6 hal yang perlu dipersiapkan menjelang waktu melahirkan

Detik-detik menjelang kelahiran sang buah hati, tentunya akan membuat perasaan setiap orangtua terlebih lagi setiap calon ibu menjadi sedikit mencemaskan dan menegangkan. Moment tersebut memang merupakan moment yang paling dinantikan kedatangannya.

2,727 views   |   9 shares
  • Detik-detik menjelang kelahiran sang buah hati tercinta, tentunya akan membuat perasaan setiap orang tua terlebih lagi setiap calon ibu menjadi sedikit mencemaskan dan menegangkan. Momen tersebut memang merupakan momen yang paling dinantikan kedatangannya. Bayangkan saja, penantian selama kurang lebih 9 bulan 10 hari akan terbayarkan dengan satu hari proses melahirkan. Apalagi bagi calon ibu yang baru pertama kali melahirkan. Kecemasannya akan melebihi ibu-ibu lain yang pernah mengalami proses persalinan. Berikut adalah 6 hal persiapan melahirkan :

  • 1.Prediksi waktu bayi akan lahir

  • Mengetahui tanggal perkiraan bayi akan lahir atau tanggal perkiraan persalinan sangat penting untuk ibu ketahui, agar ibu dan suami bisa berjaga-jaga dan bersiap-siap jika suatu waktu tanda-tanda ibu akan melahirkan telah terlihat. Mengetahui tanggal perkiraan bayi akan lahir, juga penting untuk mengetahui umur bayi dalam kandungan. Tanyakan pada dokter atau bidan yang menangani kehamilan ibu. Selalu dianjurkan suami atau keluarga untuk senantiasa mendampingi ibu saat memeriksa kandungannya.

  • 2.Rencana tempat untuk melahirkan

  • Konsultasikan kepada suami dan keluarga untuk menentukan di mana nantinya ibu akan melahirkan. Ibu bisa memilih untuk melahirkan di puskesmas, rumah sakit atau rumah bersalin. Semua juga tergantung pada kondisi ibu dan bayi. Di manapun ibu hendak merencanakan akan melahirkan, konsultasikan juga kepada bidan atau dokter yang menangani kehamilan ibu. Baik puskesmas, rumah sakit ataupun rumah bersalin akan memberikan pelayanan yang sama sesuai dengan fasilitas pelayanan kesehatan yang dimilikinya. Semuanya akan membantu ibu agar bisa melahirkan dengan selamat.

  • 3.Siapkan tabungan

  • Jangan lupa untuk menyiapkan dana tambahan selain tabungan, jika sewaktu-waktu karena keadaan yang tidak memungkinkan, sehingga ibu diharuskan untuk melahirkan melalui proses operasi. Besar kecilnya biaya biasanya ditentukan oleh seberapa besar atau kecilnya fasilitas pelayanan kesehatan yang ibu nikmati. Misalnya, jika ibu merencanakan akan melahirkan di rumah sakit dibantu oleh dokter, tentu biaya yang keluarkan akan lebih besar dibanding dengan ibu yang melahirkan di puskesmas dibantu oleh bidan.

  • 4.Siapkan kendaraan

  • Menjelang hari persalinan, sebaiknya suami dan keluarga menyiapkan kendaraan (mobil) jika sewaktu-waktu diperlukan. Karena ibu bisa sewaktu-waktu melahirkan. Untuk itu kendaraan harus senantiasa siap di rumah. Jika memang ibu dan suami tidak mempunyai kendaraan, mintalah pertolongan kepada keluarga, kerabat atau tetangga terdekat.

  • Advertisement
  • 5.Siapkan pendonor darah

  • Karena ibu yang melahirkan kemungkinan besar akan mengalami kekurangan darah yang cukup banyak. Pendarahan yang banyak setelah melahirkan akan terjadi, jika kondisi ibu sangat lemah, ibu sangat memerlukan donor darah. Ada baiknya, suami, keluarga, atau petugas kesehatan menyiapkan orang yang bersedia menjadi pendonor darah jika sewaktu-waktu diperlukan oleh ibu.

  • 6.Siapkan perlengkapan sang bayi

  • Bayi baru lahir membutuhkan popok dan baju untuk menghangatkan tubuhnya. Jangan lupa mempersiapkan kaos tangan, kaos kaki, selimut, handuk, sarung, dot, perlengkapan mandi dan perlengkapan bayi lainnya.

  • Persiapkan segala sesuatu yang memang dibutuhkan menjelang ibu melahirkan secara matang agar persalinannya berjalan lancar dan selamat berbahagia menantikan kehadiran sang bayi.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

6 hal yang perlu dipersiapkan menjelang waktu melahirkan

Detik-detik menjelang kelahiran sang buah hati, tentunya akan membuat perasaan setiap orangtua terlebih lagi setiap calon ibu menjadi sedikit mencemaskan dan menegangkan. Moment tersebut memang merupakan moment yang paling dinantikan kedatangannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr