5 efek samping kehamilan yang harus dihadapi dengan penuh kesabaran

Perubahan hormonal pada wanita hamil menyebabkan tubuh memproduksi sebum lebih banyak dari biasanya, sehingga menutup pori-pori kulit yang memungkinkan bagi bakteri penyebab jerawat mudah tumbuh dan berkembang biak dengan cepat.

4,518 views   |   2 shares
  • Setiap wanita dewasa sehat dan telah menikah pasti mengharapkan untuk bisa segera hamil. Namun, setelah kehamilan terjadi seringkali wanita justru merasa sedih dan menyesal kepada dirinya. Penyesalan-penyesalan semacam ini terjadi karena wanita baru menyadari bahwa proses kehamilan sebenarnya tidak seindah yang dibayangkan, sehingga mempengaruhi kondisi psikologisnya secara keseluruhan.

  • Selama proses kehamilan wanita akan mengalami beberapa efek, tidak hanya morning sickness, kelelahan, atau berat badan naik, tapi masih ada beberapa hal lain yang akan terjadi. Oleh karena itu, setiap wanita perlu mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin sebelum memutuskan untuk hamil. Seperti dilansir oleh KSL, berikut ini adalah 5 efek samping kehamilan yang harus dihadapi dengan penuh kesabaran:

  • 1. Gas dan perut kembung

  • Perasaan perut tidak nyaman, terasa sebah, mual, atau ingin muntah adalah efek samping dari kehamilan. WhatToExpect.com menjelaskan, bahwa kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh wanita, sehingga menyebabkan proses pencernaan makanan di dalam usus menjadi lambat, akibatnya produksi gas di dalam perut akan semakin meningkat. Untuk Mengatasi hal ini Anda bisa mulai menerpakan pola makan yang berbeda, cobalah memulainya dengan jumlah porsi yang sedikit tapi rutin dan perbanyak minum air putih.

  • 2. Muncul jerawat

  • Perubahan hormonal pada wanita hamil menyebabkan tubuh memproduksi sebum lebih banyak dari biasanya, sehingga menutup pori-pori kulit yang memungkinkan bagi bakteri penyebab jerawat mudah tumbuh dan berkembang biak dengan cepat. Belum ada cara yang efektif untuk mencegah timbulnya jerawat selama masa kehamilan, tapi untuk meminimalisir dampaknya cobalah dengan cara menjaga kebersihan kulit, mengonsumsi makanan sehat, dan jangan pernah memencet jerawat meggunakan tangan. Untuk kasus yang lebih berat Anda harus memeriksakan diri ke dokter kulit yang telah berpengalaman di bidangnya.

  • 3. Perubahan Emosi

  • Selama masa kehamilan bisa jadi Anda akan mudah sekali emosi, tersinggung bahkan cepat marah, tapi tidak perlu khawatir karena sekali lagi hal ini disebabkan oleh pengaruh hormonal dalam tubuh Anda. Untuk mengatasinya hati Anda cukup perlu merasa bahagia, karena itu cobalah menghindari stres, perbanyaklah bergerak, hindari penyebab masalah, hindari menonton tayangan televisi atau film-film melankonlis, dan dapatkan dukungan serta semangat dari suami juga dari seluruh anggota keluarga Anda.

  • Advertisement
  • 4. Perut gatal-gatal

  • Dengan semakin membesarnya ukuran perut selama kehamilan menyebabkan kulit mengalami iritasi ringan akibat perengangan, jika sudah demikian akan muncul plak kehitaman yang menyebabkan rasa gatal. Ruam ini tidak berbahaya tapi pasti sangat menganggu, untuk mengatasinya Anda hanya perlu menjaga kebersihan tubuh dan oleskan baby oil di sekitar perut Anda.

  • 5. Muncul Chloasma atau "topeng kehamilan"

  • Topeng kehamilan atau biasa disebut dengan istilah Melasma/Chloasma, adalah keadaan di mana ibu hamil memiliki warna gelap di daerah-daerah tertentu bagian tubuhnya seperti di dahi, bibir dan pipi. Bagi Anda yang mengalami hal ini tidak perlu khawatir, meskipun menganggu penampilan. Melasma/Chloasma akan hilang dengan sendirinya seiring berakhirnya proses kehamilan. Untuk mengatasi topeng kehamilan Dr. Elizabeth L. Tanzi dari Johns Hopkins Hospital Center di Baltimore menjelaskan, penyebab paling sering Melasma/Chloasmaadalah karena paparan sinar matahari dan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah:

    • Penuhi kebutuhan tubuh akan asam folat

    • Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit

    • Samarkan Melasma/Chloasmadengan menggunakan concealeratau foundation yang aman untuk ibu hamil

    • Gunakan ektrak kulit pinus yang mengandung pycnogenol, sebuah antioksidan kuat yang aktif melindungi kulit dari terpaan sinar ultraviolet matahari

  • Masih ada banyak lagi efek samping kehamilan yang dialami oleh ibu hamil. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran dari Anda untuk menghadapi semua ini. Tapi percayalah, ketika buah hati Anda sudah lahir dengan sehat dan selamat semua penderitaan yang Anda alami selama kehamilan akan terbayar lunas digantikan dengan senyum yang menghiasi wajah Anda.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

5 efek samping kehamilan yang harus dihadapi dengan penuh kesabaran

Perubahan hormonal pada wanita hamil menyebabkan tubuh memproduksi sebum lebih banyak dari biasanya, sehingga menutup pori-pori kulit yang memungkinkan bagi bakteri penyebab jerawat mudah tumbuh dan berkembang biak dengan cepat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr