Yuk, kreasikan yoghurt untuk camilan sehat di rumah!

Yoghurt memiliki banyak khasiat bagi kesehatan karena mengandung banyak “bakteri baik” yang biasa disebut dengan probiotik.

1,135 views   |   1 shares
  • Tahukah Anda bahwa yoghurt (susu fermentasi) memiliki banyak khasiat bagi kesehatan karena kaya akan "bakteri baik" yang biasa disebut dengan probiotik? Antara lain adalah bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus.

  • Dalam proses fermentasi, bakteri tersebut mengubah gula alami dalam susu dan melepaskan asam laktat sebagai produk sisa. Asam yang tinggi membuat protein di dalam susu akhirnya memadat. Asam laktat ternyata juga mampu meningkatkan kandungan gizi terutama vitamin B1, B2, B3, B6, juga asam pantotenat, asam folat, dan biotin.

  • Dengan kandungan gizi yang luar biasa, inilah beberapa manfaat yoghurt bagi kesehatan tubuh:

    1. Memproduksi antibiotik guna melawan virus dan jamur.

    2. Mencegah timbulnya Candida albicans, sejenis jamur yang menyebabkan penyakit pada organ kelamin wanita.

    3. Mencegah pengeroposan tulang.

    4. Membantu proses pencernaan laktosa.

    5. Mencegah munculnya kanker dan tumor.

    6. Membantu melancarkan pencernaan.

    7. Membantu menurunkan kolesterol dalam darah serta menstabilkan tekanan darah.

    8. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

    9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

    10. Menjaga kesehatan rongga mulut.

  • Sayangnya, harga yoghurt kemasan di pasaran masih terbilang cukup mahal. Kemasan 100 ml rata-rata berkisar antara Rp. 8000-9000,-/cup. Jadi, bagaimana jika Anda membuat yoghurtsendiri di rumah? Tidak sulit kok!

  • Bagaimana caranya?

  • Siapkan botol kaca ukuran 1000ml atau lebih, panci untuk merebus, dan sendok sayur. Cuci bersih semua peralatan sebelum memulai. Botol kaca sebaiknya direbus agar steril dari kuman dan bakteri.

  • Lalu, siapkan air, susu sapi murni, susu bubuk skim, dan bibit yoghurt atau starter. Rebus susu sapi murni dan susu bubuk skim dengan api kecil. Aduk terus dan pastikan susu jangan sampai mendidih atau pun mengumpal. Masukkan air secukupnya dan bibit yoghurt.

  • Tips

  • Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan yoghurt supaya berhasil:

    1. Beli susu murni langsung dari peternak, karena susu yang di toko dikhawatirkan sudah dicampur dengan air sehingga kekentalannya berkurang.

    2. Anda bisa menggunakan susu sapi murni saja, tapi tambahkan susu bubuk skim untuk tekstur yang lebih kental.

    3. Jika menggunakan 500 ml susu murni, tambahkan 3 sendok makan susu bubuk skim.

    4. Masak susu sapi tak perlu sampai mendidih. Suhu ideal adalah maksimal 85oC. Gunakan Thermometer dapur agar lebih akurat.

    5. Sterilkan botol kaca. Jika tidak steril, susu akan menjadi basi dan proses pembuatan yoghurt pasti gagal total.

    6. Jika menggunakan 500 ml susu tambahkan 2 sendok makan yoghurt starter.

    7. Jangan menyerah jika Anda kesulitan memperoleh bibit yoghurt asli. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan yoghurt tanpa rasa untuk dijadikan starter.

    8. Dibutuhkan waktu 5 hingga 7 jam sampai protein susu benar-benar mengental dan menjadi yoghurt, pastikan pula suhu inkubasi berkisar antara 35-37oC dan disimpan di dalam wadah yang kedap udara dan gelap.

  • Advertisement
  • Terakhir, yoghurt yang dapat dikreasikan ke dalam berbagai macam rasa, tergantung selera. Anda cukup menambahkan menambahkan gula dan buah-buahan ke dalamnya.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Yuk, kreasikan yoghurt untuk camilan sehat di rumah!

Yoghurt memiliki banyak khasiat bagi kesehatan karena mengandung banyak “bakteri baik” yang biasa disebut dengan probiotik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr