Ayo bunda, bantu si kecil belajar berjalan

Terkadang, ada beberapa bunda yang merasa cemas jika si kecil belum juga berjalan, sedangkan teman-teman seusia anak bunda ada yang sudah bisa berjalan sendiri. Tetaplah semangat, dan sabar mendampingi putra-putri bunda sampai dapat berjalan.

567 views   |   2 shares
  • Bagi bunda yang saat ini memiliki bayi berumur di bawah dua tahun, tentu akan sangat lebih protektif dalam mengawasi dan memantau setiap perkembangan si kecil. Pada dua tahun pertamanya, perkembangan bayi akan terlihat secara signifikan. Mulai dari yang hanya bisa terbaring, menegakkan kepala, belajar duduk, berguling, merangkak, berdiri dan akhirnya bisa berjalan.

  • Terkadang, ada beberapa bunda yang merasa cemas jika si kecil belum juga berjalan, sedangkan teman-teman seusia anak bunda ada yang sudah bisa berjalan sendiri. Jika, dari lahir si kecil terus mengalami kemajuan pertumbuhan yang baik sebagaimana umumnya, walaupun saat ini masih belum berjalan, bunda tidak perlu cemas dan khawatir. Ini sangat wajar terjadi pada setiap bayi. Karena, siklus perkembangan setiap bayi berbeda satu sama lain. Termasuk kecepatan untuk belajar berjalan. Namun, jika si kecil tidak menunjukkan kemampuannnya berjalan saat menginjak usia dua tahun, bunda boleh cemas dan segera konsultasikan ke dokter anak atau dokter spesialis yang mengerti penyebabnya, sehingga bisa dilakukan tindakan secepat mungkin.

  • Jika si kecil sudah menampakkan tanda-tanda seperti mengangkat dirinya dengan bantuan, berjalan dengan bantuan, merambat, berdiri tanpa bantuan, dan bisa melangkah untuk pertama kalinya. Ini semua artinya, sebentar lagi bunda akan melihat si kecil berjalan sendiri. Biasanya fase-fase tersebut terjadi pada rentang waktu 9 - 12 bulan dan fase di saat si kecil sudah mampu berjalan sendiri umumnya terjadi pada usia 12 -18 bulan. Setiap tahap mulai dari mangangkat dirinya dengan bantuan sampai ke tahap akhir si kecil bisa berjalan tentu membutuhkan waktu, proses dan stimulasi-stimulasi dari bunda. Bantuan dari bunda sangat membantu untuk merangsang kemampuannya berjalan lebih cepat. Bunda bisa membantu si kecil untuk melatihnya berjalan dengan cara berikut ini :

  • 1. Bantu si kecil berdiri tegak sampai posisi kakinya seimbang dan siap untuk berdiri, biarkan si kecil berdiri sendiri selama dia bisa. Jika si kecil mulai duduk lagi, ajaklah si kecil agar ia mau melakukan kembali usaha yang baru dilakukannya tadi.

  • 2. Biarkan si kecil memegang salah satu atau kedua tangan bunda, lalu beri kesempatan si kecil untuk melangkah sedikit demi sedikit. Jangan langsung melepaskan tangan si kecil, ketika dia mulai melangkah, karena dia belum mampu untuk melangkah sendiri.

  • 3. Membiasakan si kecil untuk berenang, pada masa-masa seperti ini ternyata sangat membantu perkembangan otot-otot kakinya menjadi lebih kuat.

  • Advertisement
  • 4. Biarkan namun tetap mengawasi saat si kecil mulai merambat, biasanya si kecil akan merambat sesuatu yang mudah dicapainya misalnya tembok, sisi meja atau kursi. Walaupun kelihatannya si kecil mampu berpegangan pada benda-benda tersebut. Tetap awasi, karena si kecil bisa sewaktu-waktu jatuh. Pastikan area tempat si kecil merambat aman dan empuk, agar tidak sakit ketika ia jatuh.

  • 5. Latih si kecil untuk bisa berdiri dan berjalan dengan memberikan mainan yang dapat didorong sebagai alat bantu untuk berjalan

  • 6. Penggunaan baby walker sebenarnya bukan hal yang disarankan, karena banyak bahaya yang bisa ditimbulkan, namun alat ini bisa sedikit memberi stimulasi si kecil untuk berani berjalan.

  • 7. Saat si kecil baru mulai bisa berjalan, jangan berikan alas kaki seperti kaos kaki, sendal, atau sepatu agar si kecil lebih leluasa berpijak dan bisa menjaga keseimbangannya.

  • 8. Jika si kecil benar-benar sudah mantap berdiri dan berjalan sendiri tanpa bantuan dari siapapun, bunda bisa berdiri beberapa meter darinya, atau letakkan mainan yang bisa membuatnya tertarik, dan bujuk si kecil agar mau berjalan menuju bunda atau menuju mainannya.

  • 9. Ingat, selalu beri pujian, motivasi dan pelukan yang hangat kalau si kecil bisa berjalan dengan baik dan lancar.

  • Yang terpenting tetap semangat, sabar dan telaten mendampingi putra putri bunda sampai dapat berjalan dengan baik dan sempurna. Dan pada akhirnya, bunda juga yang akan merasa bangga dan bahagia melihat si kecil bisa berjalan menjelajahi isi rumah.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Ayo bunda, bantu si kecil belajar berjalan

Terkadang, ada beberapa bunda yang merasa cemas jika si kecil belum juga berjalan, sedangkan teman-teman seusia anak bunda ada yang sudah bisa berjalan sendiri. Tetaplah semangat, dan sabar mendampingi putra-putri bunda sampai dapat berjalan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr