Fakta: yoghurt aman untuk penderita maag sekalipun

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa yoghurt salah satu sumber makanan terbaik yang memiliki berbagai manfaat.

1,148 views   |   1 shares
  • Yoghurt merupakan produk olahan susu yang dihasilkan oleh bakteri asam laktat Lactobacillus bulgariusdan Streptococcus thermophilus.Fermentasi dari laktosa menghasilkan asam laktat yang bekerja pada protein susu dan membuat yoghurt menjadi lebih padat, bertekstur, beraroma khas, serta memiliki rasa yang asam.

  • Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa yoghurt salah satu sumber makanan terbaik yang memiliki berbagai manfaat, seperti menyehatkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan, mencegah tekanan darah tinggi, mencegah jantung koroner, dan menurunkan kolesterol. Selain itu, yoghurt merupakan sumber kalsium yang dapat mencegah pengeroposan tulang.

  • "Sayangnya, masih banyak orang yang takut mengonsumsi yoghurt karena rasanya yang asam dan dianggap dapat menimbulkan nyeri lambung. Apalagi, jika mereka memiliki penyakit maag. Padahal menurut American Society for Nutrition Host Second Global Summit on the Health of Yoghurt 2015, tingkat keasaman yoghurt hanya berkisar 4-5 dan berarti masih dapat ditoleransi oleh lambung, sehingga aman dikonsumsi saat perut kosong, juga oleh penderita maag," jelas dr. Marya Haryono, M.Gizi, Sp.GK, dokter spesialis gizi klinis dari FKUI/RSCM dalam acara peluncuran Greek Yoghurt Heavenly Blush.

  • Menurut proses pembuatannya, yoghurt terbagi menjadi 2 macam, yaitu yoghurt biasa dan greek yoghurt. Yoghurt biasa dibuat dengan 2 kali penyaringan, sementara greek yoghurt mengalami 3 kali penyaringan sehingga kadar airnya lebih sedikit dan lebih kental.

  • Greek yoghurt sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang melakukan diet rendah kalori, ingin meningkatkan asupan protein dalam tubuh, serta dapat mencegah diabetes dan obesitas. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi yoghurt secara rutin demi kesehatan Anda, ya!

Bantu kami menyebarkan

Dina Rhadika sangat senang menulis untuk berbagi informasi tentang berbagai hal. Menulis baginya juga bukan sekadar merangkai kata-kata, namun dapat memberikan kepuasan tersendiri dalam dirinya.

Fakta: yoghurt aman untuk penderita maag sekalipun

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa yoghurt salah satu sumber makanan terbaik yang memiliki berbagai manfaat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr