Solusi cepat atasi gangguan tekanan darah

Jika Anda sering mengalami gangguan tekanan darah dan tidak menyikapinya dengan cepat, ini hanya akan membuat Anda menjadi orang yang sakit-sakitan. Tentu Anda selalu ingin sehat dan aktivitas tidak terganggu karena penyakit ini, bukan?

2,969 views   |   3 shares
  • Mayoritas penduduk di kota besar cenderung lebih mudah lelah dan sakit dibandingkan yang hidup di desa. Ini disebabkan karena padatnya aktivitas yang membuat pola hidup mereka tidak sehat. Masalah fisik yang paling sering dialami banyak orang yang hidup di kota besar adalah gangguan tekanan darah, baik tekanan darah rendah ataupun tekanan darah tinggi.

  • Gangguan tekanan darah memberikan efek yang hampir sama pada tubuh manusia, seperti pusing, lemas, bahkan menjadi temperamental. Tidak heran banyak orang yang memiliki gangguan tekanan darah sangat mudah marah, tersinggung, dan sensitif. Jika Anda sering mengalami gangguan tekanan darah dan tidak menyikapinya dengan cepat, ini hanya akan membuat Anda menjadi orang yang sakit-sakitan. Tentu Anda ingin selalu hidup sehat dan tidak ingin gangguan tekanan darah mengganggu aktivitas harian Anda, bukan? Jadi, apa solusinya?

  • Mengatur napas dan tenang

  • Jangan menjadi panik dan merasa tertekan. Tarik napas sedalam mungkin dan hembuskan secara perlahan. Tenangkan diri Anda. Anda mungkin akan tetap merasakan pusing atau lemas, tapi setidaknya Anda telah melakukan pertolongan pertama. Jika Anda panik atau marah karena merasa sakit, itu hanya akan membuang tenaga dan tubuh Anda menjadi semakin lemas.

  • Makanan manis

  • Makanan manis mengandung karbohidrat yang sangat baik dikomsumsi ketika tekanan darah mulai menurun. Ketika tekanan darah turun, tubuh kita terasa dua kali lebih lelah dari biasanya, bahkan dapat mengakibatkan sakit kepala. Solusi cepat mengatasi tekanan darah rendah adalah dengan mengonsumsi makanan manis seperti, permen, cokelat, atau kue-kue yang manis.

  • Makanan penurun tekanan darah

  • Darah tinggi juga memiliki dampak yang tidak baik bagi tubuh. Pusing, migrain dan sakit kepala yang tak tertahankan adalah ciri-ciri tekanan darah mulai naik. Segera komsumsi beberapa makanan yang mengandung zat aktif yang dapat menurunkan tekanan darah, seperti pisang, alpukat dan kacang kedelai. Makanan-makanan tersebut mengandung potassium yang dapat menenangkan sel-sel saraf pada tubuh kita, termasuk Anda yang mengalami tekanan darah tinggi.

  • Tidur cukup

  • Meskipun aktivitas Anda segudang dan sering dikejar deadline, bukan berarti Anda boleh mengabaikan waktu tidur. Tidur yang cukup sangat baik untuk menjaga tubuh dan pikiran Anda selalu fit. Karena tubuh dan otak juga perlu istirahat. Tidurlah secukupnya setiap hari dan buat tidur Anda berkualitas agar semakin nyenyak, misalnya dengan mendengarkan lagu tidur atau lagu untuk meditasi. Akanlah lebih baik jika sebelum tidur Anda tidak lagi bermain telepon genggam atau membaca buku agar otak dapat lebih tenang saat tidur nantinya. Membaca buku atau bermain telepon genggam sebelum tidur membuat otak tidak relaks, bahkan apa yang Anda baca dapat masuk ke dalam mimpi Anda dan membuat tidur Anda menjadi kurang nyenyak. Kualitas tidur yang baik tidak diukur dari seberapa lama waktu Anda tidur, tetapi seberapa nyenyak dan terlelapnya Anda tidur.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Solusi cepat atasi gangguan tekanan darah

Jika Anda sering mengalami gangguan tekanan darah dan tidak menyikapinya dengan cepat, ini hanya akan membuat Anda menjadi orang yang sakit-sakitan. Tentu Anda selalu ingin sehat dan aktivitas tidak terganggu karena penyakit ini, bukan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr