Ciptakan hubungan harmonis antara mertua dan menantu. Bagaimana caranya?

Seorang ibu mertua merasa tidak dicintai oleh menantunya dan mengeluh mengapa sifat menantunya begitu sulit. Dia berkata bahwa dia jarang mendapat kesempatan untuk melihat cucunya.

5,165 views   |   12 shares
  • Seorang ibu mertua merasa tidak dicintai oleh menantunya dan mengeluhkan sifat menantunya begitu sulit. Dia jarang mendapat kesempatan untuk melihat cucunya. Ketika anak lelakinya merayakan ulang tahun ayahnya dengan pergi mendaki gunung bersama, si ibu berniat mengunjungi sang menantu dan menawarkan membantu menjaga cucunya. Menantunya mengemukakan beberapa dalih, berusaha menghindari kedatangan sang ibu. Si ibu mencoba mencarikan jalan keluar, dan tetap memaksa datang. Begitu melihat mertuanya di pintu, si menantu lari masuk kamar dan menangis. Walau hal itu akhirnya dapat diatasi, si mertua merasa canggung karena kehadirannya tidak diinginkan.

  • Ketika meminta nasehat seorang pakar, dia disalahkan karena sudah melanggar etika sehingga merusak hubungan antara mertua dan menantu. Seharusnya si mertua tidak menganggap remeh alasan menantunya menolak kedatangannya. Mungkin saja dia sudah punya rencana lain. Mengurus tamu di rumah cukup melelahkan walau tamu itu mertuanya sendiri. Si mertua tidak berhak memutuskan apa yang penting dan tidak penting bagi menantunya. Dia tidak saja harus minta maaf tetapi juga mengganti rugi seperti menjaga cucunya sementara anak dan menantunya berlibur.

  • Sebenarnya, apa saja hal-hal yang perlu diingat oleh seorang mertua dan menantu agar hubungan keduanya harmonis?

  • 1. Hubungan mereka terjalin karena mengasihi orang yang sama. Bila terjadi keretakan, orang yang mereka kasihi yang akan menderita. Dia tidak bisa memilih salah satu tanpa mengorbankan yang lain.

  • 2. Jagalah perasaan kedua belah pihak. Dalam contoh di atas, si mertua kurang mementingkan perasaan menantunya dan menganggap keberatannya sebagai sesuatu yang "mudah diatasi."

  • 3. Ingatlah bahwa mertua Anda adalah orangtua yang sudah membesarkan pasangan Anda sehingga menjadi seseorang yang berharga di mata Anda. Bersyukurlah untuk itu. Berikan penghargaan yang pantas mereka terima. Berusahalah mencintai mereka seperti orangtua Anda sendiri.

  • 4. Sebaliknya para mertua hendaknya juga menghargai menantu mereka dan mencintainya seperti anak Anda sendiri. Ingatlah bahwa mereka sudah dewasa serta memiliki privasi. Hormatilah kehendak mereka, jangan melangkahi wibawanya.

  • 5. Walaupun Anda sangat mencintai cucu Anda, ingatlah bahwa orangtuanya memiliki hak lebih besar. Apa pun yang Anda inginkan bagi cucu hendaknya atas persetujuan orangtuanya. Bila Anda mengetahui sesuatu yang dilarang orangtuanya, janganlah membiarkan cucu Anda melanggar peraturan. Salah-salah, Anda tidak mendukung didikan yang diberikan oleh orangtuanya dengan susah payah.

  • Advertisement
  • 6. Anda tentu saja mencintai anak Anda, namun jangan sampai Anda menganggap menantu Anda tidak berharga. Ini kesalahan besar yang sering dilakukan oleh ibu mertua. Mereka menganggap menantunya tidak pantas mendampingi anaknya. Ada saja alasan yang mereka ccari seperti kurang becus mengurus rumah tangga, kurang pandai mencari uang, dan seterusnya. Hargailah pilihan anak Anda, dan berusahalah memupuk cinta di antara mereka, jangan menginginkan keretakan rumah tangga mereka. Anak cucu Anda juga yang akan menderita nantinya bila orangtuanya berpisah.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Ciptakan hubungan harmonis antara mertua dan menantu. Bagaimana caranya?

Seorang ibu mertua merasa tidak dicintai oleh menantunya dan mengeluh mengapa sifat menantunya begitu sulit. Dia berkata bahwa dia jarang mendapat kesempatan untuk melihat cucunya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr