Pentingnya setiap orang memiliki hobi

Apa hobi Anda? Apakah Anda pernah mendapat pertanyaan seperti itu? Semua orang pasti memiliki hobi yang sesuai keinginannya masing-masing. Lalu apakah hobi itu penting bagi setiap orang?

4,580 views   |   5 shares
  • Setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda, tergantung dari karakter dan bakatnya. Bakat seseorang bisa melahirkan sebuah hobi. Begitupun sebaliknya. Dari sebuah hobi, bakat seseorang bisa terlihat. Hobi setiap orang sangat bervariasi antara lain hobi di bidang olahraga, musik, otomotif, kesenian, kuliner, edukasi, fashion dan lain sebagainya. Semua orang berhak dalam memilih kesenangannya sendiri, tetapi tidak semua orang dapat menjadikan kesenangannya itu menjadi hobi yang lebih bermanfaat bagi dirinya dan orang sekitarnya. Ternyata banyak manfaat positif yang bisa Anda dapatkan dari hobi loh. Selain untuk memuaskan kesenangan Anda, hobi dapat memuaskan emosional, mental dan fisik Anda menjadi lebih terarah.Itu sebabnya hobi sangat penting untuk dimiliki. Berikut ini 7 alasannya :

  • 1. Membuat Anda semakin kreatif

  • Orang yang memiliki hobi, cenderung akan menggunakan otaknya untuk berpikir lebih kreatif ketimbang orang yang hanya berdiam diri saja. Secara tidak langsung, Anda menggunakan otak Anda untuk berpikir melakukan suatu aktivitas yang mampu merangsang kreativitas dan kecerdasan Anda.

  • 2. Membuat waktu Anda lebih bermanfaat

  • Setiap orang diberi waktu dan kesempatan yang sama dalam menjalani kehidupan ini. Tetapi tidak semua orang dapat memanfaatkan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya. Dengan hobi, Anda belajar menghabiskan waktu luang Anda dengan lebih bermanfaat. Artinya, Anda memanfaatkan waktu luang Anda dengan kegiatan positif yang menyenangkan.

  • 3. Membuat Anda memiliki semangat yang baru

  • Rutinitas Anda sehari-hari mungkin membuat Anda bosan dan jenuh. Bekerja dari pagi sampai malam, ditambah pekerjaan yang belum terselesaikan, dan permasalahan-permasalahan lain yang membuat semangat Anda semakin menurun mungkin sering Anda alami. Tetapi dengan melakukan kegiatan yang Anda senangi, ternyata Anda telah melepaskan hormon yang dapat membuat Anda kembali rileks dan memiliki semangat yang baru.

  • 4. Menambah teman dalam pergaulan

  • Saat ini, telah banyak komunitas atau forum-forum yang dapat menampung dan menjadi wadah untuk Anda bisa lebih berekpresi dalam menyalurkan hobi Anda. Misalnya saja, Anda hobi menyanyi, ada baiknya Anda menyalurkan hobi Anda pada suatu komunitas yang dapat mendukung hobi Anda tersebut, salah satu contoh mengikuti ajang pencarian bakat dalam bidang tarik suara. Atau hobi Anda adalah memasak, Anda bisa mengikuti kelas-kelas masak yang ada di kota tempat tinggal Anda. Dengan begitu, Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama dengan Anda.Tentu komunitas tersebut akan menambah daftar pertemanan Anda bukan? Dari situ juga Anda bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman Anda berkaitan dengan hobi Anda.

  • Advertisement
  • 5. Menghasilkan uang

  • Ternyata ada juga loh hobi yang bisa menjadi awal perjalanan karier Anda. Jika dapat dimanfaatkan dengan baik, hobi bisa menghasilkan uang loh. Makanya jangan pernah heran jika Anda mendengar ada orang-orang yang sukses dan bisa berpenghasilan hanya karena bermula dari kesenangannya atau hobinya yang ditekuninya dengan serius. Misalnya, jika Anda hobi menulis cerita atau artikel, tekuni itu dan share tulisan-tulisan Anda pada wadah yang terpercaya. Tidak menutup kemungkinan suatu saat Anda dapat menjadi penulis yang hebat dan menginspirasi semua orang dengan tulisan-tulisan Anda.

  • 6. Mengurangi stres dan emosi yang berlebihan

  • Ternyata hobi adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres yang terjadi dan menjadi sarana untuk menyalurkan emosi Anda tanpa harus melukai orang lain. Dengan melakukan sesuatu hal yang menyenangkan, otomatis Anda membiarkan perasaan Anda menjadi kembali normal. Misalnya, Anda hobi main gitar, luangkanlah waktu Anda bermain gitar bersama teman-teman Anda ataupun seorang diri dengan memainkan lagu-lagu yang dapat membangkitkan gairah hidup Anda kembali. Yakinlah, stres dan emosi yang tadinya meluap-luap bisa semakin berkurang.

  • 7. Menyehatkan tubuh dan pikiran

  • Percaya tidak hobi itu dapat membuat Anda menjadi sehat? Orang yang memiliki hobi dalam bidang olahraga misalnya, berenang, main bola atau bersepeda. Tentu akan sangat merasakan manfaat positif bagi kesehatan fisiknya. Seperti tubuhnya menjadi kencang, tekanan darah stabil, memiliki kualitas tidur yang baik,dan memiliki daya tahan tubuh yang fit. Bukan hanya itu pikiran pun akan menjadi sehat sehingga yang muncul adalah emosi positif.

Baca, hidupkan, bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Pentingnya setiap orang memiliki hobi

Apa hobi Anda? Apakah Anda pernah mendapat pertanyaan seperti itu? Semua orang pasti memiliki hobi yang sesuai keinginannya masing-masing. Lalu apakah hobi itu penting bagi setiap orang?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr