Bagaimana Memperkuat serta Membangun Hubungan Jarak Jauh

Membangun serta memperkuat hubungan jarak jauh tidaklah mudah. Sementara “ketidakhadiran dapat menumbuhkan rasa sayang,” diperlukan peran yang aktif untuk membina hubungan yang kuat sementara anggota keluarga tinggal berjauhan.

4,397 views   |   4 shares
  • Membangun serta memperkuat hubungan jarak jauh tidaklah mudah. Sementara “ketidakhadiran dapat menumbuhkan rasa sayang,” diperlukan peran yang aktif untuk membina hubungan yang kuat sementara anggota keluarga tinggal berjauhan.

  • Meskipun jika seluruh keluarga tidak dapat berkumpul bersama untuk makan bersama setiap malamnya, ada cara lain untuk menjaga hubungan tetap kuat. Teknologi modern telah menciptakan sesuatu yang baru serta mudah untuk tetap menjalin hubungan. Beberapa diantaranya termasuk:

  • Telepon genggam

  • Dengan telepon genggam Anda dapat dengan mudah menghubungi siapapun. Dengan panggilan konferensi anda bahkan dapat melibatkan lebih banyak orang. Dengan menggunakan pengeras suara di reuni keluarga, setiap orang bisa dilibatkan.

  • SMS

  • Dengan mengirim sms, anda tidak perlu menunggu sampai anggota keluarga memiliki kesempatan untuk bicara. Hal yang menyenangkan tentang SMS adalah anda dapat mengirimnya kapan saja, dan yang menerima dapat melihatnya kapanpun mereka mau. SMS merupakan cara yang mudah untuk bertukar berita tanpa takut mengganggu jadwal anggota keluarga. Ambil foto memakai telepon kamera Anda dan kirimkan bersama pesan Anda untuk menambah keceriaan.

  • Konferensi video

  • Skype, Google Hangouts, atau FaceTime adalah program yang sederhana dan gratis yang memungkinkan Anda berbincang secara daring dengan siapa saja yang memiliki akses internet. Bonusnya: Anda dapat melihat orangnya! Konferensi video sudah menjadi cara yang populer bagi anggota keluarga untuk tetap dekat, khususnya ketika anak-anak dilibatkan. Anak-anak lebih terlibat dalam percakapan yang ada visual/gambarnya. Melalui konferensi video, anggota keluarga dapat menikmati hubungan mereka dan melihat bagaimana anak-anak tumbuh besar dan berubah. Contoh hebat lainnya adalah nenek dapat membacakan cerita sebelum tidur kepada cucunya yang tinggal di kota lain melalui Skype. Ini merupakan cara yang menyenangkan untuk membangun hubungan mereka.

  • Advertisement
  • Blog

  • Blogging sudah menjadi suatu cara yang menyenangkan bagi keluarga untuk tetap berhubungan. Ada banyak penyedia blog gratis, seperti Blogger atau Wordpress. Ini merupakan cara yang baik bagi orang-orang untuk membaca tentang kegiatan keluarga serta menikmati foto-foto. Fitur komentarnya merupakan cara yang bagus untuk menjadikan blog sebagai sarana percakapan dua arah.

  • Surat dan bingkisan

  • Meskipun cara ini baik dan cepat, surat dengan tulisan tangan dapat menjadi barang berharga bagi anggota keluarga yang tinggal jauh dari rumah. Surat dapat dibaca serta dinikmati berulang kali, tidak seperti pembicaraan telepon yang memang menyenangkan namun segera sirna. Dan siapa yang tidak ingin menerima bingkisan yang menyenangkan, yang sengaja dipilih secara pribadi sebagai hadiah? Hal ini seperti membuka sebuah harta karun. Bagi seseorang yang telah pergi cukup lama, Anda bahkan dapat meggunakan kertas koran setempat sebagai pembungkusnya.

  • Apa pun cara yang Anda pilih untuk lakukan, tujuan utamanya adalah untuk menjadi terlibat dan dengan tulus peduli tentang anggota keluarga yang tinggal jauh. Tetaplah tahu dengan keadaan mereka, dan biarkan mereka juga tahu meskipun Anda tidak tinggal seatap pada saat ini, Anda masih mencintai mereka serta sering memikirkan mereka. Dengan usaha, hubungan dapat bertumbuh dan bertambah kuat.

  • Diterjemahkan serta diadaptasi oleh Afat Xiao dari artikel asli "How to strengthen and build relationships long distance" karya Margot Hovley.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Margot Hovley telah menerbitkan dua novel dengan Kovenan Komunikasi: "Sudden Darkness" (2012) & "Glimmering Light" (2014).

Situs: http://www.margothovley.com

Bagaimana Memperkuat serta Membangun Hubungan Jarak Jauh

Membangun serta memperkuat hubungan jarak jauh tidaklah mudah. Sementara “ketidakhadiran dapat menumbuhkan rasa sayang,” diperlukan peran yang aktif untuk membina hubungan yang kuat sementara anggota keluarga tinggal berjauhan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr