Pandai-pandailah Anda bergaul

Manusia tidak akan bisa hidup seorang diri. Manusia harus bisa bersosialisasi dengan baik. Itu sebabnya, manusia disebut makhluk sosial. Bagaimanapun kuatnya atau hebatnya Anda, Anda akan tetap memerlukan bantuan atau pendapat dari orang lain.

2,971 views   |   6 shares
  • Di dalam rumah atau di tengah keluarga, Anda tentu akan bergaul dan menjalin hubungan yang baik sesama anggota keluarga. Namun, di luar lingkungan keluarga, mau tidak mau Anda harus bergaul dan menjalin hubungan dengan orang lain. Yang latar belakangnya Anda tidak ketahui. Dari pertemananlah, Anda akan lebih mengenal dan lebih merasa memiliki hubungan. Dan dari pertemananlah, Anda bisa memperluas wawasan Anda tentang apapun. Banyak tidaknya teman Anda tidak menjamin Anda sukses bersosialisasi.

  • Lingkungan yang Anda tempati atau tempat di mana Anda tinggal dan bekerja tentu sangat mempengaruhi kehidupan Anda. Anda harus mempertimbangkan pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan emosional Anda. Tidak sedikit orang-orang yang memiliki latar belakang dan kepribadian baik bisa jatuh ke dalam pergaulan yang tidak benar. Karena pergaulan yang buruk dapat merusak kebiasaan yang baik. Untuk itu kenalilah beberapa contoh bagaimana seorang teman dapat merusak pergaulan Anda:

  • 1. Tidak mempunyai tujuan hidup

  • Orang yang tidak memiliki tujuan hidup, sama halnya orang yang hidupnya hampa dan tidak jelas. Teman yang tidak punya tujuan hidup, tidak bisa melakukan sesuatu yang berarti dalam hidupnya. Kebimbangan yang ada dalam dirinya dapat membawa dirinya pada kebiasaan buruk seperti suka mabuk-mabukkan, melakukan pergaulan bebas, suka pesta pora dan terjerat narkoba.

  • 2. Hanya menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak penting

  • Jika Anda adalah orang yang berpikiran maju, pasti Anda mengharapkan bisa bertemu dengan teman-teman yang bisa diajak untuk maju apa pun itu aspeknya. Tinggalkan orang-orang yang hanya memikirkan kenyamanan tanpa berbuat apa-apa dan yang hanya mengisi kekosongan dihidupnya dengan hal-hal yang tidak penting dan sia-sia, seperti suka nongkrong tanpa alasan yang jelas, bergosip tentang orang lain, bermalas-malasan sampai lupa waktu.

  • 3.Suka berada di tempat-tempat yang tidak semestinya

  • Banyak tempat yang dapat menjerat seseorang untuk melakukan hal-hal buruk. Misalnya diskotik atau tempat hiburan malam. Orang-orang yang suka menghabiskan waktunya di tempat seperti itu, biasanya bukan orang tepat untuk Anda jadikan teman. Mereka bisa saja mempengaruhi Anda untuk melakukan hal-hal yang tidak benar.

  • Anda tidak akan merasa rugi kehilangan teman seperti itu. Teman yang baik akan membawa Anda menjadi lebih baik. Tetapi sebaliknya teman yang tidak baik akan membawa Anda hidup sengsara. Pintar-pintarlah Anda dalam bergaul. Jika memungkinkan bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang mendorong/mengajak Anda untuk menjadi lebih baik, siapa tahu Anda bisa menjadi penolong bagi orang lain yang masih hidup dalam pergaulan yang salah.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Pandai-pandailah Anda bergaul

Manusia tidak akan bisa hidup seorang diri. Manusia harus bisa bersosialisasi dengan baik. Itu sebabnya, manusia disebut makhluk sosial. Bagaimanapun kuatnya atau hebatnya Anda, Anda akan tetap memerlukan bantuan atau pendapat dari orang lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr