5 syarat apakah Anda dan pasangan telah siap menjadi orangtua

Setiap orang tentunya ingin menikah. Namun banyak pasangan yang telah menikah belum tentu siap memiliki anak. Menjadi orangtua bagi buah hati kita bukan sebuah perkara yang mudah. Apakah Anda telah siap menjadi orangtua atau sebaliknya?

2,078 views   |   0 shares
  • Setiap orang tentunya ingin menikah. Namun banyak pasangan yang telah menikah belum tentu siap untuk memiliki anak. Menjadi orangtua bagi buah hati kita bukan sebuah perkara yang mudah. Itulah mengapa banyak pasangan yang telah menikah belum tantu berani mengambil keputusan untuk memiliki anak. Intinya menjadi orangtua adalah sebuah langkah besar dalam hidup ini, dan tanggung jawabnya akan Anda pikul dan melekat pada diri Anda seumur hidup. Tetapi jangan takut akan hal ini, karena sebenarnya menjadi orangtua adalah sebuah hal terhebat yang hanya akan Anda alami sekali seumur hidup.

  • Namun banyak juga pasangan yang telah menikah dan memiliki anak belum tentu berhasil menjadi orangtua. Dan dampaknya tentu akan tidak baik bagi pertumbuhan anak. Memang sebaiknya jangan menunggu waktu lama untuk mengalami pengalaman luar biasa memiliki anak. Tetapi akanlah lebih baik, sebelum Anda dan pasangan memutuskannya, Anda berdua menilai diri Anda terlebih dahulu. Apakah Anda telah siap menjadi orangtua atau tidak?

  • 1. Anda berdua memiliki tujuan yang sama dan telah sepakat untuk memiliki anak

  • Sebelum menikah, sebaiknya tanyakan tujuan hidup pasangan Anda terlebih dahulu. Baik dalam hal memiliki anak, ataupun sebaliknya. Jangan sampai, nantinya Anda telah menikah, ternyata pasangan hidup Anda tidak memiliki tujuan yang sama dengan Anda. Misalnya, Anda ingin memiliki anak sedangkan dia tidak, atau Anda ingin memiliki banyak anak sedangkan dia hanya menginginkan satu anak.

  • 2. Bertanggung jawab

  • Menjadi orangtua itu tidaklah mudah, karena ketika menjadi orangtua, Anda diberikan tanggung jawab yang besar oleh Tuhan. Untuk itu, untuk menjadi orangtua yang baik nantinya, Anda dan pasangan harus belajar bertanggung jawab dengan diri sendiri dan pasangan Anda. Jika Anda berdua belum bisa melakukannya, bagaimana mungkin Anda bisa mengatasi tanggung jawab yang lebih besar jika memiliki anak?

  • 3 . Menyukai anak-anak

  • Sebelum memutuskan memiliki anak sendiri, cobalah untuk sering beradaptasi dengan anak kecil di sekitar Anda, misalnya, anak saudara Anda atau anak teman Anda. Cobalah untuk mengendong, mengajak anak tersebut bermain atau bahkan merawat anak kecil itu bersama pasangan Anda selama beberapa jam. Jika Anda berdua menikmati setiap waktu bersama mereka, berarti Anda berdua telah siap menjadi orangtua. Merawat anak orang lain saja bisa, tentunya merawat anak sendiri akan lebih menyenangkan bukan?

  • 4 . Anda berdua dapat mengatur keuangan dengan baik

  • Advertisement
  • Sebelum memutuskan memiliki anak, sebaiknya Anda berdua belajar untuk mengatur keuangan keluarga dengan baik terlebih dahulu. Jika Anda berdua masih royal dan sering menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak begitu penting dengan penghasilan yang pas-pasan, tentu kebiasan ini tidak dapat membuat Anda berdua memiliki tabungan keluarga. Jika hidup berdua saja masih pas-pasan, bagaimana jadinya jika Anda berdua memiliki anak nantinya? Bisa jadi Anda berdua tidak sanggup memberikan yang terbaik bagi anak Anda nantinya.

  • 5. Anda berdua tidak egois dan dapat bekerja sama

  • Syarat terakhir untuk menjadi orangtua adalah tidak egois dan mau bekerja sama. Ketika Anda telah menjadi orangtua, Anda berdua tidak boleh egois dan mementingkan diri sendiri. Setiap tindakan yang Anda berdua lakukan, harus selalu dipertimbangan dengan baik, dengan memikirkan kepentingan anak dan keluarga. Dan juga Anda berdua harus selalu belajar untuk dapat bekerjasama dengan baik dan kompak dalam mengurus dan mengatur segala sesuatu dalam keluarga kecil Anda berdua.

  • Dengan melakukan beberapa syarat di atas Anda berdua sepertinya telah siap menjadi orangtua. Bersabarlah dan teruslah berusaha untuk menjadi orang tua yang sejati.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

5 syarat apakah Anda dan pasangan telah siap menjadi orangtua

Setiap orang tentunya ingin menikah. Namun banyak pasangan yang telah menikah belum tentu siap memiliki anak. Menjadi orangtua bagi buah hati kita bukan sebuah perkara yang mudah. Apakah Anda telah siap menjadi orangtua atau sebaliknya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr