Ini dia penyebab utama masalah gigi pada anak

Masalah gigi pada anak bisa terjadi karena berbagai penyebab. Oleh karena itulah bunda harus mengerti apa-apa saja hal sederhana yang dapat dilakukan untuk dapat mencegahnya.

1,386 views   |   shares
  • Di tahun pertama, anak sebaiknya melakukan kunjungan pertama ke dokter gigi untuk memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulutnya. Menurut drg. Suzanty Ariany, Sp.KGA dalam Media Luncheon bersama RS Pondok Indah, hal itu perlu dilakukan karena gigi anak sangat rentan mengalami kerusakan. Apalagi, jika ia terbiasa meminum susu dari botol, mengempeng, atau tidak rajin menggosok gigi. Dan, masalah gigi yang paling sering dialami anak adalah karies.

  • "Karies atau decaymerupakan kerusakan jaringan keras gigi yang menyebabkan gigi berlubang. Penyakit ini dapat menular dan penyebabnya adalah bakteri Streptoccocus mutans,serta Lactobacilus.Awal terjadinya karies adalah timbulnya kerusakan pada permukaan email. Hal itu membuat gula yang masuk ke rongga mulut dimetabolisme oleh enzim bakteri menjadi asam dan menghasilkan plak gigi yang lengket. Kondisi tersebut kemudian menimbulkan kerusakan pada permukaan gigi dan jika tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan gigi berlubang," jelas dr. Suzanty.

  • Karies pada gigi biasanya akan menimbulkan rasa sakit jika sudah mengenai pulpa (saraf gigi), abses pada gusi, atau terjadinya pembengkakan pada wajah (facial cellulitis). Infeksi akut yang menyebabkan pembengkakan pada wajah umumnya disertai demam dan harus segera ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi. Apabila anak terkena karies, orangtua atau pengasuhnya pun berpotensi tertular penyakit ini. Penularan tersebut dapat terjadi melalui penggunaan alat makan yang sama, empeng yang dibersihkan dengan mulut ibu atau pengasuh, atau anak memasukkan tangan ke mulut ibu saat bermain.

  • Anak yang mengalami karies biasanya menjadi susah makan karena tidak tahan terhadap sakit gigi yang dirasakannya. Akibatnya timbul gangguan pada kesehatan fisik anak, seperti pertumbuhan lebih lambat dan terjadi gangguan pertumbuhan gigi permanen. Oleh karena itu, jika anak mengalami karies gigi, harus segera ditangani dengan baik. Perawatan yang dilakukan mencakup perawatan gigi dan konseling untuk orangtua, seperti rekomendasi diet anak dan pemeliharaan kebersihan mulutnya.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Dina Rhadika sangat senang menulis untuk berbagi informasi tentang berbagai hal. Menulis baginya juga bukan sekadar merangkai kata-kata, namun dapat memberikan kepuasan tersendiri dalam dirinya.

Ini dia penyebab utama masalah gigi pada anak

Masalah gigi pada anak bisa terjadi karena berbagai penyebab. Oleh karena itulah bunda harus mengerti apa-apa saja hal sederhana yang dapat dilakukan untuk dapat mencegahnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr