Kenali dua macam cuci darah, pilih yang mana yang cocok?

Ginjal merupakan organ yang berfungsi menyaring zat-zat sisa dalam darah untuk kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh. Bila fungsi ginjal terganggu maka proses penyaringan darah akan tergangu pula.

2,058 views   |   6 shares
  • Bagian tubuh manusia yang paling penting untuk menyaring racun adalah ginjal. Semua orang, kecuali bila ada kelainan sejak lahir, memilki sepasang ginjal di kanan dan kiri. Keduanya berbentuk seperti kacang buncis dengan ukuran sebesar kepalan tangan. Setiap ginjal memiliki satu juta nefron. Nefron adalah filter untuk menyaring darah. Ginjal mengeluarkan zat-zat racun yang tidak diperlukan tubuh, tetapi bila tidak dapat berfungsi dengan baik akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

  • 1.Fungsi ginjal bagi tubuh

  • Ginjal sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda. Selain membersihkan darah, mereka juga menjaga jumlah yang tepat dari mineral di dalamnya. Ginjal memastikan ada jumlah yang tepat cairan dalam tubuh Anda. Selain itu, ginjal juga membantu dalam menjaga tekanan darah Anda normal, membuat sel-sel darah merah dan menjaga tulang yang kuat. Ginjal merupakan organ yang berfungsi menyaring zat-zat sisa dalam darah untuk kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh. Bila fungsi ginjal terganggu maka proses penyaringan darah akan tergangu pula.

  • 2.Bila ginjal tidak berfungsi

  • Apabila dokter memvonis bahwa seseorang sampai pada tahapan gagal ginjal, keadaan ini bukanlah akhir dari perjalanan hidup. Seorang Ibu penderita gagal ginjal membagikan pengalamannya. Setelah berusaha bertahan selama hampir 8 tahun mengobati penurunan fungsi ginjalnya, saatnya tiba dokter menyarankan agar si ibu menjalani cuci darah untuk menghindari masalah yang makin besar. Ada dua pilihan yang ditawarkan yaitu peritoneal dialysis dan hemodialisa. Sang Ibu memilih yang pertama.

  • 3.Cuci darah di rongga peritonium dalam perut atau peritoneal dialysis

  • Pertama-tama ibu ini melakukan operasi kecil ini oleh dokter bedah untuk memasang kateter berdasarkan rujukan dari dokter penyakit dalamnya. Setelah kateter dipasang Ibu ini berlatih dengan perawat di rumah sakit untuk memasukkan cairan sebanyak 1 liter ke dalam perut kemudian berlanjut menjadi 2 liter cairan solusi untuk membersihkan racun. Kemudian dilakukannya di rumah dan juga bila dia bepergian diwajibkan mencari ruangan yang bersih dari debu sesuai anjuran dari dokter. Yang perlu diingat dalam proses ini adalah segalanya harus steril, tangan harus di cuci bersih dan memakai masker sewaktu proses penggantian cairan yang dilakukan selama 30 sampai 40 menit. Pertama-tama mengeluarkan cairan solusi yang telah berada di rongga peritonium selama 4 sampai 6 jam, lalu memasukkan kembali cairan yang baru. Setelah proses penggantian cairan selesai Anda dapat melakukan aktivitas kembali.

  • Advertisement
  • 4.Pengalaman ibu ini tidak berjalan mulus

  • Setelah berjalan lima bulan melakukan cuci darah di rongga perut, timbul sesak nafas. Terjadi kebocoran cairan yang merembes ke paru-paru sang ibu. Selama sebulan cairan yang masuk dan keluar tidak seimbang. Ada kurang lebih ½ liter cairan yang tertinggal di dalam dan masuk ke paru-paru setiap proses pencucian. Akhirnya setelah 6 x cairan dikeluarkan dari paru-paru, dokter menyarankan untuk melakukan cuci darah di mesin hemodialisa.

  • 5.Hemodialisa

  • Proses ini memungkinkan sang Ibu membersihkan racun dalam tubuh dengan menggunakan mesin yang ada di rumah sakit dan proses pencucian dilakukan selama 5 jam setiap 2 x seminggu. Tampaknya mudah namun proses ini cukup melelahkan. Pada awalnya sering terjadi kram kaki, belum lagi posisi tidur selama pencucian harus pas, bila tidak mesin akan berbunyi.

  • Kedua cara pembersihan limbah atau racun-racun dari darah sebagai pengganti fungsi ginjal memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena tanpa dialisis, semua pasien gagal ginjal akan meninggal akibat penumpukan racun dalam darah.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Kenali dua macam cuci darah, pilih yang mana yang cocok?

Ginjal merupakan organ yang berfungsi menyaring zat-zat sisa dalam darah untuk kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh. Bila fungsi ginjal terganggu maka proses penyaringan darah akan tergangu pula.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr