Menyusui saat hamil, bolehkah?

Ada banyak mitos yang berkembang di masyarakat, bahwa menyusui saat hamil dapat membuat janin tidak berkembang dengan baik. Hal ini disebabkan karena dikhawatirkan asupan gizi terbagi antara kebutuhan untuk janin dan sang kakak yang masih menyusui.

1,716 views   |   3 shares
  • Setiap pasangan, akan sangat bahagia jika mengetahui kehamilan yang sedang dialami sang istri. Tidak dipungkiri, ini menjadi momentum kebahagiaan tersendiri ketika strip dua garis muncul di alat tes kehamilan. Tetapi terkadang kebahagiaan itu menjadi sangat mengkhawatirkan. Ketika saat hamil, ternyata sang istri juga masih menyusui.

  • Ada banyak mitos yang berkembang di masyarakat, bahwa menyusui saat hamil dapat membuat janin tidak berkembang dengan baik. Hal ini disebabkan karena dikhawatirkan asupan gizi terbagi antara kebutuhan untuk janin dan sang kakak yang masih menyusui.

  • Lalu, sebenarnya apa yang dapat dilakukan seorang ibu agar kondisi janin tetap tercukupi gizinya dan kebutuhan si kakak untuk menyusu juga masih dapat dilakukan.

  • Pertama, yang perlu diperhatikan adalah kondisi sang ibu. Jika ada riwayat keguguran, segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan. Jika memang selama hamil dan menyusui sang ibu mengalami kontraksi maka ibu harus segera menyapih dini, berhentilah untuk menyusui si kakak. Hal ini tentu saja dilakukan untuk kesehatan ibu dan janin yang dikandung.

  • _Kedua_, jika selama menyusui dan hamil, ibu tidak mengalami kontraksi dini maka sangat diperlukan bagi sang ibu untuk memperbanyak konsumsi makanan bergizi. Seperti kebutuhan serat yang lebih banyak serta gizi yang seimbang seperti karbohidrat, protein dan vitamin. Tidak lupa juga untuk mengonsumsi air putih yang lebih banyak dari biasanya. Selain itu perbanyaklah istirahat, karena tentu ibu akan menjadi cepat lelah.

  • _Ketiga_, kurangi melakukan aktivitas fisik. Apalagi mengangkat sesuatu yang berat. Termasuk menggendong si kakak terlalu sering. Bagaimanapun, kondisi kehamilan yang masih sangat muda masih sangat rentan untuk aktivitas fisik yang terlalu berat. Jika si kakak sudah bisa berjalan, hal ini akan sangat mempermudah bagi ibu menjalani kehamilan.

  • _Keempat, pada dasarnya menyapih lebih susah daripada menyusui. Jika si kakak masih berusia di bawah 6 bulan maka usahakanlah untuk terus menyusui. Tetapi jika usia si kakak sudah lebih besar dari 6 bulan maka sudah waktunya asupan makanan yang dikonsumsi si kakak, lebih banyak daripada ASI. Sehingga ibu tidak perlu merasa bersalah karena nanti akan mengalami penurunan jumlah ASI di trimester kedua. Sudah saatnya pula si kakak untuk mengenal berbagai macam jenis makanan bergizi. Tetapi jika setelah melahirkan, si kakak masih ingin kembali menyusu, tidak ada masalah. Ibu dapat melakukan "tandem nursing"_ hingga kakak berhasil disapih dengan cinta.

  • Advertisement
  • _Kelima_, ibu harus mempunyai keyakinan dan berpikir positif. Membuat diri merasa bahagia dan menjauhkan diri dari stres dan berpikir terlalu berat. Yakinlah bahwa kondisi ibu, si kakak dan janin akan terus sehat hingga proses melahirkan tiba. Buanglah kekhawatiran-kekhawatiran tersebut, yang justru akan menjadi beban pikiran ibu selama hamil. Jalanilah hamil dengan bahagia.

  • Nah para ibu, tidak lagi perlu merasa cemas ketika ternyata kehamilan kedua atau ketiga lebih cepat dari yang direncanakan. Sesungguhnya tidak ada hal yang tidak mungkin, jika kita yakin Tuhan sebagai satu-satunya penolong dan pemberi rezeki kesehatan.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Menyusui saat hamil, bolehkah?

Ada banyak mitos yang berkembang di masyarakat, bahwa menyusui saat hamil dapat membuat janin tidak berkembang dengan baik. Hal ini disebabkan karena dikhawatirkan asupan gizi terbagi antara kebutuhan untuk janin dan sang kakak yang masih menyusui.
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr