Si kecil main sendiri? Ternyata banyak manfaatnya juga loh!

Biarkan si kecil bermain sendiri, agar dia dapat menjadi berani, mandiri, kreatif, percaya diri dan memiliki banyak teman, akan tetapi tetaplah awasi mereka dari jauh. Dengan begitu anak senang, Anda pun tenang.

1,096 views   |   8 shares
  • Si kecil main sendiri? Boleh kah? Tentu boleh! Tetapi kembali lagi pada orangtuanya masing-masing, boleh apa tidaknya. Ada banyak macam karakter orangtua, namun ada satu karakter yang sangat umum dimiliki setiap orangtua dalam mengasuh anaknya, yaitu, selalu memiliki rasa cemas yang tinggi terhadap anaknya, terutama bagi mereka yang memiliki anak yang masih kecil. Banyak orangtua cenderung, tidak membiarkan si kecil mereka bebas bermain sendiri. Mereka selalu setia berada di samping buah hatinya untuk mengawasi atau bermain bersama mereka. Ini terjadi karena pada umumnya orang tua takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan menimpa buah hatinya. Misalnya anaknya jatuh, anaknya diambil orang, anaknya memakan makanan yang membahayakan kesehatan, dan sebagainya.

  • Lalu apakah tindakan orangtua yang tidak membiarkan anaknya bermain sendiri adalah salah? Jawabannya, tidak. Tetapi ternyata, tanpa campur tangan orangtua saat si kecil bermain, sangat baik dalam bagi tumbuh kembangnya. Mengapa?

  • Menjadi berani

  • Jika Anda tidak sebagai orangtua, tidak membiarkan anak Anda mencoba menghadapi situasi nyata yang berisiko, sampai kapan pun mereka tidak akan pernah berani untuk mencobanya hal-hal baru. Dan pada akhirnya, mereka akan menjadi anak yang penakut. Anak-anak yang dibiarkan menghadapi situasi nyata, seperti bermain sepeda sendiri tanpa bantuan orangtuanya, akan jauh lebih berani ketimbang mereka yang dibantu orangtuanya. Untuk itu jangan takut membiarkan anak Anda main sendiri agar sang anak dapat menjadi lebih berani menghadapi dunia.

  • Menjadi lebih mandiri

  • Anak-anak yang dibiarkan main sendiri ternyata dapat menjadi lebih baik, karena dapat membuat mereka menjadi lebih mandiri. Dengan membiarkan anak bermain sendiri, anak dapat belajar untuk terbiasa menyelesaikan tantangan-tantangan yang dihadapinya dalam situasi nyatanya saat bermain. Jika dia sudah terbiasa melewati situasi nyata seperti itu, dia akan terbiasa memecahkan masalah sendiri tanpa meminta bantuan orangtuanya, sehingga ini akan menjadikan mereka jauh lebih mandiri.

  • Meningkatkan kreativitas

  • Seorang asister profesor di University of British Columbia Kanada, Mariana Brussoni, mengatakan bahwa anak yang dapat mengolah kemampuan negosiasi, mengikuti aturan dalam sebuah peraturan dan dapat mencari tahu bagaimana cara bergaul dengan anak-anak lain. Dengan membiarkan anak Anda bermain sendiri, si kecil akan menjadi lebih bebas dan berani dalam mengambil risiko. Aktivitas fisik yang dilakukannya sendiri dapat membantunya mengembangkan keterampilan berpikirnya. Sehingga si kecil akan terpacu menjadi lebih kreatif.

  • Advertisement
  • Anak menjadi semakin percaya diri

  • Tanpa perlu ditemani orangtua, anak yang bermain sendiri ternyata dapat menjadi lebih percaya diri. Setiap permainan yang dilakukan anak akan membantu mereka menemukan kepercayaan diri dengan sendirinya. Berbeda ketika Anda bermain dengan anak, misalnya saat anak belajar bersepeda, tentu Anda akan selalu bilang pada anak Anda, "ayo kamu bisa". Tetapi terkadang anak masih ragu dengan diri mereka sehingga karena dorongan tangga Anda di belakang sepeda anak akan yakin bahwa dia bisa karena Anda yang memegang sepedanya di belakangnya bukan karena dirinya sendiri. Sedangkan jika Anda membiarkan anak belajar sepeda sendiri, mungkin di awal anak akan terjatuh berkali-kali, namun dia akan terus terpacu untuk mencoba, dan ketika dia bisa, dia akan menjadi semakin percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya.

  • Membiarkan anak bermain sendiri bukan berarti Anda membiarkan anak Anda terlepas dalam pengawasan Anda. Biarkan si kecil bermain sendiri, agar dia dapat menjadi berani, mandiri, kreatif, percaya diri dan memiliki banyak teman, akan tetapi tetaplah awasi mereka dari jauh. Dengan begitu anak senang, Anda pun tenang.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Si kecil main sendiri? Ternyata banyak manfaatnya juga loh!

Biarkan si kecil bermain sendiri, agar dia dapat menjadi berani, mandiri, kreatif, percaya diri dan memiliki banyak teman, akan tetapi tetaplah awasi mereka dari jauh. Dengan begitu anak senang, Anda pun tenang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr