Takut anak remaja Anda pacaran backstreet? Lakukan hal-hal ini!

Anak remaja Anda pacaran? Tidak masalah! Anda hanya perlu mendampingi dan membimbing mereka melewati proses ini, hingga mereka dewasa dan menikah nantinya.Jangan menjadi orangtua yang kolot di zaman modern ini.

4,933 views   |   12 shares
  • Masa remaja adalah masa di mana anak-anak mengalami perubahan yang sangat besar. Pada masa remaja, anak-anak mulai mengalami perubahan bentuk tubuh, perubahan hormon, perubahan prilaku dan pola pikir yang mulai sedikit dewasa. Bahkan pada masa remaja, anak-anak mulai mengalami ketertarikkan pada lawan jenisnya. Sudah banyak saat ini anak remaja yang mulai berkencan atau berpacaran sejak menduduki kelas di sekolah menengah pertama. Di budaya kita, penilaian terhadap anak remaja yang berpacaran itu tidaklah baik, sehingga tidak heran banyak orangtua menentang anak-anak remaja mereka untuk berpacaran di usia belia seperti ini. Tetapi nyatanya, anak-anak sekarang, sudah semakin cepat dewasa dan mengerti yang namanya pacaran. Sehingga semakin mereka ditentang, ini hanya akan membuat mereka semakin penasaran untuk mencobanya, alhasil mereka menjadi memilih pacaranbeckstreetatau bersembunyi-sembunyi pacaran di belakang orangtua mereka. Tentunya Anda tidak ingin anak Anda seperti ini bukan? Akan terjadi banyak dampak negatif jika hal itu terjadi. Untuk itu, lakukan beberapa hal berikut ini.

  • 1. Buat mereka terbuka

  • Sebagai orangtua, cukup sulit untuk mendapatkan kepercayaan anak, terutama anak remaja Anda. Untuk itu, jadilah orangtua yang bisa dipercaya bukan orangtua yang ditakuti anaknya. Karena anak hanya akan menjadi semakin jauh dari Anda dan tidak akan terbuka dengan Anda. Dengan membuat anak terbuka pada Anda, Anda tentunya akan selalu tahu hal-hal apa yang terjadi padanya bukan?.

  • 2. Jangan pernah melarang mereka untuk dekat dengan lawan jenis

  • Di usia remaja, wajar saja jika mereka mengalami masa puber. Untuk itu, wajar juga kalau mereka mulai menyukai lawan jenis. Jangan pernah melarang mereka untuk menyukai lawan jenisnya, tetapi arahkan mereka bagaimana cara memilih lawan jenis yang baik, dan berkencan atau pacaran sesuai dengan norma-norma dalam agama.

  • 3. Pancing mereka dengan obrolan

  • Jika anak remaja Anda sudah mulai terlihat kasmaran, selalu ceria dan selalu senyum-senyum sendiri, itu mungkin pertanda dia mulai menyukai seseorang. Jangan ragu untuk mencari tahu perasaan yang sedang dialaminya, dengan cara memancing mereka dengan obrolan yang menjuru pada hal tersebut. Misalnya, dengan mengatakan, " wah, ada yang sedang kasmaran nih?", "ganteng atau cantik tidak orangnya?" atau, "orangnya gimana? Baik kan?". Anak Anda pasti akan terpancing untuk menjawab pertanyaan Anda dan menceritakan apa yang sedang dialaminya.

  • Advertisement
  • 4. Dukung mereka

  • Jika anak remaja Anda sudah terbuka dan percaya pada Anda, tugas Anda selanjutnya adalah mendukung mereka. Buatlah mereka yakin bahwa Anda adalah orangtua yang sangat pengertian dan orangtua masa kini yang dapat terbuka dengan hal-hal baru. Dukunganlah mereka dalam segala hal terutama saat mereka mulai merasakan jatuh cinta.

  • 5. Awasi diam-diam

  • Jika anak Anda terbuka, mengetahui apa yang terjadi padanya, dengan siapa dia dekat, bagaimana cara dia berpacaran dan sebagainya, ini adalah cara yang lebih mudah untuk Anda mengawasi anak remaja Anda. Secara diam-diam Anda dapat mengontrol mereka tanpa mereka sadari dan Anda juga dapat mengarahkkan mereka jika mereka mulai salah langkah.

  • Anak remaja Anda pacaran? Tidak masalah! Anda hanya perlu mendampingi dan membimbing mereka melewati proses ini, hingga mereka dewasa dan menikah nantinya. Jangan menjadi orangtua yang kolot di zaman yang sudah semakin modern dan maju seperti saat ini. Karena ada pepatah yang mengatakan beda zaman, beda juga didikannya. Belajarlah mengasuh anak Anda, dengan mengikuti zaman yang ada.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Takut anak remaja Anda pacaran backstreet? Lakukan hal-hal ini!

Anak remaja Anda pacaran? Tidak masalah! Anda hanya perlu mendampingi dan membimbing mereka melewati proses ini, hingga mereka dewasa dan menikah nantinya.Jangan menjadi orangtua yang kolot di zaman modern ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr