7 kunci menuju pernikahan bahagia di tengah banyak perbedaan

Pernikahan yang bahagia adalah impian setiap pasangan suami istri. Untuk mewujudkannya tidaklah semudah yang dibayangkan. Akan selalu ada perbedaan yang tidak bisa dihindari setiap pasangan.

12,011 views   |   32 shares
  • Pernikahan yang bahagia adalah impian setiap pasangan suami istri, tapi untuk mewujudkannya tidaklah mudah. Selalu ada perbedaan yang tidak bisa dihindari. Tahun pertama pernikahan selalu berat untuk dilalui, karena pasangan suami-istri mau tidak mau harus belajar beradaptasi dan saling memahami. Jika Anda dan pasangan tidak dapat mengatasi perbedaan ini, tentunya ini akan membuat tahun-tahun berikutnya semakin berat. Anda dan pasangan Anda tidak ingin menjadi salah satu dari ribuan pasangan yang tidak bahagia hingga masa tua, bukan? Atasilah perbedaan-perbedaan tersebut dengan tips berikut:

  • 1. Saling pengertian

  • Kunci dasar sebuah pernikahan bahagia adalah saling pengertian dalam menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan semua itu membutuhkan proses. Yang terpenting, ketika Anda ingin selalu bahagia bersama pasangan, bantulah pasangan untuk menutupi kekurangannya tersebut. Jadikanlah kekurangan pasangan sebagai kelebihan bagi Anda. Dengan begitu hubungan pernikahan Anda berdua akan selalu langgeng.

  • 2. Komunikasi yang baik

  • Komunikasi juga menjadi dasar kebahagiaan pernikahan. Tidak adanya komunikasi dua arah yang baik akan menimbulkan kesalahanpahaman antara Anda dan pasangan. Untuk itu, berkomitmenlah untuk selalu terbuka pada pasangan Anda. Komunikasi yang baik akan membuat Anda berdua jauh dari kesalahpahaman dan perselisihan.

  • 3. Saling menghormati

  • Bukan hanya suami yang harus dihormati oleh istrinya, tetapi istri juga perlu dihormati. Tidak adanya rasa saling menghormati akan membuat hubungan pelan-pelan retak. Ingatlah selalu, dalam pernikahan, tidak ada bawahan atau atasan. Anda berdua memiliki kedudukan yang setara. Anda berdua semestinya adalah satu tim yang kokoh. Jika Anda dapat saling menghormati, yakinlah, pernikahan Anda akan selalu langgeng.

  • 4. Mudah memaafkan

  • Memang sangat sulit memaafkan orang yang menyakiti dan membuat kita bersedih. Itu manusiawi. Tetapi, ada baiknya jika Anda dapat belajar sabar dan mudah memaafkan orang lain, terutama pasangan Anda sendiri yang Anda cintai. Ketika Anda marah pada pasangan Anda, ingatlah selalu hal-hal positif pada dirinya untuk membantu meredahkan amarah Anda.

  • 5. Memperbanyak waktu bersama

  • Meskipun Anda berdua memiliki kesibukan masing-masing, luangkan waktu untuk bersama. Dengan memperbanyak waktu bersama, Anda berdua dapat semakin mengenal dan memahami lebih dalam lagi mengenai karakter atau kebiasaan pasangan Anda.

  • Advertisement
  • 6. Romantis

  • Siapa bilang romantis itu tidak perlu? Setiap orang perlu memiliki sisi romantis untuk membahagiakan pasangannya. Pertahankanlah sisi romantis Anda dan pasangan hingga tua. Sudah banyak bukti pasangan senior yang langgeng dan terlihat sangat bahagia karena mempertahankan keromantisan dalam pernikahan mereka. Anda tentu mau menjadi salah satu di antara mereka, bukan?

  • 7. Apresiasi

  • Memberikan apresiasi pada pasangan Anda dan sebaliknya sangatlah bermakna. Hal-hal manis seperti ini pelan-pelan dapat menghilangkan perbedaan di antara Anda kalian. Bayangkan saja, ketika Anda bahagia mendapatkan apresiasi dari pasangan Anda, misalnya berupa pujian, hadiah kejutan istimewa, dan lainnya, tentunya akan membuat Anda semakin bahagia dan bahkan melupakan perbedaan di antara kalian. Bangunlah pernikahan Anda dengan sering memberikan apresiasi sederhana namun bermakna bagi pasangan. Dengan selalu mempertahankan kebiasaan ini, akan membuat pernikahan Anda selalu bahagia hingga selamanya.

Bantu kami menyebarkan

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

7 kunci menuju pernikahan bahagia di tengah banyak perbedaan

Pernikahan yang bahagia adalah impian setiap pasangan suami istri. Untuk mewujudkannya tidaklah semudah yang dibayangkan. Akan selalu ada perbedaan yang tidak bisa dihindari setiap pasangan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr