Kendalikan lidah sebelum membunuh jantung Anda

Banyak jenis makanan ringan yang disukai oleh anak-anak, tetapi semuanya rata-rata menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya, sehingga dapat merugikan kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan.

2,527 views   |   16 shares
  • Beberapa dekade yang lalu saat teknologi pertanian belum berkembang pesat seperti saat ini, manusia terlebih dahulu harus bekerja dengan keras supaya bisa memperoleh makanan untuk dikonsumsi. Namun, kini semuanya telah berubah asalkan memiliki uang pasti tidak akan kerepotan untuk mendapatkan makanan.

  • Masalahnya, makanan yang ada saat ini meskipun lebih mudah diperoleh, tapi tingkat gizi serta keamananannya bagi kesehatan tubuh masih perlu dipertanyakan. Sebuah riset yang dilakukan oleh BATAN (Badan Teknologi Nuklir Nasional), sebuah Lembaga Pemerintah Non Kementerian Indonesia yang memiliki tugas di bidang penelitian, menemukan sejumlah fakta bahwa ada kaitan erat mengenai kesehatan seseorang dengan apa yang dikonsumsinya.

  • Prof. Dr. Djarot S. Wisnubroto yang menggantikan kepala BATAN periode sebelumnya, Dr. Hadi Hastowo menjelaskan, bahwa meningkatnya angka kematian pada usia produktif manusia Indonesia disebabkan karena ketidakmampuan diri dalam mengendalikan pola makan. Ditambah lagi beberapa jenis makanan yang beredar luas di masyarakat sebenarnya tidak layak konsumsi, karena sering mengabaikan unsur gizi, kebersihan serta keamanan dari makanan tersebut. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau supaya selalu berhati-hati dengan apa yang dikonsumsinya.

  • Beberapa waktu yang lalu sebuah slogan yang mengawali pekan kesehatan masyarakat di kampus BATAN Yogyakarta mengatakan, "Kendalikan Lidah Sebelum Lidah Membunuh Anda" hal ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat supaya selalu mengonsumsi makanan sehat yang penting bagi kesehatan tubuh mereka, terutama bagi kesehatan jantung. Disebutkan pula ada beberapa jenis makanan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh yang harus dihindari untuk dikonsumsi secara berlebihan, di antaranya:

  • Makanan cepat saji

  • Perlu diketahui bahwa makanan cepat saji yang dapat langsung dimakan dengan hanya dipanaskan ke dalam microwave, direbus atau kukus adalah makanan yang sebenarnya banyak mengandung lemak, karbohidrat, sodium, bahan pengawet, dan bahan-bahan buatan lainnya. Dan karena tidak mengandung vitamin yang berasal dari buah-buahan ataupun sayuran segar, maka dapat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

  • Margarin kemasan

  • Banyak orang mengira bahwa menggunakan margarin dalam memasak jauh lebih sehat dan aman bagi kesehatan daripada menggunakan mentega. Kenyataannya, baik margarin ataupun mentega sebenarnya sama-sama memiliki lemak jenuh yang dapat merugikan kesehatan, terutama bagi kesehatan jantung.

  • Advertisement
  • Minuman bersoda

  • Para ahli kesehatan sepakat bahwa sudah sepatutunya minuman bersoda diberi reputasi buruk karena hanya mengandung sejumlah besar kalori yang tidak baik bagi kesehatan. Disamping itu, minuman bersoda ditengarai sebagai biang keladi naiknya angka penyandang obesitas dalam masyarakat, dan apabila terus dikonsumsi tiap hari maka minuman bersoda mampu meningkatkan risiko seseorang mengidap penyakit diabetes dan jantung.

  • Gorengan

  • Setiap orang pasti pernah mencicipi yang namanya gorengan karena selain harganya murah cara membuatnya juga mudah dan memiliki banyak jenis serta rasa, sehingga menggoda orang untuk terus mengonsumsinya. Namun, bahaya gorengan juga bisa berasal dari bahan pembungkus, lokasi tempat penjualan serta bumbu-bumbu yang digunakan. Bahkan, demi memperoleh keuntungan lebih para pedagang tidak segan-segan menggunakan plastik daur ulang atau bahkan koran bekas sebagai tempat pembungkus. Disamping itu ada sejumlah pedagang nakal yang berani menambahkan plastik atau lilin sebagai cara supaya gorengan yang duijual dapat tahan lama dan memiliki tekstur renyah.

  • Makanan ringan atau snack

  • Banyak jenis makanan ringan yang disukai oleh anak-anak, tetapi semuanya rata-rata menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya, sehingga dapat merugikan kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan.

  • Setiap orang bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuh mereka. Oleh karena itu, sebelum menderita penyakit dan kemudian menyesalinya jagalah tubuh supaya selalu sehat dengan cara "mengendalikan lidah" melalui mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan-makanan tidak sehat penyebab penyakit. Dibutuhkan kesadaran untuk bisa memahaminya.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Kendalikan lidah sebelum membunuh jantung Anda

Banyak jenis makanan ringan yang disukai oleh anak-anak, tetapi semuanya rata-rata menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya, sehingga dapat merugikan kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr