Surat mengharukan seorang ayah saat pernikahan sang putri

Pada hari pernikahan, tidak jarang pengantin maupun orang tua meneteskan air mata. Gejolak perasaan bahagia bercampur-aduk dengan rasa haru karena harus berpisah.

21,422 views   |   26 shares
  • Pada hari pernikahan, tidak jarang pengantin maupun orang tua meneteskan air mata. Gejolak perasaan bahagia bercampur-aduk dengan rasa haru karena harus berpisah. Di bawah ini kisah mengharukan dari seorang ayah yang menulis untuk putrinya yang menderita down syndrome saat sang putri menikah.

  • "Anakku, hari ini adalah hari pernikahanmu. Dua jam lagi engkau akan mengambil langkah penting yang lebih mengesankan lagi, karena hanya sedikit kemungkinan bagi penderita down syndrome untuk menikah dengan pujaan hatinya. Dan engkau salah satu di antara yang beruntung."

  • Si ayah mengaku selalu khawatir memikirkan dampak kelainan putrinya. "Kita semua mengharapkan hal-hal yang sama bagi anak-anak kita; kesehatan, kebahagiaan dan kemampuan untuk menikmati hidup. Saya menangis dalam hati ketika putri saya di 12 mengeluh tidak mempunyai teman." Tetapi semua kekhawatirannya sirna saat putrinya menikah dengan teman baiknya selama 10 tahun.

  • "Ingatkah engkau bagaimana orang-orang mengatakan ada banyak hal yang tidak dapat kau lakukan? Engkau tidak akan pernah dapat naik sepeda atau berolahraga. Engkau tidak dapat masuk perguruan tinggi atau menikah. Tetapi lihat... Betapa cantiknya engkau hari ini mengenakan gaun pengantinmu.

  • "Engkau orang yang paling baik hati. Engkau tidak pernah merasa iri ataupun culas. Engkau selalu bersimpati terhadap orang lain. Orang-orang menyukaimu karena kepribadianmu."

  • Si ayah trenyuh melihat putrinya mengenakan gaun putih siap memasuki kehidupan baru untuk mencapai impiannya. "Engkau ucapkan terima kasih kepadaku dan berbisik, 'Aku tetap putri kecil Ayah.' Jawabku, 'Tentu saja, tetapi sekarang sudah saatnya aku menyerahkanmu ke pengantin pria.'"

  • Tulisan ini diterbitkan oleh seorang ayah untuk memberi harapan kepada orang-orang yang mempunyai anak berkelainan, khususnya down syndrome. Anak-anak yang dilahirkan dengan kelainan ini memiliki keterbatasan intelektual, dan ciri khas wajah yang serupa. Karena mata dan hidung mereka seperti mata dan hidung orang Asia, penderita kelainan ini disebut juga anak Mongol.

  • Sebetulnya apa yang terjadi adalah kelebihan trisomy 21 pada kromosom. Sementara trisomy lain hanya ada sepasang, trisomy 21 melekat pada satu lagi trisomy 21. Menurut penelitian 1 dari 750 wanita yang berusia mendekati 40 atau lebih dari itu cenderung melahirkan bayi dengan kelainan ini. Makin banyak usia si ibu makin besar kemungkinannya.

  • Diperkirakan kelainan inilah yang mempengaruhi mental dan fisik si penderita. Tulang mata dan tulang hidung yang serupa dengan orang Asia Timur membuat para penderita down syndrome memiliki wajah yang mirip, tidak peduli dari bangsa apapun. Mata orang awam dapat mengenali kelainan ini dari wajah si penderita. Semula seorang dokter Inggris, John Langdon Down, memakai istilah mongoloid. Karena istilah ini lama-lama dianggap menyinggung perasaan maka belakangan diganti menjadi down syndrome.

  • Advertisement
  • Seorang gadis Australia penderita down syndrome, Madeline Stuart, baru-baru ini banyak dibicarakan orang karena kariernya sebagai fotomodel dunia. Ibunya mendukung keinginannya dan membuka akun facebook baginya yang sudah memiliki penggemar setengah juta orang. Dia merupakan inspirasi bagi para penderita kelainan ini.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Surat mengharukan seorang ayah saat pernikahan sang putri

Pada hari pernikahan, tidak jarang pengantin maupun orang tua meneteskan air mata. Gejolak perasaan bahagia bercampur-aduk dengan rasa haru karena harus berpisah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr