempat ibadah yang menganjurkan anggotanya melakukan kunjungan ke rumah sakit seminggu sekali. Tugas mereka adalah menghibur si sakit, memberi dorongan hidup dan menguatkan iman kepada Tuhan. Orang sakit tidak hanya membutuhkan obat-obatan untuk raganya tetapi juga kasih sayang untuk jiwanya.

  • Advertisement
  • Pengurus anak

  • Tentu saja di antara begitu banyak pekerjaan, yang satu ini tidak boleh diabaikan. Menantu Anda mungkin sibuk bekerja karena tuntutan ekonomi. Anda dapat mengurus cucu-cucu Anda selagi mereka tidak di rumah. Tidak ada pengurus anak yang lebih baik daripada kakek nenek sendiri. Selain menjaga keselamatan mereka, kakek nenek mampu mengajarkan budi pekerti dan hal-hal lain yang berguna bagi anak-anak itu. Bila cucu Anda tinggal di luar kota, Anda dapat menjadi kakek atau nenek angkat bagi anak tetangga.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Apa yang dapat Anda lakukan sesudah pensiun?

Di Indonesia, usia pensiun dapat dikatakan terlalu awal, mungkin agar generasi muda berpeluang mendapat pekerjaan. Jika Anda sudah mencapai usia pensiun, apa yang dapat Anda kerjakan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr