Stres selama liburan

Kegiatan apapun selalu diikuti oleh stres. Demikian pula dengan liburan. Bagaimana caranya agar liburan kita benar-benar menghilangkan kita dari stres?

675 views   |   shares
  • Kerja dan stres adalah saudara kembar. Pilihan untuk mengurangi stres, biasanya kita memikirkan liburan. Ketika giliran musim liburan, kita cenderung menghabiskan waktu sepanjang musim libur melakukan kegiatan padat sehingga jenuh dan berakhir dengan stres pula. Jadi, bukan kerja saja yang menyebabkan stres, liburan pun bisa membuat orang stres.

  • Kegiatan apa pun selalu diikuti oleh stres. Stres yang tidak diharapkan disebut negative stressor, sedangkan stres yang diharapkan adalah positive stressor. Contoh negative stressor adalah melakukan sesuatu secara berlebihan atau membosankan, sedangkan positive stressor adalah olahraga.

  • Biang keladi stres adalah hormon yang disebut cortisol. Kalau kita sedang tegang karena melakukan suatu kegiatan, maka hormon adrenalin dipompakan ke dalam sistem tubuh kita untuk meningkatkan detak jantung, tekanan darah dan lain-lain. Agar tekanan darah kita tidak terlalu tinggi, misalnya, maka hormon cortisol dipompa ke dalam sistem tubuh kita. Sebenarnya, hormon tersebut berfungsi menekan atau mengerem kelebihan fungsi sistem tubuh seseorang sehingga tidak berbahaya (misalnya, detak jantung yang terlalu tinggi dapat menyebabkan seseorang kena serangan jantung). Namun demikian, bila hormon ini tertinggal dalam tubuh setelah sistem tubuh sudah terkendali, maka seseorang akan merasa stres.

  • Menggunakan liburan dengan melakukan perjalanan jauh dan jadwal yang padat justru akan menambah stres. Begitu selesai liburan dan kembali kerja bukan makin bersemangat, tetapi seperti tidak pernah meninggalkan pekerjaan sama sekali. Perjalanan jauh dan jadwal yang padat tidak meninggalkan kenangan manis buat seseorang. Dia akan lupa tentang saat-saat yang menyenangkan yang dialami selama dalam perjalanan dan jadwal yang padat tersebut.

  • Dengan kata lain, kebanyakan kebahagiaan yang didapat dari liburan bergantung pada tingkat stres liburan atau bahkan liburan akhir pekan sekalipun. Liburan yang tidak direncanakan dengan baik dan penuh stres akan mengurangi manfaat positif liburan itu sendiri. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa saran agar tidak stres karena liburan:

    1. Fokus pada detail. Pelajari liburan sebelumnya dan cari jalan keluar terbaik agar 'kesalahan' liburan yang lalu tidak terulang kembali. Kalau belum punya pengalaman, belajar dari pengalaman orang lain.

    2. Membuat rencana. Sewaktu stres di tempat kerja atau sepulang dari kerja adalah kesempatan yang baik untuk membayangkan liburan atau merencanakan kegiatan di akhir pekan untuk 'meremajakan' semangat Anda kembali. Pada waktu sedang stres pikiran kita 'memberontak' dan 'menjerit' untuk dilegakan, saat itulah biasanya muncul gagasan cemerlang yang akan membantu liburan dan kegiatan akhir pekan mendatang.

    3. Melakukan perjalanan jauh. Memang, menurut statistik, 84% liburan yang paling berkesan adalah perjalanan ke luar negeri, tetapi hal tersebut relatif untuk setiap orang.

    4. Teman dalam perjalanan jauh. Bila sedang melakukan perjalanan ke luar negeri, teman yang dapat dipercaya yang tinggal di negara tujuan akan sangat menolong mengurangi stres dalam bahasa, budaya, tempat-tempat rekreasi dan keamanan.

    5. Jangan sepenuhnya bergantung pada anjuran iklan komersial di TV atau media lain. Semua iklan tersebut mendorong kita membeli produk dan layanan yang mereka sajikan. Liburan yang Anda rencanakan tersebut adalah untuk Anda dan keluarga Anda. Jadi, pola dan model liburan hendaknya merupakan sesuatu yang paling sesuai untuk Anda dan keluarga. Jangan terjebak oleh janji manis iklan, tetapi lakukan yang sesuai dengan kemampuan dan pribadi serta keinginan Anda.

  • Advertisement
Bagikan hasil Anda kepada teman..

Sebagai penulis, Effian sangat terinspirasi dengan karya-karya John Grisham, Michael Creighton, David Baldacci, James Patterson dan Dan Brown. Kegiatan favoritnya selain menulis adalah memasak dan melukis.

Stres selama liburan

Kegiatan apapun selalu diikuti oleh stres. Demikian pula dengan liburan. Bagaimana caranya agar liburan kita benar-benar menghilangkan kita dari stres?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr