Tips menjadi orangtua angkat yang sempurna

Apakah mengadopsi anak adalah hal yang susah? Jawabannya tentu iya. Tetapi semuanya akan baik-baik saja ketika Anda berdua dapat melewati setiap kendala pada masa-masa awal Anda mengadopsi anak orang lain.

709 views   |   1 shares
  • Tidak semua orang bisa memiliki anak dengan mudah setelah menikah. Anda yang harus menunggu bertahun-tahun untuk mendapatkan anak, dan juga ada yang memilih untuk mengadopsi anak sambil menunggu datangnya buah hati yang dinanti-nanti itu.

  • Mengadopsi anak orang lain, adalah tugas yang mulia. Namun, masih banyak pro dan kontra akan hal ini. "Mengapa harus mengadosi anak kalau Anda berdua sehat?". "Apakah Anda tidak yakin dengan Tuhan hingga Anda memilih mengadosi anak, dan tidak mau bersabar menunggu jawaban Tuhan?". "Keputusan itu sangat baik", "Mengadopsi anak juga dapat menjadi pancingan loh". Banyak sekali pandangan muncul tentunya dari orang-orang sekitar Anda. Apapun pilihan itu adalah baik. Semuanya tergantung kesiapan Anda dan pasangan Anda. Yang harus Anda dan pasangan Anda lakukan hanya menyakinkan diri dan bertanggung jawab dengan keputusan yang Anda berdua buat tersebut.

  • Lantas, apakah mengadopsi anak adalah hal yang susah? Jawabannya tentu iya. Tetapi semuanya akan baik-baik saja ketika Anda berdua dapat melewati setiap kendala pada masa-masa awal Anda mengadopsi anak orang lain. Dan bagaimana cara menghadapi setiap kendala tersebut? Berikut adalah tips menjadi orangtua angkat yang sempurna

  • Mencintai mereka dengan tulus

  • Ketika mengadopsi anak orang lain, tentu Anda berdua telah sepakat untuk menjadi orangtua seutuhnya bagi dia bukan? Nah, sebagai orangtua, Anda berdua harus bisa mencintai anak tersebut dengan sepenuh hati dan memberinya kebahagiaan.

  • Belajar memahami karakternya

  • Baik yang mengadopsi anak dari bayi ataupun mengadopsi anak yang sudah besar, belum tentu Anda sebagai orangtua akan terbiasa dengan karakternya yang sudah ada, misalnya, sang anak suka menangis, suka berteriak, suka bermain, suka iseng, dan sebagainya. Apapun karakter anak adopsi Anda itu, cobalah untuk memahami, dan tidak memaksanya untuk berubah. Dengan berusaha memahaminya, dia juga akan terbiasa memahami Anda yang menjadi orangtua baru baginya.

  • Berikan pengertian dengan kasih

  • Jangan takut menghadapi anak yang telah memiliki karakter. Karena karakter yang dimiliki anak kecil masih dapat diubah. Tergantung bagaimana cara Anda memberikannya pengertian yang sesuai. Ketika memberikan pengertian kepada sang anak, lakukanlah dengan penuh kasih. Gunakanlah kata-kata yang lembut agar dia merasakan kebaikan Anda dan menghormati Anda sebagai orangtuanya. Misalnya, jika dia melakukan kesalahan, jelaskan bahwa itu salah, dan anak yang baik tidak boleh melakukan hal yang salah tersebut. Berikan pula arahan-arahan atau peraturan yang Anda dan pasangan terapkan dalam rumah Anda. Dan katakan pada sang anak, peraturan tersebut dibuat demi kebaikan dia. Yakinkan sang anak dapat merasakan betapa Anda sangat peduli padanya.

  • Advertisement
  • Jangan mudah menyerah

  • Masa-masa awal akan sangat sulit bagi Anda dan pasangan lalui, karena perubahan yang besar dalam keluarga kecil Anda tersebut. Tetapi jangan takut dan mudah menyerah menghadapi perubahan tersebut. Semuanya akan indah pada akhirnya kalau Anda berdua percaya dapat menjadi orangtua terbaik bagi sang anak. Semuanya hanya membutuhkan proses, dan meskipun proses itu akan terasa sulit, yakinlah, bahwa nantinya Anda dan pasangan akan merasakan hasil dari usaha tersebut. Ingatlah selalu, baik anak Anda sendiri maupun anak yang diadopsi, ketika Anda merawat, mendidik dan menyanyagi mereka dengan sepenuh hati, mudah-mudahan mereka pun akan memberikan kebahagiaan bagi hidup Anda.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Tips menjadi orangtua angkat yang sempurna

Apakah mengadopsi anak adalah hal yang susah? Jawabannya tentu iya. Tetapi semuanya akan baik-baik saja ketika Anda berdua dapat melewati setiap kendala pada masa-masa awal Anda mengadopsi anak orang lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr