Cegah flu dengan rumput laut

Menurut Riset Kesehatan Masyarakat tahun 2014, penyebaran penyakit flu di Indonesia sudah merata dan dapat terjadi hampir sepanjang tahun.

1,075 views   |   1 shares
  • Menurut Riset Kesehatan Masyarakat tahun 2014, penyebaran penyakit flu di Indonesia sudah merata dan dapat terjadi hampir sepanjang tahun. Kondisi ini tentunya dapat menimbulkan banyak kerugian, karena flu juga tercatat sebagai penyebab utama terjadinya absensi di kantor dan sekolah-sekolah.

  • Pada umumnya, orang dewasa terkena flu hingga 4 kali setiap tahunnya dan berarti ada 3 minggu dalam setahun di mana ia menjadi tidak produktif, serta efektif dalam bekerja. Sementara, anak-anak umumnya mengalami flu 6-8 kali setahun. Itu artinya, selama satu bulan dalam setahun anak-anak akan sakit dan hal ini tentu berdampak pada kualitas belajarnya.

  • Kondisi itulah yang kemudian membuat para peneliti terus mengeksplorasi penggunaan bahan-bahan alami untuk mencegah timbulnya flu. Menurut Prof. Dr. Stephan Ludwig dari University Muenster, Jerman, bahan-bahan alami yang dikembangkan sebagai antivirus telah menghasilkan terobosan dan mampu mencegah flu dengan cara memblok masuknya virus, sehingga tidak dapat berkembang biak di dalam sel.

  • Bahan alami pencegah flu itu salah satunya adalah rumput laut asal Indonesia jenis Kappaphycus. Penelitian gabungan yang dilakukan antara perusahaan Indonesia dan Jerman telah berhasil mengolah rumput laut jenis Kappaphycus tersebut untuk menghasilkan bahan aktif alami yang berfungsi sebagai antivirus. Bahan aktif alami itu kemudian diberi nama Alskinova. Selain itu, ada satu lagi bahan aktif alami yang bermanfaat sebagai antivirus, yakni Cistus atau dikenal sebagai Pink Rock Rose, tanaman liar yang tumbuh di daerah Mediterania.

  • Setelah diteliti lebih lanjut, kandungan bahan alami ekstrak Alskinova dan Cistus yang diformulasikan secara khusus dengan nano teknologi Jerman ternyata memiliki efek ganda untuk menghalangi masuknya virus flu ke dalam sel dan mencegahnya berkembang biak.

  • "Para peneliti juga mengembangkan kedua bahan alami tersebut dan menciptakan inovasi ilmiah terbaru, yakni mouth spray berbahan alami pertama di Indonesia untuk mencegah flu. Produk mouth sprayherbal tersebut terbukti aman digunakan oleh siapapun, namun bagi anak di bawah 2 tahun dan wanita hamil penggunaannya sebaiknya mengikuti anjuran dokter," jelas dr. Eveline dari Interbat dalam acara peluncuran produk Spartan di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Dina Rhadika sangat senang menulis untuk berbagi informasi tentang berbagai hal. Menulis baginya juga bukan sekadar merangkai kata-kata, namun dapat memberikan kepuasan tersendiri dalam dirinya.

Cegah flu dengan rumput laut

Menurut Riset Kesehatan Masyarakat tahun 2014, penyebaran penyakit flu di Indonesia sudah merata dan dapat terjadi hampir sepanjang tahun.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr