Menghormati Wanita yang Memberi Pengaruh Positif pada Kehidupan Kita

Saya menyukai kisah tentang Ruth dalam Kitab Perjanjian Lama. Ini adalah kisah seorang wanita yang telah kehilangan suaminya, namun begitu mengasihi ibu mertuanya.

1,386 views   |   shares
  • Saya menyukai kisah tentang Ruth dalam Kitab Perjanjian Lama. Ini adalah kisah seorang wanita yang telah kehilangan suaminya, namun begitu mengasihi ibu mertuanya, sehingga dia rela meninggalkan budayanya, keluarga dan negaranya untuk tetap tinggal bersama ibu mertuanya. Jelas, Naomi (Ibu mertua Ruth) telah memberikan pengaruh yang kuat dan dampak yang besar dalam kehidupan Ruth.

  • Sama seperti Ruth yang memiliki pengaruh yang kuat dari Naomi, begitupun kita dapat memperoleh pengaruh yang positif dari beberapa wanita dalam kehidupan kita. Sebagian dari mereka mungkin tidak pernah sadar akan dampak dari pengaruh itu. Setiap wanita dalam kehidupan kita meninggalkan tanda atau bekas pada jiwa kita, membantu kita menjadi seperti adanya kita sekarang.

  • Wanita memiliki beragam peranan di sepanjang perjalanan hidupnya dan setiap peranan memberi pengaruh bagi setiap orang yang berada di sekitarnya. Baik itu sebagai guru, teman, saudara, bibi, ibu atau Nenek, mereka dapat menggunakan peranan itu untuk membentuk dan memberikan pengaruh pada setiap karakter dari orang yang mereka temui.

  • Guru

  • Eugene P. Bertin mengatakan, “Pengajaran meninggalkan sebagian dari diri kita dalam pengembangan orang lain. Siswa dapat dibandingkan dengan bank yang menyimpan harta Anda yang paling berharga." Salah satu guru yang telah meninggalkan nilai yang sangat berharga kepada saya adalah Marian Marriot. Dia pernah mengajar di kelas remaja gereja saya ketika saya berusia 16 tahun. Salah satu ucapannya yang paling berkesan “Adalah sesuatu hal yang menyenangkan bisa selalu berada di sekitar orang-orang yang penuh dengan rasa syukur.” Dia akan selalu mengatakan hal ini kepada setiap orang yang mengucapkan terima kasih atau menyatakan rasa syukur kepadanya. Dia telah mengajarkan saya betapa pentingnya merasa bersyukur dan menyatakan perasaan ini.

  • Terkadang pengaruh dari guru tidak ada hubungannya dengan pengajaran formal yang diajarkan. Guru kelas 4 saya adalah seorang guru yang perawakan dan cara bertindaknya membuat saya agak takut dan segan kepadanya. Namun, dia pernah mengajarkan saya pentingnya memberikan rasa nyaman kepada mereka yang sedang bersedih. Suatu hari saya menangis di sekolah, saya lupa apa yang membuat saya menangis hari itu. Yang saya ingat guru saya itu mengangkat dan mendudukkan saya di pangkuannya, dia memeluk dan menghibur saya sampai tangis saya berhenti. Rasa takut saya terhadap guru saya agak berkurang pada hari itu, dan saya sangat bersyukur memiliki seorang guru yang mau meluangkan waktu menghibur seorang anak kecil yang sedang bersedih.

  • Advertisement
  • Teman-teman

  • Sahabat wanita sering memliki pengaruh yang baik terhadap kita maupun anak-anak kita. Karena keluarga kami sering berpindah-pindah, saya sering membutuhkan teman-teman saya untuk membantu saya melalui cobaan, mendorong saya mengambil resiko dan mendengarkan impian saya. Senang rasanya mengetahui bahwa anak-anak saya mengenal wanita-wanita lain yang berpengaruh baik dalam kehidupan mereka. Salah satu sahabat terkasih saya rela mengemudi 8 jam hanya untuk menyaksikan penampilan anak saya di sandiwara sekolahnya. Dan dia harus mengemudi lagi untuk pulang setelah seharian di situ.

  • Saudara perempuan

  • Seorang saudara perempuan sangat mengenal diri anda luar dan dalam, kelemahan dan kemampuan anda. Dia mengerti anda lebih baik dari siapapun karena memilki asuhan dan kenangan yang sama. Amy Li mengatakan, “Mempunyai seorang saudara perempuan sama seperti memiliki seorang teman baik yang tidak dapat dijauhi. Apapun yang kamu lakukan, mereka akan selalu tetap bersama.” Saya senang mengetahui bila kakak saya membutuhkan apa pun dia pasti menghubungi saya dan saya tahu saya akan melakukan hal yang sama untuknya.

  • Bibi

  • Seorang bibi sering memiliki keyakinan terhadap diri kita yang orang lain tidak dapat melihatnya. Waktu saya masih kecil bibi Carol mengijinkan saya untuk membantu memberi makan dan menjaga kedua bayi perempuan kembarnya. Saya sangat senang belajar untuk menjaga mereka walaupun saya tahu saya masih kecil.

  • Nenek

  • Seorang nenek selalu memiliki kemampuan untuk membuat Anda merasa seperti seorang yang paling istimewa di jagad raya ini. Mary DeMaree mengatakan, “Nenek selalu dapat membuat Anda merasa hanya Anda yang dia tunggu-tunggu dan sesudah bertemu harinya terasa lengkap.”

  • Nenek saya selalu membuat saya merasa istimewa. Dia selalu membuatkan kue dan es krim untuk setiap cucunya yang berulang tahun. Karena saya dan kakak saya berulang tahun di bulan yang sama, kami sering merayakan di rumah nenek pada saat yang sama. Namun, nenek akan senang menanyakan setiap dari kami kue ulang tahun bagaimana yang kami inginkan. Sering kami minta kue yang sama, namun ketika kami tiba di rumah nenek, kami akan menemukan dua kue ulang tahun, satu untuk saya dan satu lagi untuk kakak saya.

  • Ibu

  • Seorang ibu mengajarkan dan membentuk anda menjadi seperti sekarang ini. Ketika anda masih kecil, pengaruh dari ibu akan meresap dalam kehidupan anda. Sebagai seorang dewasa, hubungan tersebut berubah menjadi suatu hubungan yang saling menghormati dan mengasihi.

  • Advertisement
  • Suatu kali ibu saya memberikan bantal kursi yang bertuliskan, “Selalu putriku, kini juga sahabatku.” Sebagai seorang dewasa Anda dan ibu Anda dapat mengembangkan hubungan persahabatan yang luar biasa erat.

  • Wanita mempunyai banyak peluang untuk mempengaruhi orang-orang di sekitarnya. Pengaruh itu dapat mendorong orang lain membuat perubahan besar dalam hidup mereka, atau dapat membuat perubahan sederhana yang tidak terlihat. Namun setiap pertemuan bisa menjadi seperti sebuah bait dalam nyanyian rohani yang mengatakan, “Tiap sentuhan kebaikan mencerminkan Rahmat-Mu Tuhan."

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "Honoring the woman who influence us" karya Robyn Carr.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Robyn Carr is a graduate of Brigham Young University, the mother of 5 and grandmother to 1. She currently lives in North Carolina. Comments welcomed at mrsincredible41@yahoo.com

Menghormati Wanita yang Memberi Pengaruh Positif pada Kehidupan Kita

Saya menyukai kisah tentang Ruth dalam Kitab Perjanjian Lama. Ini adalah kisah seorang wanita yang telah kehilangan suaminya, namun begitu mengasihi ibu mertuanya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr