Begini caranya membuat si kecil mendengarkan Anda

Sebagai orangtua, kita dituntut untuk dapat menyampaikan sesuatu pada anak dengan cara yang baik.Lalu bagaimana ketika anak Anda adalah tipe anak yang sulit mendengarkan dan melawan Anda?

6,570 views   |   25 shares
  • Dalam mendidik anak menjadi sesuai dengan yang kita inginkan tidaklah mudah. Perlu kesabaran yang besar untuk membuat anak kita menjadi anak yang baik dan dapat dibanggakan. Dalam masa pertumbuhannya, terutama pada usia belia sekitar umur 4-12 tahun, adalah masa-masa di mana kita sebagai orangtua perlu membekali anak dengan pemahaman mana yang baik dan tidak. Dalam memberi tahu anak akan hal-hal tersebut, Anda tentu membutuhkan trik tersendiri. Karena jika tidak, anak bisa saja menjadi tidak mau mendengarkan dan tidak memahami apa yang Anda ajarkan pada mereka. Berikut cara-cara ampuh membuat si kecil mendengarkan Anda.

  • Hindari memberi perintah berulang-ulang

  • Tidak ada manfaatnya memberi perintah kepada anak berulang-ulang. Ini hanya akan membuat si kecil semakin tidak mendengarkan Anda. Cukup sekali Anda tegaskan kalimat Anda, hingga dapat membuatnya mengangguk dan menjalankan perintah Anda.

  • Menggunakan kata-kata manis

  • Ketika hendak memberikan perintah kepada si kecil, siasatilah dengan menggunakan kata-kata yang menyenangkan dan membuatnya suka rela melakukannya, misalnya, "Anakku yang ganteng atau cantik, tolong jangan melakukan itu", "adek, anak pintar tidak boleh.....", "anak baik, mestinya begini....." dan sebagainya. Dengan menggunakan kata-kata yang manis, si kecil akan lebih luluh dan tergerak hatinya untuk menuruti perintah Anda.

  • Beri imbalan

  • Semua oran tentu sangat menyukai imbalan, dan anak kecil pun begitu. Jika anak Anda bersikap manis, dan mematuhi Anda, bilang padanya, Anda akan memberikannya imbalan atas sikap manis tersebut. Misalnya, jika dia patuh untuk belajar dengan rajin hingga mendapatkan nilai yang baik, tidak ada salahnya jika Anda memberikan dia imbalan berupa hadiah.

  • Tegaslah jika dia salah

  • Jangan jadi orangtua yang lemah di mata anak-anak Anda. Ini hanya akan membuat anak menjadi tidak hormat dan memanfaatkan Anda sebagai orangtuanya. Setiap orangtua pasti selalu ingin yang terbaik bagi anak-anaknya, dan tidak ingin menyakiti perasaan anaknya tapi bukan berarti Anda menjadi lemah dan tidak tegas terhadapnya. Apalagi ketika dia melakukan kesalahan. Tegaslah saat si kecil melakukan kesalahan. Tekankan pada dia jika dia mengulanginnya dia akan menerima konsukuensi yang dapat merugikannya. Dengan tegas, si kecil akan lebih mendengarkan Anda dan menghindari melakukan kesalahan yang sama.

  • Mendengarkan si kecil ketika berbicara

  • Jika Anda ingin didengarkan, alangkah baiknya bila Anda sebagai orangtua juga mau mendengarkan anak ketika dia berbicara. Dengan begitu, anak akan lebih merasa dihargai dan akan menjadi menghargai Anda pula. Sebaliknya, jika Anda tidak mau mendengar anak Anda, anak juga akan menjadi sulit untuk mendengarkan Anda.

  • Advertisement
  • Jangan berjanji palsu

  • Ucapan yang Anda janjikan pada anak akan membuat dia termotivasi untuk mendengarkan dan melakukan yang Anda kehendaki. Tetapi, jika Anda sekali saja tidak menepati janji Anda, anak akan menjadi kecewa dan akibatnya membuatnya sulit untuk mempercayai Anda. Ketika hal ini terjadi, anak akan susah untuk percaya dan mendengarkan kata-kata Anda.

  • Jangan memanjakannya

  • Memanjakan anak apalagi jika berlebihan, hanya akan memberikan dampak negatif bagi perkembangan anak. Pada umumnya, anak yang terlalu dimanjakan orangtuanya sangat egois dan hanya ingin selalu didengarkan tetapi tidak mau mendengarkan. Ini karena orangtuanya selalu menuruti perintah sang anak sehingga anak menjadi kurang hormat terhadap orangtua. Jika Anda ingin anak Anda mendengarkan Anda, jangan pernah membiasakannya memanjakannya, tetapi biasakanlah dia untuk hidup mandiri dan patuh terhadap orang tua.

Bantu kami menyebarkan

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Begini caranya membuat si kecil mendengarkan Anda

Sebagai orangtua, kita dituntut untuk dapat menyampaikan sesuatu pada anak dengan cara yang baik.Lalu bagaimana ketika anak Anda adalah tipe anak yang sulit mendengarkan dan melawan Anda?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr