5 keseimbangan yang penting dimiliki pasangan suami istri jika ingin bahagia

Keseimbangan dalam menjalani pernikahan dapat memberikan dampak yang sangat besar bagi pernikahan Anda berdua. Jangan pernah mengabaikan hal ini!

7,488 views   |   13 shares
  • Dalam menjalani sebuah hubungan, terkhusus dalam menjalani hubungan pernikahan, tidaklah mudah. Akan selalu ada perbedaan-perbedaan yang muncul, yang selalu dapat menjadi penyebab utama pertengaran dalam berumah tangga. Padahal, jika kita telah memutuskan menikah dengan pilihan kita, kita mestinya dapat belajar bersama untuk menerima kekurangan masing-masing. Memang sangat sulit untuk menjadi selalu seimbang dalam menjalankan rumah tangga. Itu adalah wajar. Tetapi akanlah lebih baik, meskipun Anda dan pasangan Anda terkadang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda, cobalah untuk dapat seimbang dalam beberapa hal berikut ini, karena ini sangatlah penting.

  • 1. Seimbang dalam hal m enghormati satu sama lain

  • Jika dalam pernikahan tidak ada rasa saling menghormati dan menghargai satu sama lain, itu bukanlah sebuah pernikahan. Karena sebuah pernikahan memiliki landasan yang kuat dalam menerapkan rasa saling menghormati. Untuk itu belajarlah seimbang dalam hal ini. Ini sebagai wujud saling menghargai dan mengasihi satu sama lain. Dan jika Anda berdua dapat seimbang dalam hal ini, anak-anak pun akan mendapatkan teladan yang baik dari Anda berdua.

  • 2. Seimbangkan dalam hal waktu

  • Bagi Anda yang sudah menikah, waktu Anda sekarang bukan milik Anda seorang. Tetapi juga milik keluarga dan pasangan Anda. Jangan karena materi Anda sibuk mengejar harta duniawi dan menyia-nyiakan waktu Anda bersama pasangan atau keluarga Anda. Seimbang dalam hal mengatur waktu ketika sudah menikah. Bukan berarti Anda menjadi tidak bebas juga dalam melakukan kesenangan-kesenangan Anda lainnya. Tetapi bagilah waktu Anda dengan baik, misalnya, waktu bersama pasangan dan keluarga, waktu bekerja, waktu bersama teman dan sebagainya.

  • 3. Seimbang dalam membagi tugas rumah tangga

  • Dalam berumah tangga dibutuhkan kerja sama sebagai satu tim yang kompak. Jika Anda berdua tidak membagi tugas dalam pernikahan secara adil, nantinya akan ada yang lebih dominan di antara Anda. Dalam pernikahan, tidak ada atasan, tidak ada bawahan, tetapi Anda berdua menjalankannya sebagai rekan kerja sejati. Jadi apapun yang ada dalam rumah tangga Anda berdua, misalnya dalam hal memiliki tanggung jawab masing-masing, suami bekerja istri mengurus anak, dalam hal kebersihan rumah bersama, dalam hal pengasuhan anak, dan sebagainya, sebaiknya Anda berdua bicarakan sejak awal. Jika Anda berdua seimbang dalam membagi tugas rumah tangga, Anda berdua akan menjadi semakin kompak dan keluarga Anda pun akan menjadi teratur.

  • Advertisement
  • 4. Seimbang dalam mengatur keuangan

  • Uang adalah hal yang sensitif dalam pernikahan. Banyak suami istri selalu memperdebatkan masalah ini. Untuk itu, sebaiknya hindari masalah ini dengan belajar bersama-sama untuk seimbang dalam mengatur keuangan keluarga bersama pasangan Anda. Berkomitmenlah untuk selalu jujur dalam hal keuangan terhadap pasangan Anda. Bagilah tugas, siapa yang mengatur uang dalam keluarga dan siapa yang membuat rincian pengeluaran. Ketika Anda berdua dapat seimbang dalam mengatur keuangan, tidak akan ada lagi perdebatan yang akan muncul karena hal ini.

  • 5. Seimbang dalam hal keromantisan

  • Jika hanya salah satu di antara Anda berdua yang dominan dalam hal romantis, sebaiknya mulailah berubah. Keromantisan adalah hal penting dalam pernikahan, bagaimana jadinya jika Anda sama sekali tidak romantis sedangkan pasangan Anda sangat romantis? Tentunya ini tidak akan seimbang bukan? Bukan berarti Anda harus berubah menjadi orang lain yang berpura-pura romantis dan bahkan menjadi berlebihan. Romantislah yang sewajarnya, misalnya sering mengungkapkan sayang, memeluk pasangan Anda dengan hangat, atau sesekali memberikan kejutan kecil padanya.

  • Keseimbangan dalam menjalani pernikahan dapat memberikan dampak yang sangat besar bagi pernikahan Anda berdua. Jangan pernah mengabaikan hal ini!

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

5 keseimbangan yang penting dimiliki pasangan suami istri jika ingin bahagia

Keseimbangan dalam menjalani pernikahan dapat memberikan dampak yang sangat besar bagi pernikahan Anda berdua. Jangan pernah mengabaikan hal ini!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr