Kebersihan mobil = cermin kepribadian Anda

Mobil mungkin merupakan investasi terbesar kedua setelah rumah. Penampilan mobil kita kadang-kadang merupakan ciri khas kepribadian seseorang.

1,302 views   |   2 shares
  • Mobil mungkin merupakan investasi terbesar kedua setelah rumah. Penampilan mobil kita kadang-kadang merupakan ciri khas kepribadian seseorang. Orang yang mengendarai mobil yang kusam dan kotor, kemungkinan memiliki kepribadian yang tidak terlalu peduli dengan penampilan, atau mungkin seseorang yang malas, atau hanya karena tidak tahu bagaimana mencuci mobilnya.

  • Kita sering mencuci mobil sendiri. Memang mudah membawa mobil ke tempat cuci mobil, ada yang otomatis kalau mau cepat, ada yang masih menggunakan tenaga manusia, ada yang sekaligus memoles detail mobil, tetapi seringkali mahal. Kalau mencuci sendiri di hari-hari libur atau akhir pekan, seringkali membutuhkan waktu lama sekali (berjam-jam) dan hasilnya tidak memuaskan. Itulah sebabnya kadang-kadang kita malas melakukannya.

  • Cat mobil adalah bagian garis depan kendaraan kita. Dia melawan gesekan angin, benturan debu halus, air, kadang-kadang batu kerikil kecil dan embun di malam hari dan UV matahari di siang yang terik. Itulah sebabnya, cat mobil kita sering terlihat buram dan tidak mengkilat lagi. Langkah pertama dan sederhana untuk membuatnya kembali mengkilat adalah mencuci mobil dengan formula yang tepat.

  • Cara mencuci mobil yang benar adalah sebagai berikut:

    • Tempatkan mobil di tempat yang teduh. Jangan terkena sinar matahari langsung. Betapapun bersihnya air yang kita gunakan, kecuali menggunakan filter untuk menyaring kandungan mineral dalam air, maka mineral air tersebut akan meninggalkan bercak-bercak putih di atas cat mobil, terutama bila warna cat mobil Anda hitam, maka bercak-bercak tersebut akan terlihat sangat jelek.

    • Dengan menggunakan selang air, basahi atau semprot permukaan cat mobil Anda dengan air bersih. Langkah menyiramkan air adalah dari atas atau atap, kemudian turun ke arah kaca-kaca jendela mobil dan kaca depan, selanjutnya baru seluruh sisa badannya.

    • Bila ingin menggunakan sabun untuk menghilangkan kotoran dan lemak yang menempel, selalu gunakan formula khusus untuk cat mobil. Jangan sekali-kali menggunakan detergent pencuci pakaian atau peralatan dapur, karena detergent semacam itu akan membuat warna cat mobil lambat laun menjadi kusam. Gosok dengan menggunakan handuk mandi (jangan menggunakan busa) mulai dari atap mobil terus perlahan-lahan turun kebagian-bagian tubuh mobil. Jangan terlalu lama sehingga permukaan yang terkena sabun tersebut kering, karena bekas sabun itu juga akan meninggalkan bercak-bercak.

    • Bila cuaca sangat panas, atau menyadari kecepatan kerja akan lambat mungkin karena mobil sangat tinggi seperti sebuah mini van, maka hendaknya dibagi menjadi beberapa bagian. Bagian atap disabun, kemudian dibilas dengan air. Selesai bagian atap, maka seluruh kaca mobil disabun, dan dibilas dengan air, selanjutnya bagian tutup mesin, bagasi, dan pintu-pintu mobil. Selesai disabun, maka mobil segera dibilas dengan dari atap hingga seluruh bagian mobil.

    • Segera keringkan dengan menggunakan handuk mandi dengan langkah yang sama, mulai dari atas turun ke bawah. Handuk yang digunakan untuk mengeringkan roda-roda harus tersendiri atau lakukan paling akhir sebelum handuk tersebut dicuci, karena roda mobil adalah bagian yang paling kotor. Kalau dilakukan lebih dahulu, dikhawatirkan kotoran dan "gemuk" yang terbawa oleh roda akan pindah ke tubuh mobil.

    • Selain tubuh mobil yang dikeringkan jangan lupa mengeringkan celah-celah di sekitar pintu mobil, tutup bagasi, celah-celah di antara karet penahan air hujan pada pintu dan tutup bagasi, tutup bensin, dan tutup mesin. Seringkali air dan debu bersembunyi di situ sehingga menyebabkan karat dalam jangka panjang.

    • Melalui latihan setiap seminggu sekali, maka cara mencuci demikian tidak akan lebih lama dari sejam dan cat mobil Anda akan terlihat cerah dan mengkilat selalu.

    • Bila baru pulang dari perjalanan, terutama bila melewati daerah yang banyak lumpur karena hujan dan sebab lain, sebaiknya dibawa ke tempat mencuci mobil yang menggunakan kompresi air sehingga lumpur yang menempel di bagian kolong mobil dapat di bersihkan.

    • Bawahlah ke tempat cuci mobil secara berkala, untuk pemakaian normal 3 bulan sekali untuk membersihkan kolong mobil.

    • Tentu saja jangan lupa membersihkan bagian dalam mobil. Sampah-sampah, potongan kertas, plastik pembungkus permen atau kue, dan sebagainya, hendaknya dibuang. Debu-debu halus yang menempel pada karpet, hendaknya dibersihkan dengan menggunakan penyedot debu (vacuum cleaner). Dengan demikian, bukan saja penampilan mobil Anda terlihat bagus dari luar, juga nikmat dikendarai, karena bau apek dari ventilasi AC dapat berkurang.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Sebagai penulis, Effian sangat terinspirasi dengan karya-karya John Grisham, Michael Creighton, David Baldacci, James Patterson dan Dan Brown. Kegiatan favoritnya selain menulis adalah memasak dan melukis.

Kebersihan mobil = cermin kepribadian Anda

Mobil mungkin merupakan investasi terbesar kedua setelah rumah. Penampilan mobil kita kadang-kadang merupakan ciri khas kepribadian seseorang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr