Inikah arti cinta bagi Anda?

Pada akhirnya cinta itu sulit dituangkan dalam kata-kata. Cinta lebih bermakna bila dilakukan, bahkan untuk tindakan yang kecil sekalipun.

4,587 views   |   15 shares
  • Saking begitu pentingnya peran cinta dalam peradaban manusia, seorang ahli filsafat terkenal dari China, Lao Tzu mengatakan, 'Merasa benar-benar dicintai memberikan kekuatan, sedangkan mencintai seseorang memberikan semangat'. Namun apakah semua orang setuju dengan pernyataan itu? Tentu tidak seluruhnya. Setiap orang mengartikan cinta berbeda-beda. Di bawah ini 6 arti cinta yang menempati urutan paling atas.

  • 1.Cinta itu tidak tergesa-gesa

  • Perjalanan cinta seharusnya berjalan perlahan tapi pasti. Berikan waktu yang cukup bagi masing-masing pihak untuk mengetahui apa yang disukai dan tidak. Acapkali ada saja kebiasaan dari satu pihak tidak disukai oleh pihak lain, bahkan cukup menggangu. Nah, bila hal-hal tersebut terungkap, akankah masih ada kemauan untuk melanjutkan hubungan? Jangan sampai setelah komitmen dibuat, timbul masalah yang sejatinya sudah tahu dari awalnya maka penyelesaiannya bisa jadi bikin pusing kepala.

  • 2. Cinta itu tidak cemburu

  • Bila cinta sejati memang ada, maka tidak ada ruang untuk cemburu dan pengekangan. Sadarilah bahwa sebelum Anda berdua saling bertemu sudah banyak orang yang masing-masing ketemu, tetapi belum menemukan kecocokkan, itulah sebabnya dia bersama Anda sekarang. Banyak dari mereka menjadi teman baiknya. Membatasi hubungan dengan kawan-kawan lamanya hanya akan membuat gaduh hubungan Anda. Sudah tentu, bila hubungan Anda sudah serius dan menuju ke jenjang rumah tangga, fokusnya hanya Anda berdua.

  • 3. Cinta itu memaafkan

  • Menyadari bahwa Anda berdua 'berbeda' dalam banyak hal, walaupun di awal persahabatan sudah merasa cocok dan menerima segala kekurangan dan kelebihan, akan ada kejengkelan dalam perjalanan asmara. Nah, seorang pakar perkawinan memberi nasihat agar pasangan memaafkan dan melupakan. Keduanya harus berjalan bersama, barulah cinta akan terus mekar di dalam dada.

  • 4. Cinta itu tidak menuntut

  • Salah satu kesalahan terbesar yang memporak-porandakan hubungan asmara adalah tuntutan pihak yang satu agar pihak lain melakukan apa yang dipikirkan dan dimauinya. Hubungan asmara dua insan bukanlah ajang untuk tuntut menuntut. Perlu untuk memberikan toleransi adanya perbedaan dan sekaligus menghormatinya. Jangan pernah mencoba mengubah pasangan menjadi seperti Anda. Selain membahayakan, hal ini hanya akan menurunkan perasaan cinta. Sebaliknya, sewaktu Anda berusaha menyesuaikan diri, kedekatan itu akan terus meningkat dan lambat laun memperkecil perbedaan yang ada.

  • Advertisement
  • 5. Cinta itu saling melindungi

  • Setiap pribadi termasuk Anda menginginkan 'privacy', artinya menjaga agar kehidupan pribadi tetap terlindungi dari pihak 'luar'. Di era social media yang menjamur, perlu kehati-hatian dan bisa memilah-milah mana yang pantas di posting dan mana yang perlu dijaga kerahasiannya. Pada kenyataannya, sering ditemukan di facebook saling comment antara suami dan istri untuk masalah yang harusnya pribadi dan diselesaikan berdua tanpa harus membuka di media sosial yang bisa dibaca ratusan teman.

  • 6. Cinta itu bersama dalam perbedaan

  • Anda yang sedang jatuh cinta, pastinya tidak dapat lepas dari berbeda pendapat dalam beberapa hal. Belajarlah untuk memberikan kesempatan si dia mengutarakan pendapatnya. Bila menurut Anda itu salah, jelaskan alasannya. Hindari cara berkomunikasi 'pokoknya', karena hal ini hanya akan memperuncing perbedaan.

  • Pada akhirnya cinta itu sulit dituangkan dalam kata-kata. Cinta lebih bermakna bila dilakukan, bahkan untuk tindakan yang kecil sekalipun. Cinta memang tidak bisa menghapus perbedaan. Cinta sejati mendorong pasangan mencapai impiannya dan saling menghargai adalah tanda cinta yang sebenarnya.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Inikah arti cinta bagi Anda?

Pada akhirnya cinta itu sulit dituangkan dalam kata-kata. Cinta lebih bermakna bila dilakukan, bahkan untuk tindakan yang kecil sekalipun.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr