Cara ampuh menghentikan kebiasaan mengompol si kecil

Apakah Anda salah satu dari sekian banyak ibu yang memiliki anak di atas usia 6 tahun yang masih saja mengompol ? Ayo bantu anak menghentikan kebiasan buruk tersebut dengan melakukan beberapa cara sederhana ini.

2,893 views   |   3 shares
  • Seorang bayi yang baru lahir memang memiliki kebiasaan mengompol, namun setelah beranjak pada usia di atas 6 tahun, ternyata mengompol bisa menjadi suatu kebiasaan yang sangat mengganggu. Dan jika kebiasaan ini tidak dihentikan, akan berdampak negatif bagi tumbuh kembang anak di masa depan. Ayo bantu anak menghentikan kebiasan buruk tersebut, dengan melakukan beberapa cara sederhana berikut ini.

  • Buang air kecil sebelum tidur

  • Terapkan kebiasaan buang air kecil sebelum tidur di malam hari secara rutin. Buatlah peraturan yang tegas untuk anak Anda, sehingga dapat menimbulkan kesan bahwa peraturan ini adalah peraturan yang harus dipatuhi. Agar si kecil tidak memiliki alasan untuk tidak melakukan peraturan tersebut dan menjadi disiplin. Latihlah si kecil sejak dini untuk ke kamar mandi untuk buang air kecil menjelang tidur. Dengan melakukan ini diharapkan kandung kemih si kecil akan kosong sehingga kemungkinan besar dapat mencegah si kecil untuk mengompol.

  • Menjaga asupan air yang masuk pada tubuh si kecil dan mengurangi minum di malam hari

  • Cara mengatasi masalah mengompol pada anak juga bisa dilakukan dengan cara memperhatikan asupan cairan yang cukup pada anak. Normalnya, asupan cairan yang dibutuhkan anak yaitu sekitar 5-6 gelas besar perhari, serta hindari memberikan anak minuman yang mengandung kafein, ataupun minuman bersoda, karena semuanya bersifat diuretik. Dan pada malam hari upayakan untuk tidak memberikan minum yang banyak pada si kecil, terutama saat menjelang waktu tidurnya.

  • Jangan pakaikan popok

  • Banyak orang tua berpikir, jika anak memiliki kebiasaan mengompol, mengatasinya dengan cara memberikan popok. Padahal cara ini salah. Dengan memberikan popok pada si kecil, ini sama saja Anda membiarkan si kecil untuk buang air di celana atau kasur. Dan kebiasaan ini hanya akan membuatnya tidak sadar untuk berubah. Berikan si kecil tanggung jawab yang besar untuk berperan aktif mengatasi masalah mengompolnya. Misalnya, jika dia mengompol ajar dia atau libatkan dia untuk bertanggung jawab dengan menjemur kasur atau membersihkan kasurnya. Dengan begitu, ini juga dapat membantunya untuk berusaha tidak mengompol.

  • Hindari stres

  • Salah satu penyebab ngompol pada seseorang adalah karena stres atau mengalami kegelisahan. Untuk itu, hindari anak akan hal yang satu ini. Apalagi ketika dia ngompol, Anda selalu marah padanya, ini hanya akan membuatnya semakin tertekan. Sebaliknya, berikan dia pengertian secara lembut, dan katakan padanya untuk tidak usah sungkan membangunkan Anda, ketika dia membutuhkan teman untuk ke kamar mandi pada tengah malam. Bilang juga pada si kecil bahwa Anda menginginkan dia untuk tidak ngompol bukan karena Anda marah, tetapi untuk kebaikannya.

  • Advertisement
  • Ciptakan kondisi yang nyaman saat tidur

  • Selain menghindari stres pada si kecil, cara lain untuk membantu si kecil agar tidak ngompol adalah dengan menciptakan kondisi yang nyaman untuk si kecil tidur. Misalnya, dengan memutarkan lagu tidur untuknya, nyalakan lampu tidur untuk si kecil, aturlah suhu kamar yang pas untuk si kecil, nyalakan lampu kamar mandi agar si kecil tidak takut untuk ke kamar mandi di tengah malam, dan sebagainya. Ciptakan kondisi kamar yang nyaman dan aman baginya.

  • Ke psikiater

  • Jika anak Anda di atas umur 8 tahun dan masih ngompol, berarti dia sudah mengalami masalah yang cukup serius. Untuk itu, jangan ragu mencari bantuan profesional untuk mengatasi kebiasaan mengompolnya ini. Anda dapat meminta bantuan psikiater karena masalah ini berhubungan dengan psikologis anak.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Cara ampuh menghentikan kebiasaan mengompol si kecil

Apakah Anda salah satu dari sekian banyak ibu yang memiliki anak di atas usia 6 tahun yang masih saja mengompol ? Ayo bantu anak menghentikan kebiasan buruk tersebut dengan melakukan beberapa cara sederhana ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr