Tunaikan kewajiban ibadah Anda dengan berkurban tepat sasaran

Lebaran Haji atau sering disebut Idul Adha sudah di depan mata. Bagaimanakah sebaiknya hati dan sikap kita ketika menunaikan ibadah dengan berkurban?

224 views   |   1 shares
  • Lebaran Haji memang dijalankan dengan beribadah lewat kurban. Karena itu, jangan heran menjelang hari raya kurban, Anda akan melihat banyak hewan kurban yang mangkal di pinggir jalan di daerah-daerah penjualan hewan kurban.

  • Apa arti kurban itu?

  • Kurban sendiri merupakan bukti persembahan Anda kepada Allah dengan menyembelih hewan kurban yang sesuai dengan kemampuan Anda. Hewan kurban yang biasa menjadi kurban adalah kambing, domba, sapi atau kerbau. Untuk mempersiapkan ibadah kurban tersebut, Anda harus mempersiapkan jauh-jauh hari untuk memilih hewan kurban yang terbaik. Kurban yang terbaik bukan dilihat dari mahal atau banyaknya jumlah hewan kurban yang Anda berikan. Tetapi harus memenuhi syarat kurban seperti : merupakan hewan ternak, berusia cukup, tidak cacat, dan tidak sakit.

  • Apa tujuan Anda berkurban?

  • Ibadah kurban wajib ditunaikan bagi setiap umat yang memang mampu atau sudah mampu. Selain mempunyai makna bukti persembahan Anda kepada Allah atau bukti hubungan spiritual Anda kepada Sang Pencipta, tujuan pelaksanaan kurban lainnya adalah sebagai sarana untuk menjalin hubungan silaturahmi, menanamkan rasa kepedulian sosial Anda kepada kaum duafa dengan berbagi rezeki berupa pembagian daging kurban.

  • Bagaimana penyaluran kurban yang tepat?

  • Jika Anda cermati fenomena pembagian atau penyaluran daging kurban yang terjadi di lingkungan tempat tinggal Anda, mungkin masih saja ada salah sasaran sehingga tidak memberikan manfaat yang tepat kepada kaum yang seharusnya menjadi penerima daging kurban. Apalagi bagi Anda yang tinggal di perkotaan, umat Muslim yang tinggal diperkotaan tentu akan lebih banyak melakukan kurban, terus bagaimana dengan daerah-daerah pelosok yang penduduknya masih belum mampu untuk berkurban? Yang terjadi justru adanya penumpukan kurban di kota sedangkan di daerah-daerah pelosok minim orang untuk berkurban, sehingga di saat Idul Adha mereka yang tinggal di daerah-daerah pelosok tidak dapat merasakan nikmat daging kurban yang merupakan hak kaum duafa atau orang yang membutuhkan.

  • Langkap apa saja yang Anda dapat lakukan untuk berkurban?

  • Ada baiknya jika Anda hendak melaksanakan ibadah kurban tahun ini, optimalkanlah penyaluran daging kurban secara lebih efektif sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih luas dan tepat sasaran. Jangan biarkan kurban Anda menumpuk pada satu tempat saja. Mari bersama PKPU menyulurkan hewan kurban dari daerah yang berkecukupan ke daerah yang memang membutuhkan, agar penyebaran atau pembagian daging kurban tersebar merata ke seluruh daerah sekitar tempat tinggal Anda.

  • Advertisement
  • Lakukan hal ini sebelum Anda berkurban!

  • Tidak semua orang yang mampu atau berkecukupan secara materi, fisik dan ekonomi dapat menunaikan ibadah kurban. Seseorang yang dapat melaksanakan ibadah kurban hendaknya banyak bersyukur karena ia masih diberi kesempatan dan kemudahan untuk menjalankan kewajiban ibadahnya. Lakukan semuanya dengan ikhlas, agar amal ibadah Anda dapat berkenan di hadapan Allah. Jangan biarkan rasa bangga atau kesombongan melandasi Anda dalam berkurban. Lakukanlah semata-mata hanya untuk beribadah sesuai ajaran yang ditetapkan oleh agama. Jangan mengharapkan penghargaan atau pujian dari orang lain dikarenakan Anda bisa berkurban.

  • Selamat menunaikan Hari Raya Idul Adha dan selamat berkurban!

Baca, hidupkan, bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Tunaikan kewajiban ibadah Anda dengan berkurban tepat sasaran

Lebaran Haji atau sering disebut Idul Adha sudah di depan mata. Bagaimanakah sebaiknya hati dan sikap kita ketika menunaikan ibadah dengan berkurban?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr